RSS

Cimol (Aci di Gemol)


Bismilahirohmanirohim...
Riauku masih berkabut asap...dan anak anak sekolah masih diliburkan. Dengan begitu si emakpun harus rajin lagi buat cemilan untuk para krucilnya. 
Kadang disaat malam menjelang, disaat mata tak mau terpejam, otak mikir... buat cemilan apa ya untuk besok?  Banyak ide yang hadir. Tapi esok paginya bangun tidur lihat halaman rumah penuh dengan debu bahkan rumah tetangga sebagian sudah tidak kelihatan, jadi malessss mau ke pasar atau tbk untuk beli bahan kue. Enakan lanjut tidur atau nyalain tipi. Nonton drakor sambil tarik selimut.

Yang namanya emak kudu harus rajin kata mamaku....kasian anak anak nanti kalo mereka laper. Mau makan apa???...mau ngemil apa...??? Yang dibeli belum tentu sehat...
Itulah yang membuat aku semangat masak setiap hari. Demi kau dan sibuah hati ha..ha...ha...(jangan serius amat bacanya ya...)
Hari ini aku buat cimol. Resepnya aku dapat dari mbak Diah didi (makasih sharing resepnya mbakyu)
Cimol ala abang abang yang biasa nangkring dekat sekolahan. Cimol ini harus dimakan dalam keadaan hangat. Karena dalam keadaan dingin cimolnya jadi alot.


Cimol
Sumber : Diah didi kitchen

Bahan:
100 gr tepung tapioka
25 gr tepung terigu
100 ml air panas ( aku hanya pake 90 ml.)
1/2 butir putih telur ( aku pake 1 btr putih telur. Sayang setengahnya mau diapain he..he..)
1 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
Garam sesuai selera
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir ( aku gak pake)
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang iris halus

Caranya :
1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang dan semua bumbu. Masukan putih telur. Aduk rata sambil dituang air panas sedikit demi sedikit. Hingga adonan bisa dibentuk bulat bulat. Hentikan penambahan air jika adonan sudah bisa dibentuk.
2. Panaskan minyak di wajan. Matikan api jika minyak telah panas. Bentuk adonan cimol bulat sebesar kelereng. Lalu masukan ke dalam minyak. Jika sudah cukup adonan diwajan, nyalakan api kompor kecil saja. Goreng cimol hingga mengembang dan matang.

Saus cimol
Saos tomat, saos sambal, gula dan air dimasak hingga kental.

Cimol ini juga bisa disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Saus cimolpun bisa diganti dengan bumbu barbeque. Seperti kita membuat tela tela. Hanya ubinya diganti cimol

Selamat mencoba sahabat...semoga bermanfaat. Wassalam......




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar