RSS

Roti Maryam/Prata/Cane


Assalamualaikum

Sudah berkali kali buat roti ini tapi baru ngeh belom pernah di posting di blog. 

Termasuk cemilan yang sering dibuat karena paksu doyan sama roti cane. Biasanya kalo aku buat gak lupa aku masakin juga kari ayam sebagai teman makan cane. Canenya di cocol ke kuah kari...woww...enak banget. 
Tapi kalo lagi gak ada kari dimakan begitu aja juga enak kok...

Jika aku buat roti cane biasa dalam jumlah banyak. Satu resep bisa jadi 21 - 23 buah. Kalo gak habis cane yang sudah dipipihkan disimpan dulu di frezzer. Paling lama aku pernah simpan hingga 3 minggu. Jika ingin disantap tinggal keluarkan dari frezzer langsung di goreng diatas teflon atau kuali dengan menambahkan margarin. Bisa juga menggunakan minyak goreng tapi hasilnya kurang enak menurut aku.


Cane buatan aku ini lebih enak dimakan saat masih hanget. Lebih garing dan lembut tapi jika sudah dingin jadi sedikit alot. Pengen bereksperimen lagi gimana agar canenya bisa garing meski sudah dingin.


Roti cane / Maryam / prata
Bahan:
100 ml minyak goreng
230 ml air hangat
1 btr telur
1 kuning telur
1/2 sdt garam
500 ml tepung terigu
2 sdm susu bubuk (aku pake Dancow)
Margarin untuk olesan (aku pake blue band cake & cookies)

Caranya:
1. Campur minyak goreng, air dan telur. Kocok rata dengan whisk
2. Tuang terigu, susu bubuk dan garam. Uleni hingga Kalis.
3. Bagi adonan masing2 45 gr dan bulatkan. Tata diatas piring yang telah diisi minyak sayur sedikit. Oles juga bagian atas adonan dengan margarin. Tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama satu jam. ( aku lebih suka didiamkan semalaman, paginya tinggal masak untuk sarapan)
4. Ambil adonan lalu tekan tekan dengan telapak tangan hingga elastis dan melebar.
Oles permukaannya dengan margarin.
5. Gulung memanjang, lalu tarik sedikit. Gulung kedua ujungnya seperti obat nyamuk berlawanan arah. Tumpuk kedua gulungan
6. Pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan.
7. Oles teflon atau kuali dengan margarin lalu masak adonan dengan cara digoyang goyang hingga matang dan kering (Masak dengan api kecil ya...)

Selamat memcoba


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sushi Mango Sticky Rica


Assalamualaikum
Apa kabar sahabat?

Sebenarnya makan ini namanya mango sticky rice tapi aku buat bentuk sushi untuk ngakalin anak anak. Anak anak tuh setiap ibunya buat mango sticky rice yang dimakan hanya mangga nya doang, si ibu cuma kebagian ketan dan saus santan doang.

Untuk mengakalinya aku buat mangga dibagian dalam beras ketan. Nah...dengan model seperti ini mau gak mau harus makan sekali hap. Gak ada pilih pilih lagi.
Bentuknya juga cantik...cemilan jaman now yah...


Sushi mango sticky rice
Resep : Lenny

Bahan:
300 gr beras ketan
600 ml santan kental
1 sdt garam
2 sdm gula
1 sdm maizena
2 lbr daun pandan
Wijen hitam, sangrai secukupnya  (bisa diganti wijen putih)
.
Caranya
Rendah beras ketan selama 2 jam( lebih baik semalaman) lalu kukus bersama satu lbr daun pandan hingga setengah matang. Sementara itu masak santan, garam, daun pandan dan gula hingga mendidih.
Bagi dua santan. Satu bagian campurkan dengan ketan yang dikukus. Campur hingga rata, lanjutkan mengukus hingga ketan matang.
Panaskan sisa santan, lalu tambahkan maizena. Aduk hingga santan mendidih dan sedikit mengental

Penyelesaian
Ambil beras ketan yang telah matang, letakan dia bambu penggulung sushi. Tata mangga yang telah dipotong diatas ketan. Gulung sambil dipadatkan. Potong, siram dengan saus santan dan taburi wijen.

Selamat mencoba
Semoga bermanfaat

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nugget Pisang


Assalamualaikum

Pagi tadi saat beli sayur dipasar ditawarin pisang barangan sama yang jual sayur. Katanya "beli pisangnya bu...tanggung tinggal satu. Tadi saya jual 9 rb, karena terakhir ambil 7 ribu aja."
Sebenarnya gak ada rencana beli pisang hari ini. Alhamdulillah dirumah masih banyak stok buah. Tapi kasian juga yang jual, tinggal satu. Lagian murah banget itu...pisangnya besar besar matangnya juga pas. 

Sampai dirumah mikir...bagusnya dibuat apaaa pisangnya.... Dibuat godok, ah...masih belum terlalu matang. 
Teringat dulu pernah baca berita, tentang nugget pisang yang lagi kekinian. Katanya yang beli pake antri segala. Dan pernah juga lihat videonya di youtube kalo gak salah di demoin sama chef Yuda. (Maaf kalo salah)
Bermodalkan kira kira dan bahannya yang ingat ingat lupa (bahasa apa ini...) berhasil juga aku eksekusi nugget pisang. Kata Wira dan paksu rasanya enak....aku sendiri juga suka. Teksturenya lembut tapi crispy diluar. Sempat juga ngaterin ke tetangga, dan kata mereka juga enak. Alhamdulillah.....

Nugget pisang
By : Lenny

Bahan:
480 gr pisang barangan kupas 
3 butir telur
50 gr gula pasir
150 gr terigu

Bahan pelapis
Tepung panko / tepung panir
Tepung terigu
1 butir telur kocok lepas.

Caranya
1. Haluskan pisang menggunakan garpu. Jangan terlalu halus agar teksture pisang masih kelihatan
2. Campur dan aduk pisang, telur, gula pasir dan terigu. Aduk menggunakan mixer sebentar saja. Asal tercampur rata.
3. Masukan dalam loyang yang telah di alas kertas roti. Tidak perlu dioles minyak atau margarin ya...
4. Kukus selama 20 menit. Hingga adonan set. Angkat.
5. Dinginkan adonan nugget lalu potong kotak.
6. Balur nugget dengan tepung terigu lalu masukan ke dalam kocokan telur dan balur dengan tepung panko. Lakukan hingga adonan habis.
7. Goreng hingga kuning kecoklatan. Selagi panas parutkan dark cooking coklat diatasnya. Biarkan hingga coklat sedikit mencair. Siap disantap

Selamat mencoba.
Wassalam




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pempek putih telur


Assalamualaikum

Beberapa tahun yang lalu aku pernah posting Pempek putih telur ini. Tapi waktu itu proses memasaknya masih menggukan plastik yang direbus bersama adonan. Saat itu benar bener belum tau bahayanya mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi plastik panas.

Nah kali ini aku modif resepnya dan pempeknya dicetak menggunakan loyang kue diameter 18 cm.

Bahan:
750 gr Putih telur
350 gr tepung sagu
50 gr tepung terigu
1 sdm garam halus
30 gr Bawang putih giling halus

Caranya:
Panaskan kukusan
Campur semua bahan aduk rata dengan tangan sampai tidak ada yang mengerindil.  Tuang keloyang bulat diameter 18 cm. Kukus selama 20 menit sampai adonan pempek padat.
Setelah matang keluarkan dari loyang, potong sesuai selera. Lalu goreng.
Sajikan dengan kuah cuko.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.

Wassalam πŸ™

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Wedding Cake



Alhamdulillah.... Cake pesanan customer minggu yang lalu.

Bahagia ... Lihat customer suka dengan wedding cakenya buatan dapur ibu lala wira. meski katanya warna biru bunganya kurang tua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Acar Mentah


Assalamualaikum
Apa kabar sahabat? Semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah amin...
Alhamdulillah kemaren aku dapat rejeki dari tatangga. Dianterin 4 buah nenas hasil panen katanya.  Wahh... Seneng banget, secara aku memang penggemar nenas. Bagi aku semua olahan dari nenas hasilnya pasti enak. Bisa buat manisan, selai, acar atau tambahan jus biar segera jusnya. Nah awalnya aku berencana membuat selai nenas. Mayaaannnn nenasnya banyak nanti bisa buat temannya bolu gulung. 

Tapi itu rencana doang....ternyata nenasnya manisss banget. Dimakan begitu aja enak. Gak terasa sudah 3 biji aku dan pak suami habiskan. Tinggal 1 biji...sudah gak kuat lagi. Dibuat selai tanggung. Cuma sebiji. Akhirnya aku jadiin acar. Masuk ke kulkas. Diamkan semalam. Bisa buat teman makan mie goreng, nasi goreng atau di jadiin sayur kala males masak sayur.

Acar
Resep : Lenny

1/2 buah nenas potong kecil
1 bh wortel, buang bagian tengahnya. potong korek api.
1 bh timun buang bagian tengahnya , potong kecil
2 bh bawang merah iris halus
2 bh cabe merah iris serong
2 bh cake ijo iris serong (lebih enak pake cabe rawit, tp gak punya)
1 sdt air jeruk nipis
200 ml air panas
Garam dan gula secukup

Cara:
Campur dalam satu wadah nenas, wortel, timun, cabe dan bawang. Beri perasan air jeruk nipis. Siram air panas. Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa. Dinginkan. Masukan ke kulkas.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Wassalam πŸ™

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Kacang Jadoel


Assalamualaikum

Bukan lebaran bukan juga ramadhan.. hanya lagi kumat rajinnya buat kue kering. Mau gimana lagi, akhir akhir ini kok bawaannya laperr mulut. Padahal cita cita ke pengen diet gegara timbangan naik terus angkanya. Mentang Agustus angka timbangan pengen naik dan naik kaya yang panjang pohon pinang he..he...

Lupakan masalah timbangan...toh kata paksu gendut pun tetap seksi. Eeaaa... Gombal...

Kue kacang jadoel ini adalah kue favorite aku waktu zaman sekolah dulu. Di warung dekat rumah mama ada yang jual. Dibungkus plastik, kalo gak salah isinya 12 biji. Nahh aku paling suka beli kue ini. Makannya dihemat hemat takut habis. Maklumlah waktu itu, uang jajan minim dan terbatas. 
Aslinya kue ini menggunakan kacang tanah tapi disini aku ganti pake kacang mete karena palsu gak bisa makan kacang tanah, langsung diare dia. Sedikit sih boleh ... Tapi mana mungkin doi makan sedikit. Gak bisa berhenti kalo makan kue ini. Apalagi kalo di temanin sama drakor yang oppanya keren keren. Dijamin deh...gak nyadar setoples habis

Kue kacang jadoel
Resep by Lenny

Bahan
250 gr kacang mete
400 gr terigu kunci biru
200 ml minyak goreng
200 gr gula halus
1 sdt garam
Keju parmesan bubuk untuk taburan
2 kuning telur untuk olesan

Cara:
1. Sangrai kacang mete hingga matang. Lalu blender. Jangan terlalu halus ya...agar saat dimakan tekstur kacang masih terasa

2. Aduk rata terigu, gula, kacang dan garam. Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.

3. Cetak menggunakan cookies cutter. Tata diloyang yang telah dioles margarin.

4. Poles bagian atas kue dengan kuning telur dan taburi keju parmesan bubuk.
Oven pada suhu 160-170 °C selama 25 menit atau hingga matang.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

WassalamπŸ™

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pisang Rai


Assalamualaikum

Salah satu cemilan khas bali yang aku suka dan buatnyapun gak ribet. Bulan puasa ini juga jadi salah satu taljil bagi keluarga ku yang sering aku buat.

Yuk langsung ke resep....

Pisang Rai

Bahan:
Pisang Rai
Bahan:
125 Gr tepung beras
100 ml air
1/2 sdt garam
9 buah pisang kepok
1,5 lt air
2 blr daun pandan
1/2 sdt garam
Untuk taburan (kukus)
1/2 btr kelapa parut
1/2 sdt garam

Cara:
1. Campur tepung beras, air dan garam. Aduk rata. Sisihkan
2. Rebus air, daun pandan dan garam sampai mendidih.
3. Ambil satu buah pisang, celupkan ke adonan tepung. Masukan ke air rebusan pandan yang mendidih. Masak sampai matang.Lakukan hingga adonan habis.
4. Angkat. Tiriskan. Gulingkan ke kelapa parut.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kue Lapis Putih Telur


Assalamualaikum

Apa kabar sahabat? Lama gak posting kue jadi kangen... 
Kali ini aku mau posting kue lapis yang aku buat karena ingin memberdayakan putih telur yang sudah mulai menumpuk kulkas. Maklumlah bakulan kue...hampir setiap hari pecahin telur tapi lebih banyak yang dipake hanya kuning telurnya doang. Menurut aku, salah satu kunci empuk dan lembutnya kue atau cake karena kuning telur. 

Seperti kebanyakan kue yang hanya menggunakan putih telur akan kaku dan aroma putih telur kental. Tapi tidak dengan kue ini. Kue tapi lapis ini enak banget, mungkin karena penambahan bumbu spekuk sehingga harum, gak ada tanda tanda kalo kue ini dari putih telur karena lembut. Hanya saja menurut aku, kue lapis ini kemanisan. Nah...bagi gak gak terlalu suka manis sebaiknya dikurangi gulanya ya...

Kue Lapis Putih Telur

Bahan:
400 gr putel
1  sdm emulsifier
100 gr gula pasir
200 gr palm suger
50 gr susu bubuk
100 gr tp ketan
1sdt bumbu spekuk
1/4 sdt garam
250 gr butter, kocok lembut
Kismis secukupnya

Cara:
1. Kocok putel dan emulsifier sampai 1/2 mengembang. Masukan gula pasir dan palm suger kocok hingga soft peak.
2. Masukan susu, tepung, bumbu spekuk dan garam aduk perlahan. Tambahkan margarin. Aduk hingga rata.
3. Tuang 2 sendok sayur adonan ke loyang yang telah diberi margarin dan dioles kertas roti. Oven dengan api bawah selama 10 menit, setelah matang tuang 2 sendok sayur dan oven dengan api atas. Beri kismis pada lapisan ke 2 dan ke 4. Lakukan hingga adonan habis. Terakhir oven selama 15 menit dengan api bawah. Hingga kue matang sempurna.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat
Wassalam





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Donat Kentang


Assalamualaikum
Alhamdulilah Long weekend kemaren diajak jalan jalan ke kota sama suami. Wiss senengnya...Maklumlah tempat tinggal kami kota, tapi serasa desa. Jika cari bahan kue selalu gak ada. Kalo pun ada harganya selangit. So..Jika gak penting banget males mau belanja belanja disini. 

Dan begitu sampai di kota, langsung kalap. Ambil ini..itu....Bahkan sempat terdengar bisikan dari anak gadis kepada ayahnya " ibu belanja kaya kesurupan"  
Dan salah hasil belanja aku adalah aneka topping donat. Beberapa bulan yang lalu teman teman aku di medsos rajin banget buat donat dengan aneka topping bak donat J**. Mupeng...Ingin buat tapi di kotaku gak ada jual topping. Saat itu hanya bisa bersabar. Yakin..Suatu saat akan aku dapatkan (kaya teks film drama korea)

Taraaaa sekarang akupun punya, meski telaaattt. Alhamdulilah
Menurut aku topping instant ini enak...Yang green tea aku suka. Aroma dan green tea nya terasa banget. Manisnya juga pas...Suka..Suka pokoknya.


Donat Kentang
Sumber : majalah saji

Bahan:
300 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr kentang, kukus haluskan
30 gr gula pasir
1 sdt ragi instant
15 gr susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
30 gr margarin
1 sdt garam

Topping sesuai selera

Caranya:
1. Campur tepung, kentang, gula pasir, ragi instant dan susu bubuk. Aduk rata. Tambah telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diulen sampai kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 20 menit.
2. Kempeskan adonan. Timbang masing masing 30 gr. Bulatkan diamkan 75 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat.
3. Goreng dalam minyak telah dipanaskan hingga matang. Dinginkan
4. Oles bahan topping. Sajikan

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

Wassalam πŸ™


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Carrot Cup Cakes


Assalamualaikum

Aisss...Sudah lama gak diapdet ini blog. Maaf ya sahabat πŸ™
Mumpung malam ini agak santai, anak anak sudah selesai ujian, siemak bisalah pegang gadget hingga larut malam.

Cup Cakes ini aku buat beberapa minggu yang lalu. Tujuan buatnya hanya untuk memenuhi setoran mingguan di sebuah grub Photography yang temanya Wortel. Ngegrid? Gak...Ha..Ha.. 



Carrot cup Cakes

Bahan :
- 150 gr tepung protein sedang
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam
- 200 gr wortel (parut)
- 120 gr gula pasir
- 120 ml minyak sayur
- 3 butir telur - 1 sdt kayumanis bubuk

Cara membuat :
Aduk rata terigu, baking powder, baking soda, garam dan kayu manis bubuk. Sisihkan
Ditempat terpisah mixer Telur dan gula,  hingga kental. Masukkan campuran terigu perlahan-lahan sambil diaduk sampai rata . masukan wortel parut dan minyak sayur. Aduk hingga rata.Tuang ke dalam cetakan. Panggang selama 20 menit, atau hingga matang. Pakai tes tusuk ya...Dinginkan. Hias topping. Beri hiasan wortel yang terbuat dari fondant.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti Jamur


Assalamualaikum

Sudah lama gak posting roti.  Buat roti sih teteep tapi rotinya itu itu saja. 

Roti jamur ini juga sama dengan roti yang sering aku posting sebelumnya, hanya saja kali ini aku beri topping yang merekah retak retak seperti jamur. 
Pertama kali lihat roti seperti ini di IG, banyak yang sudah membuatnya, tapi aku gak menemukan siapa penemu pertamanya. Jadi, siapapun pencetus ide pertamanya...aku ucapkan terima kasih. Inovasinya keren...meski hanya ditambah topping sedikit penampilan roti jadi kece. Soal rasa....gak membuat rasa roti berbeda, dengan kata lain topping tidak mempengaruhi rasa roti.

Untuk adonan rotinya, bisa menggunakan adonan roti apa saja. Mau pake killer soft bread, korean bread atau menggunakan metoda thong zhong sah sah saja. Bisa pake resep andalan sahabat kok...pake resep andalan aku juga monggoo...

Roti Jamur
Resep by : Lenny

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instan (11 gr)
2 butir telur
200 ml Air es
100 gr margarin
1 sdt garam

Bahan isi
80 gr keju cheddar parut
80 gr margarin
Aduk rata

Bahan Topping
2 sdt tepung beras
2 sdt coklat bubuk
4 sdt air
Aduk rata

Cara:
1. Masuk ke bowl mixer bahan kering. Aduk sebentar. Masukan telur. Terus diaduk hingga rata, lalu masukan air es sedikt demi sedikit.
2. Setelah adonan bergumpal gumpal masukan air es. Aduk hingga setengan kalis.
3. Tambahkan margarin dan garam. Aduk lagi hingga adonan kalis. Istirahatkan 30 menit.
4. Kempeskan adonan timbang 35 gr bulatkan. Lakukan hingga adonan habis. Istirahatkan 10 menit.
5. Ambil satu adonan pipihkan beri isi dan bulatkan. oles topping diatasnya.
6. Istirahatkan 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Pada saat ini adonan topping sudah terlihat retaknya.
7. Oven pada suhu 180°c selama 20 menit. Atau tergantung oven masing2.
8. Keluarkan roti dari oven, panas panas oles margarin.
9. Roti sudah bisa disantap. Buat sarapan atau nongkrong di sore hari cucok banget.

Selamat memcoba. Semoga bermanfaat
Wassalam...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Onde onde Ketawa Keju


Assalamualaikum

Tau donk sama onde onde? Ada yang basah  ada yang kering krispy seperti yang aku masak kali ini. 

Saat aku sekolah dulu, cemilan satu ini paling sering hadir dirumah kami. Dengan rasa original tanpa keju tentunya. Balutannya juga hanya menggunakan wijen putih. Ukurannya sedikit lebih besar dari yang aku buat. Krispy diluar tapi lembut di dalam. Enak deh pokoknya...Yang jualnya tetangga sebelah rumah kami. Kalo mama aku yang beli selalu dikasi bonus tapi kalo aku yang beli si ibu selalu bilang "bawa ajaaaa...."  baik banget ibunya. Jadi baker... jadi kangen masa masa itu....kemana ya siibu sekarang berada πŸ˜₯


Dan ini adalah hasil nguplek aku didapur beberapa hari yang lalu. Membuat onde onde ketawa harus sabar saat menggoreng nya. Gunakan api kecilllll banget. Jangan sesekali pakai api besar karena onde onde tidak akan merekah. Selain itu onde onde juga akan gosong diluar sementara didalamnya belum mateng.

