RSS

Bolen Keju Pisang Raja


Teman teman di group BKR Pekan baru akhir akhir ini lagi demam pisang bolen. Ini karena teh Nenis owner BKR mengunjungi Pekanbaru beberapa minggu yang lalu. Dalam demo di lottermart teh Nenis mengajarkan cara membuatkan pisang bolen yang enak dan lembut. Aku sih gak ikut diacara itu, tapi foto foto dan hebohnya acara membuat akupun ikut terbawa demam bolen. 
Apa yang aku harap harapkan akhirnya muncul juga...akak cantik Nini fitrisia ketua BKR Pekanbaru mau ngeshere resep plus tips anti gagal dari teh Nenis. 
Lihat resep, ternyata menggunakan pasty fat blueband. Aku yang lagi bergelora langsung down. Gimana tidak, di Dumai kotaku tertjintah ini gak ada jual pastry fat . Susah banget mendapatkan bahan kue yang sedikit aneh disini. Untuk mendapatkan pastry fat aku harus kePekanbaru...alamaaaaakkkk, betapa jauhnya. Mana kabut asap lagi. Putus asa ...sedih...dengan berat hari aku lupakanlah si bolen yang montok dan menggoda ini.
Ternyata rejeki gak kemana ....dua hari aku berduka (lebayyyy) karena gagal mengeksekusi bolen. Eh...tiba tiba dapat hadiah pastry fat  dari bu Deliwati. Katanya oleh oleh.....cihuuuyyyyy senangnya. Tugas berikutnya cari pisang raja yang matang agar bolennya manis seperti tips dari teh Nenis. Dan lagi2 aku kecewa, gak gampang cari pisang raja disini. Adanya pisang barangan atau pisang lilin seperti yang sering aku pakai untuk bolen ala aku. 
Kali ini aku tak mau menyerah...harus dapat pisang raja. Alhamdulilah dapat juga pisang rajanya setelah 2 hari keluar masuk pasar yang ada di Dumai. 


Dan taraaaaaaa......jadilah bolen keju pisang raja yang penuh perjuangan, sedih dan air mata..(lebay...lebay...lebay...)

Bolen Keju Pisang Raja
Resep by: Unilever food solusion
Tip by : Nenis BKR

Bahan:
1000 gr terigu protein sedang
100 gr gula pasir
20 gr garam halus
150 gr blueband master (cake margarin)
350 ml air dingin
2 butir telur (100 gr) aku pake 3 butir karena telurku kecil

Bahan laminating 
250 gr blueband master (pastry fat)
150 gr blueband master (cake margarin)
campur dengan lembut dengan sendok. Siap oles

Isi
60 potong pisang raja bulu ukuran 5 cm meter yg telah dibelah dan diberi isi filling ( 100 gr blueband dan 50 gr gula pasir) dan keju cheddar potong memanjang ukuran 5 cm.

Olesan bolen
3 kuning telur omega 3 (aku pake telur biasa)

Cara:
1. Aduk semua bahan kering. Lalu masukan air sedikit demi sedikit sambil diuleni (aku pake mixer heavy duty) lalu masukan telur. Aduk terus lalu masukan blueband. Aduk hingga setengah kalis. Bulatkan adonan. Istirahatkan 10 menit.
2. Roll adonan memanjang. Beri taburan terigu sedikit. Roll bolak balik hingga permukaan rata.
3. Olesi dengan 1/3 bahan laminating. Hingga rata seluruh permukaan. Lalu lipat singel. Istirahatkan lagi 15 menit.
4. Ulangi cara diatas jingga 2 kali lipatan singel. Oles bahan laminating. Jangan lupa, setiap lipatan diistirahatkan 15 menit.
5. Potong bahan kulit. Masukan pisang, keju ditengahnya. Lipat.
6. Tata diloyang dan oles diatas bolen bahan olesan. Tabur keju.
7. Oven hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.

Selamat mencoba....happy baking sahabat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar