RSS

Oven - biked crispy potato wedges


Sudah 2 hari kak Lala demam. Kebiasaan anak anakku, kalo sudah demam susah banget disuruh makan. Terutama makan nasi. Kalo si adek sih gampang aku ngerayunya.  Cuma dibilangain.."kalo adek gak mau makan, ntar ibu kasi tau dokter. Nanti adek diinfus lho.." dengar begitu biasanya langsung mau makan walau hanya dua atau tiga sendok. 
Kalo sikakak...gimana mau ngerayu?? sudah gede...sudah SMA. 
Sambil leyeh leyeh...googling cari makan atau cemilan untuk kak Lala. Biar tuh perut ada isinya. Gak mau nasi gak papa, cari pengganti yang dirasa kak Lala suka. Jika dibiarkan...gimana mau minum obat, perut kosong begitu.
Akhirnya nemu juga makanan yang pas untuk kak Lala. Crispy potato. Kak Lala penggemar kentang. Apa lagi jika dimasak pake oven, pasti lebih sehat. Selain itu kentang bisa menggantikan karbohidrat dari nasi. Alternatif yang bagus menurut aku.
Resep ini aku dapat di blog mbak Oki Dapurmamaaisyah.blogspot.com
Source: Natasya's kitchen.
Terima kasih ibu ibu cantik berdua yang telah mau berbagi resep ^_^

Sahabat...resepnya aku tulis ulang kembali ...karena ada beberapa bahan yang aku hilangkan atau tambahkan. Resepnya aku sesuaikan dengan bahan yang ada di dapur.



Oven baked crispy potato wedges

Bahan:
600 gr kentang. (Aku tadi pake 700 gr. Tanggung ninggalin sedikit)
60 ml virgin olive oil (aku pake sesame oil)
1/4 sdt garam
1/4 sdt bawang putih bubuk (aku pake bawang putih utuh yang dihaluskan)
1/4 sdt paprika bubuk (aku ganti dengan basil bubuk)
1/4 sdt black pepper (aku ganti dengan merica putih)
2 sdm daun parsley yang dipotong potong ( aku gak pake)
1/4 cup atau secukupnya keju parmesan parut (aku pake parmesan bubuk)
2 cup atau secukupnya es batu untuk merendam

Caranya: 
1. Panaskan oven 220 °c
2. Cuci dan potong kentang bentuk wedges dengan membagi 2 sisi panjangnya. (Aslinya masih pake kulit. Tapi aku kupas kulit kentang agar gampang kak Lala memakannya.) Kemudian masing masing dipotong 3 bagian.
3. Rendam kentang dengan es batu selama 30 menit. Kemudian tiriskan. Lap kering dengan tisu dapur.
4. Masukan garam, merica, bawang putih, paprika diplastik zip lock ukuran besar. Masukan kentang. Kemudian goyangkan plastiknya. Masukan minyak sesame dan goyang kembali hingga semua kentang terlapis minyak.
5. Oles loyang dengan aluminium foil. Letak kentang ( jangan bertumpuk) panggang 30 - 35 menit atau hingga kentang coklat dan crispy tapi empuk di dalam.
6. Masukan kentang dalam mangkuk besar. Taburi parsley dan keju parmesan bubuk. Goyang mangkok agar bumbu rata.
7. Sajikan selagi hangat. Bisa dicocol dengan saos tomat atau mayo

Selamat mencoba...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

hai mba Lenny,
wah memang enak nih ya potato wedges ini, sudah lama tidak buat, jadi ngiler lagi liat potato wedgesnya mba Lenny...

dapuribulalawira mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung mbak Monic. Ide awal potato wedges juga dari blog mbak Monic. Ayo buat lagi mbak...

Posting Komentar