Onde onde ketawa keju
Sumber Diah didi modif by me

Bahan:
100 ml Air
175 g gula pasir
1 butir telur ayam
2 sdm minyak sayur
100 g keju cheddar,parut
100 gr wijen putih
100 gr wijen hitam
Minyak untuk menggoreng

Ayak jadi satu:
300 g tepung terigu protein sedang(aku pake pretein rendah)
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara Membuat :
1.Didihkan air dan gula sampai larut,dinginkan
2.Kocok telur dan minyak sampai rata,masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok rata.
3.Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
4.Tambahkan keju, aduk lagi.
5.Bentuk bulatan-bulatan sebesar bakso.
6.Celup ke air,gulingkan ke wijen putih dan wijen hitam yang telah di campur.
7.Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga merekah dan matang. Jangan lupaaa...gunakan api kecil ya...

Selamat mencoba....


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Banana Milk Crispy


Assalamualaikum

Baru kali ini buat banana milk crispy yang bener bener pake cetakan tokyo banana πŸ˜‚ biasanya buat pake cetakan pai. Alhamdulillah sudah punya cetakannya, beli di online.  Di Dumai sih ada yang jual tapi mahaaal banget. *prinsip makmak


Menurut aku, banana milk crispy ini enak banget. Perpaduan antara bolen dan pai. Membuatnya juga tidak susah. Hanya menyediakan paff pastry instan, selanjutnya membuat vla untuk disiram ke dalam pastry.  Isiannya bisa tergantung selera. Kalo aku sih lebih suka yang beri  keju yang berlimpah untuk mengimbangi rasa manis dari vla dan pisang.


Banana milk crispy
By: Lenny

Bahan
1 bungkus paff pastry
4 buah pisang barangan (bisa pake pisang raja kalo ada)
Kismis secukupnya
Keju cheddar potong kotak untuk isian dan cheddar parut untuk topping.
250 ml susu uht
3 butir telur
3 sdm tepung custard
1/2 sdt vanila
80 gr gula pasir
3 sdm butter, cairkan

Caranya:
1. Cetak paff pastry menurut ukuran cetakan. Isi potongan pisang, kismis, dan keju. Sisihkan
2. Vla : kocok telur dan gula hingga gula larut. Masukan susu, tepung custard, vanila dan butter cair. Aduk hingga larut, sampai tidak ada adonan yang bergerindil.
3. Tuang adonan vla kedalam paff pastry. Tidak usah penuh...hanya 1/3 dari tinggi cetakan. Tabur keju cheddar parut diatasnya. 
4. Oven pada suhu 180 - 190 °c hingga matang. 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nastar


Assalamualaikum

Serasa lebaran begitu aroma nastar keluar dari oven. Kak Lala yang baru pulang dari sekolah juga mengatak begitu. 
Memang sih jarang banget aku buat kue kering selain bulan ramadhan. Buat kue kering dihari biasa seperti sekarang ini rasanya kok lelaaaaaah banget. Yang nguplek sampai semaput ehhhh yang makan lahap banget. Dipake buat nonton korea gak sampe satu jam kelar deh nastarnya. Tangan masih perih karena marut nenas untuk selai sementara nastarnya sudah tinggal kenangan πŸ˜‚πŸ˜‚


Yang paling penting membuat nastar harus punya tekat dan semangat yang tinggi. Harus mampu mengalahkan rasa malas yang mendewa untuk memarut nenas dan harus rela terkantuk kantuk mengbulatkan nastar satu persatu. Seperti saat aku membuat nastar kemaren. Mana hari panas, siang hari pula...jamnya tidur siang, lahhh aku nya sendirian bulatin adonan didapur. Wisss pakoknya lengkap sudah beban ini *isss ...bahasanya


Nihhh...salah satu bukti lelah. Ambil foto pake gaya apapun, engelnya dari surat manapun, tonenya apapun dan props apapuuunnn tetap menurut aku hasilnya gak bagus. 

Dari pada semakin galau yuk ah resepnya....

Nastar

Bahan:
200 gr margarin (bisa dimix dengan butter)
50 gr gula tepung
2 kuning telur
250 gr tepung terigu protein rendah
30 gr tepung maizena
20 Gr susu bubuk

Bahan olesan
2 btr kuning telur

Bahan topping
Keju adem, parut

Isian
Selai nenas secukupnya

Caranya:
1. Kocok margari dan gula tepung sebentar saja. tambahkan kuning telur. Aduk rata.
2. Masukan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Simpan 20 menit di dalam kulkas
3. Ambil adonan, beri isi. Bentuk bulat. Oles bahan olesan. Tabur topping
4. Oven hingga kue matang. Dan keju kuning keemasan.
5. Dinginkan. Susun ditoples

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Wedding cake & Cake Coklat




Alhamdulillah... Pesanan customers yang sempat didokumentasikan. Terima kasih orderannnya sahabat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ketan Srikaya Pandan



Assalamualaikum
Apa kabar sahabat? Lama gak posting, maafkanlah ya....*sambil lap debu

