RSS

Lakker Holland


Assalamualaikum...
Apa kabar sahabat.... pasti yang diluar Sumatra dan Kalimantan saat ini bisa tersenyum...bisa melihat langit biru dan hangatnya cahaya matahari. Atau mungkin ada yang sedang bermain hujan...ahhhh alangkah indahnya suasana seperti itu. Aku...sungguh sungguh kangen...kangen merasakan hangatnya sang surya, mendengarkan air hujan jatuh di atap rumah dan kangen lihat jemurin kering tanpa ada jerebu diatasnya.
Sudah hampir dua bulan aku dan anak anak terisolasi dirumah...gak sanggup diluar lama lama. Semakin hari asapnya semakin tebal dan semakin bikin sesak didada. 
Mau disalahkan siapa? Ah...hanya bisa menghapus air mata melihat setiap ada korban anak anak yang sakit bahkan meninggal karena bencana ini.
Sahabat...maaf intermezonya agak sedikit melankolis.....*tegar...tegar...tegaarlah....*


Lekker holland.... kue yang jadi kekinian sejak muncul di salah satu group di FB. Pro dan kontrapun bermunculan di dunia maya. Tapi aku kok gak tertarik untuk mengeksekusi kue satu ini. Pertama lihat tampilannya suka...apalagi jika diatasnya dimasak dengan warna kecoklatan. Seksi banget menurut aku. Begitu dilihat komposisi bahannya aku jadi ciut. Bagaimana tidak, gula dan batter dipakai dengan jumlah yang banyak. Hanya menggunakan satu telur diadonannya. 

Saat Wira mainin hape aku karena hapenya sedang rusak, dia menu foto lakker holland ini, dan ...langsung merengek minta dibuatkan. Katanya...'pasti enak nih buk....'
Gak tega...dari pada dia penasaran akhirnya aku eksekusi juga. Tentu dengan jumlah gula yang aku kurangi. Sebagai gantinya aku tambahkan keju cheddar parut dan almond bubuk. 
Hasilnya...kuenya enak terutama jika dimakan disaat hangat, hanya saja karena aku mengurani gula dan di ganti keju membuat kue ini rapuh banget. Pegangnyapun harus hati hati agar tidak hancur.


Lakker holland
Sumber : Siti Chaeroni (langsung Enak)

Bahan:
200 gr butter
200 gr gula pasir (aku pake 100 gr. Sisanya campuran keju cheddar dan almond bubuk)
250 gr tepung terigu protein sedang.
vanili (aku pake 1 sdt vanili cair)
1 butir telur
Garam sedikit (aku pake 1/4 sdt)

Olesan:
1 butir kuning telur

Cara:
1. Panaskan oven
2. Kocok butter, gula pasir, telur, vanili dan garam sampai putih dan mengembang.
3. Masukan terigu sedikit demi sedikit. Aduk sampai rata.
4. Masukan adonan dalam loyang kue kering yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis tipis.
5. Oles atasnya dengan kuning telur. Lalu buat garis garis dengan garpu diatas adonan untuk memudahkan saat memotong.
6. Oven selama 20 menit. Suhu 180 dercel.

Note:
-Diatas adonan bisa ditambah keju, kismis wijen atau almond slice.
- Aku menggunakan loyang bolu gulung 26 x 26 cm.

Terima kasih resepnya ibu Siti chaeroni.
selamat mencoba sahabat. Semoga bermanfaat.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar