RSS

Gandasturi aka Kue Kumbu


Assalamualaikum
Kue yang satu ini juga punya banyak nama. Kalo orang melayu menyebutnya gandasturi tapi suamiku yang orang Palembang menyebutnya kue kumbu. Ada juga yang menamainya kue kasturi. Wahh...banyak banget namanya ^_^
Selain namanya yang beragam, kue ini juga bisa dibuat dari beragam bahan. Kalo di Palembang mertuaku suka buat menggunakan kacang merah. Ada lagi temanku membuatnya menggunakan pulut hitam yang diberi unti kelapa di dalamnya lalu digoreng. 

Dari zaman aku kecil mama selalu membuat kue ini hanya menggunakan kacang hijau. Aku dan adik adik menyebutnya kue kacang hijau goreng.


Dulu warung goreng di depan komplek ada menjual  gandasturi ini. Sore sore aku suka beli disana. Saat itu malas banget mau buat karena yang suka hanya aku dan suami. Tapi sekarang beliau sudah gak buat lagi.
Mungkin karena kacang hijau mulai mahal makanya beliau gak jual ini lagi. Gak sesuai dengan harga jual yang hanya seribu perak. Padahal buatan si mbak ini enakk...gak pake tambahan ubi seperti yang sering aku jumpai dipenjual goreng yang lain. Walau sedikit manis memang....


Karena sudah kepengen banget makan kue ini. Habis masak untuk makan siang, langsung aku eksekusi. Pembuatan kue ini sebenarnya gampanggggg.... seperti membuat bubur kacang hijau. Hanya dibutuhkan kesabaran sedikit saat memasak kacang sampai benar benar kering, hingga bisa dibulatkan. Adonan harus selalu dikacau agar tidak gosong dan berkerak di wajan. Lebih baik lagi pakai wajan anti lengket.


Bagi sahabat yang ingin membuat, berikut aku share resepnya yang aku dapat dari mama. Karena mamaku pake takaran kira kira, maka resepnya sedikit aku modif biar ukurannya pas. 

Gandasturi/kue kumbu
Resep: Lenny

Bahan: 
250 gr kacang hijau kulit. (Bukan yang dikupas ya sahabat..)
75 gr gula pasir.
90 ml santan instan tanpa ditambah air
2 lembar daun pandan. Ikat simpul
1 sdt garam
1 liter air untuk.merebus kacang hijau.

Bahan pencelup
60 gr tepung terigu
60 gr tepung beras
200 ml air

Minyak untuk menggoreng 

Cara membuatnya:
1. Rendam kacang hijau 1-2 jam. Lalu rebus hingga lembut bersama daun pandan. (Karena mau buru buru, aku pake panci presto. Rebus selama 1/2 jam.)
2. Setelah kacang lembut keluarkan daun pandan. Masukan garam, gula pasir dan santan. Masak terus sambil diaduk hingga kering dan kacang hancur. Dinginkan
3. Ambil adonan sebesar bola pimpong. Lalu pipihkan kira kira setebal 1/2 cm. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan minyak. Campur semua bahan pencelup. Aduk rata. Ambil satu buah adonan, lalu celupkan ke bahan pencelup. Goreng diminyak panas. Masak hingga matang. Sajikan.

Makan kue ini disaat hanget hanget enak banget.... kranci diluar tapi lembut didalam.

Selamat mencoba sahabat. Semoga bermanfaat.

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

ahai mba Lenny buat kue kumbu...
dulu sering banget makan kue ini, secara banyak yang jual, he he he...
dulu sampai temalek makan kue kumbu kalau orang palembang bilang, artinya sampai bosan makan ginian...

dapuribulalawira mengatakan...

Wah.... sampai temalak githu yo mbak ha..ha...
kue kumbunya pakai kacang merah kah? Karena mertua saya yg asli Palembang suka buat pake kacang merah mbak Mon....

dapuribulalawira mengatakan...

Wah.... sampai temalak githu yo mbak ha..ha...
kue kumbunya pakai kacang merah kah? Karena mertua saya yg asli Palembang suka buat pake kacang merah mbak Mon....

Posting Komentar