Ketan srikaya pandan ini sudah beberapa hari ngepos di Galery. Mau aplod kok malesss banget, gegara fotonya hitam gak karuan πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Motret itu sama seperti memasak. Kalo modnya gak bagus atau di kejar waktu, pasti hasilnya gak bagus. Seperti foto ini....takednya kejar kejaran sama jarum jam.  Saatnya jemput anak anak pulang sekolah. Yang lebih parah lagi, seharusnya kue ini diinapkan di kulkas beberapa jam agar set sebelum dipotong, ini malah masih panas sudah aku potong he..he.. 
Gimana lagi....kalo anak anak sudah pulang gak bakalan bisa foto foto. Pasti mereka protes. Aku ngerti jugaaaaa...mereka kan lapar sepulang sekolah.
Jadiii....Meski niatnya ingin foto yang kece badai dengan low light ehh...hasilnya hitam gak bernyawa, malah nyusunnya aja ke balik (antara lapisan bawah dan atas) gegara faktor kejar tayang *alesannnnπŸ˜‚

Ketan srikaya pandan

Bahan:
Lapisan bawah
500 gr beras ketan rendam 2 jam
2 lembar daun pandanikat simpul
260 ml santan, panaskan
1/2 sdt garam

Lapisan atas (srikaya)
100 gr tepung beras
50 gr tepung kanji
250 gr gula pasir
6 butir telur ukuran sedang
500 ml santan
2 sdm endapan pandan yang telah diblender

Cara:
1. Lapisan bawah : kukus ketan yang sebelumnya sudah direndam selama 30 menit bersama daun pandan yang telah disimpul. Angkat. Siram santan hangat yang telah dibubuhi garam sedikit demi sedikit. Aduk rata. Siapkan loyang 23x23 cm. kalo ingin sedikit tipis pake loyang 25x25 cm yang sudah dioles minyak dan alas plastik. Padatkan dan kukus kembali selama 20 menit. Tekan tekan hingga padat. Sisihkan.
2. Buat lapisan atas: kocok telur bersama gula, hingga gula larut. Masukan tepung beras dan kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tepung larut. Tambahkan santan dan endapan daun pandan. Aduk rata.
3. Tuang adonan srikaya diatas adonan ketan. Kukus selama 40-50 menit atau hingga matang.
4. Angkat dan keluarkan kue dari loyang. Potong setelah dingin.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ogura


Assalamualaikum

Sudah lama dengar tentang Ogura. Di medsos juga sering lihat ogura. Ada yang gagal dalam mengeksekusinya tapi banyak juga yang berhasil dengan tekstur halus, lembut, montok tapi tidak amblas setelah dingin. 

Sebenarnya membuat ogura tidaklah susah asal patuh pada resep. Menurut aku, kunci utamanya saat mengocok putih telur. Harus benar benar soft peak. Gunakan wadah yang bersih bebas dari minyak dan lemak. 
Selain itu saat mencampurkan putih telur dan kuning telur, harus benar benar tercampur rata dan diaduk menggunakan spatula.
Selebihnya....sama seperti membuat cake yang lain. InshaAllah berhasil.


Ogura cake
Resep by: Tintin Rayner
Modif by me

Bahan A
5 butir kuning telur
1 butir telur utuh
65 ml minyak goreng
60 ml santan kental instant
65 gr tepung terigu protein rendah
15 gr maizena

Bahan B
5 butir putih telur
100 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tar tar atau 1/2 sdt perasan air jeruk nipis (aku pake perasan air jeruk nipis)

Tambahan
5 tetes pasta coklat
1/2 sdt matcha

Caranya:
1. Dalam wadah terpisah campur bahan A. Campur kuning telur dan telur utuh. Tambahkan minyak dan santan. Aduk rata.
2. Dalam wadah lain kocok putih telur dan perasan air jeruk nipis sampai ber bu sa. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih kaku. (Soft peak)
3. Masukan kocokan putih telur ke bahan A secara bertahap (3-4 tahap) aduk menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.
4. Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian ditambahakan pasta coklat dan yang lainnya ditambahakan teknik
5. Tuang satu sendok sayar adonan yang diberi caklat pasta ditengah loyang diameter 20cm. Tuang adonan yang diberi mactha ditengan adonan pasta. Lakukan hingga adonan habis.
6. Oven dengan suhu 170°c  dengan teknikau baik marie (alasi loyang utama dengan loyang lain yang telah diberi air 1,5cm)
7. Keluarkan dari oven. Taruh dirak pendingin.
8. Potong sesuai selera.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Imlek 2017


Assalamualaikum
Sudah lama gak posting dagangan he..he...
Izinkan kali ini ya sahabat...
Kalo sahabat ingin pesan juga bisa kok....hubungi aja aku...


Yang difoto ini adalah cake puding pesanan ibu Casey untuk relasi beliau yang merayakan imlek.

Jika ada yang bertanya "apa itu cake puding?"
Cake puding adalah puding coklat dilapisi puding kacang selanjutnya dilapisi cake coklat diatasnya. Sebelum di hias bagian atas cake dilapisi whippy cream, baru di susun buah. Sudah kebayangkan enak dan seger nya....
Dari pada penasaran yuk pesan..*iklan

Wassalam....πŸ™‹


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gulai Cancang Minang


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu

Salah satu keuntungan punya banyak teman pintar masak adalah saat aku buntu...galau, kehabisan ide mau masak apa. Hanya dengan membuka sosmed ide pun datang. Postingan teman teman memberi ilham untuk dicoba. Seperti pada suatu pagi... Buntu banget mau masak apa. Bolak balik buka kulkas yang ada hanya  daging dan ayam. Bosan masak dua jenis bahan tersebut. Mau gimana lagi...anak anak paling doyan ayam di semur atau ayam goreng mentega. Daging di oleh jadi teriyaki. Hadehh...gak selera banget makan dengan menu begini.

Nyantai sejenak, buka sosmed...mata langsung terpana dengan postingan uni Sefa Firdaus di IG. Woooww...sudah lama gak masak makanan pedas ala urang awak. 
Semangat yang mulai hilang, langsung berkobar. Gimana tidak...rasanya sudah berabad abad gak makan masakan minang (berasa hidup di zaman batu ha..ha..)
Langsung ke dapur deh...manfaatkan bahan yang ada. Bumbu yang kurang tinggal beli diwarung

Gulai Cancang Minang
Sumber: Carabuatresep. Blogspot.com

Bahan:
500 gr daging te telan, cincang (sapi/kambinh/domba)
1 liter air
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
10 butir bawang merah
6 sing bawang putih
100 gr cabe merah keriting 
1/2 set merica
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1/2 bh biji pala
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan sangrai
2 sdt garam
1 sdt gula pasir (aku gak pake)

Bahan lain
2 buah asam kandis
2 batang serei memarkan
1 buah pekak
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1/2 lembar daun kunyit buat simpul
2 buah kapulaga
2 cm kayu manis
1 sdm bumbu kari (tambahan dari aku)
300 ml santan kental

Cara membuat:
1. Rebus air sampai mendidih, masukan daging sapi. Masak sampai daging empuk. Angkat tiriskan. Lalu potong potong bentuk dadu. Sisihkan kaldu dagingnya.
2. Tumis bumbu halus bersama bumbu lainnya sampai harum. Tambah air kaldu. Aduk sampai mendidih.
3. Tuang santan kental. Aduk hingga mendidih. Masukan daging. Masak diatas api kecil sampai kuah kental. Angkat. Siap disantap.

*note:
Jika suka bisa ditambahkan telur rebus ke dalam kuah cancang. 

Selamat mencoba. Semoga suka....

Wassalam






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Napoleon Green Tea Roll Cake


Assalammualaikum...

Bismilahirrohmanirrohim
Posting yang kekinian. Katanya oleh oleh dari kota Medan ini lagi ngehit banget. Bahkan aku pernah nitip sama teman yang pulang dari Medan tapi kata teman aku.."antri banget belinya" dia gak sanggup.

Punya banyak teman yang jago masak merupakan anugrah bagi aku. Di wall fb ku tertebaran teman teman yang berjualan napoleon hasil dapur mereka. Bentuknya gak kalah menarik dari tempat aslinya. Dengan beragam rasa dan harga lebih terjangkau tentunya. Bahkan beberapa temanku di Pekanbaru sudah ada yang membuka kelas napoleon. Jempol deh...πŸ‘

Ini kedua kalinya aku mengeksekusi napoleon. Pertama kali buat rasa coklat, raib dalam sesaat. Yang ke dua ini aku buat menggunakan matcha yang kebetulan lagi banyak kulkas (cuma satu ons he..he..)
Dua kali buat Napoleon tapi gak berhasil membuat tampilan napoleon cantik berbentuk segi empat seperti yang aku lihat di iklan iklan. Padahal pengen banget napoleonnya rapi, antara ujung swiss roll (bolu gulung) kiri dan kanan berhadapan, bukan berhimpitan seperti yang aku buat. 
Mesti banyak belajar lagi kayanya... Besok kalo ada waktu pengen buat yang durian deh...mumpung masih musim durian.

Napoleon green tea

Bahan:
3 lembar paff pastry siap pake. Potong ukuran 30x7 cm. Panggang dengan suhu tinggi (200°c) hingga kekuningan

Bahan krim 
200 ml susu cair. 
50 gr gula pasir
100 gr white cooking coklat
1 set matcha bubuk
2 kuning telur
15 gram maizena
1 sdm margarin/burger
Cara:
1. Panaskan susu dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api. Masukan white coocking coklat. Aduk hingga coklat meleleh. Masukan matcha bubuk. Sisihkan
2. Aduk kuning telur dan maizena dengan whisk.
3. Tuang campuran susu ke dalam kuning telur. Aduk rata. Setelah rata masak hingga kental dan meletup letup. Tambahkan margarin/ butter. Aduk rata. Biarkan dingin.

Bahan swiss roll
Source by tester & tasted
Bahan:
4 kuning telur
15 gram gula pasir
50 gr minyak sayur
65 gr tepung terigu
5 gr match a powder
4 putih telur
50 gr gula pasir
Cara:
1. Panaskan oven pada suhu 180°c
2. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga pucat. Masukan minyak sayar. Aduk rata.
3. Masukan terigu dan match powder. Aduk menggunakan mixer kecepatan rendah
4. Dimangkok terpisah, kocok putih telur hingga ber bisa. Masukan gula pasir. Kocok hingga soft peak
5. Masukan sedikit demi sedikit adonan putih telur kedalam adonan kuning telur. Aduk hingga benar benar tercampur rata.
6. Tuang ke lo yang 30x30x4cm yang telah di oles margarin dan dialas kertas roti. Oven selama 10-15 menit.

Penyelesaian
Letakan swiss roll diatas kertas roti. Oles tipis dengan pastry krim. Ambil selembar paff pastry, letakan ditengah tengah swiss roll. Beri pastry krim, tumpuk kembali dengan paff pastry, okee diatasnya dengan pastry krim dan tumpuk pa ff pastry kembali. Setelah tersusun rapi, gulung swiss roll dan padatkan. Simpan dikulkas selama 30 menit. Keluarkan. Siram dengan dark cooking coklat. Tabur meisis. Masukan kembali ke kulkas selama 5 menit.
Siap dipotong sesuai selera.

Selamat memcoba. Semoga bermanfaat.
Wassalam





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mochi Roll Pandan


Assalamu'alaikum
Bismilahirrohmanirrohimm

Hari ini ceritanya, lain yang direncanakan lain yang dikerjakan.
Rencananya hari ini mau buat cake untuk anak anak, sekalian untuk sarapan esok pagi. Sudah kebayang repotnya hari pertama sekolah. Mulai dari bangunin anak anak yang susahnya minta ampun, karena sudah terbiasa bangun siang hari selama liburan hingga kerepotan si emak didapur siapin bekal mereka kesekolah.

Apa daya rencana tinggal rencana. Om PLN matiin listrik gak kira kira, hingga berjam jam. Mana mesin cuci belom kelar...ahhh pokoknya gemes eh pengen ngeremes rasanya.

Tau listrik mati, dua krucil masih nagih minta dibuatkan cemilan. Mungkin mereka laper karena sudah dua hari ini Dumai dilanda hujan deras. Dingiiiinnn...bawaan memang laper mulu..

Nemu resep di ig nya mbak Veronica dhani. Cucok banget...cara membuatnya simple, tanpa mixer, tanpa listrik, hanya perlu kukusan dan whisk. Bahannya juga lengkap di dapur. Alhamdulilah... Seisi rumah suka. Gak butuh waktu lama untuk menghabiskan 1 roll mochi ini πŸ˜€

mochi roll Pandan

Bahan:
150 gr tepung ketan putih
50 gr terigu protein sedang
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa (aku pake 100 ml santan instan + air)
150 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk
6 sdm air daun suji (aku pake 6 sdm pasta pandan home made)
1 sdt pasta pandan (aku gak pake)
Wijen putih secukupnya. (Aku pake keju cheddar parut)

Cara:
1. Campur gula dan santan. Aduk sampai gula larut.
2. Tambahkan tepung ketandan tepung terigu. Aduk sampai rata, halus dan tidak menggerindil. Tambah pasta pandan. Aduk rata.
3. Masukan dalam loyan 20x20x4 cm yang sudah dioles minyak tipis.
4. Kukus dalam kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama 30 menit.
5. Angkat. Balik. Oles dengan pasta pandan.
6. Setelah hangat. Gulung dan padatkan.
7. Tabur keju. Potong sesuai selera.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bakso Bakar



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatu

Selamat tahun baru 2017 sahabat.
Postingan pertama diawal tahun 2017 masih bertema bakar bakaran tapi bukan hidangan bakar dimalam tahun baru lho... Bakso bakar ini aku buat untuk cemilan anak anak yang lagi liburan dirumah.

Baru pertama kali buat bakso bakar pake bumbu yang dicampur kacang. Biasanya jika buat bakso bakar bumbunya hanya dari saos doang, ditambah sedikit cabe jika ingin pedas. Nahhh ini kemaren nemu resep di IG mbak Nina (bundaNina-kitchen)
Saosnya ditambahin kacang tanah. Langsung deh ngebayangin...  Pasti lebih gurih...
Memang benar lho...hasil bakso bakarnya lebih gurih, bahkan bisa juga untuk teman makan nasi.
Berikut aku tuliskan kembali resepnya, tapi aku modif sedikit. Sesuai selera anak anak dan kesedian bahan di dapar. Diresep aslinya bakso ini tidak ditusuk, tapi aku buatnya pake tusuk sate biar anak anak excited ✌

Bakso bakar
Sumber : BundNina-kitchen
Modif by me

Bahan
20 butir bakso daging sapi
50 gr kacang tanah sangrai haluskan (aku pake kacang mete. Hanya itu yang ada dikulkas)
5 siung bawang pitih haluskan (aku pake hanya 3 siung)
2 butir cabe merah atau sesuai selera. Haluskan
2 sdm saos tiram
2 sdm saos tomat/sais sambal (aku pake 1 sdm saos tomat dan 1 sdm saos sambal)
4-5 smd kecap manis (aku pake 6 sdm)
1/2 sdt merica bubuk (aku gak pake)

Caranya:
1. Rebus bakso dengan air mendidih. Angkat tiriskan.
2. Campur semua bahan. Masukan bakso, aduk hingga rata dan diamkan kebih kurang 30 menit.
3. Bakar bakso diatas pan. Aku menggukan batu bakar. Sambil dibolak balik dan dioles sisa bumbu.
4. Angkat dan segera sajikan hangat

Selamat memcoba

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS