RSS

Ketan Durian Lumer


Assalamualaikum

Untuk yang kedua kalinya aku buat ketan durian lumer. Pertama kali buat hanya setengah adonan dan selesai diserbu orang serumah hingga gak sempat mendokumentasikannya. Aku simpan dikulkas biar nanti enak pas dimakan, ehhh ... taunya begitu buka kulkas ketan duriannya raib sodara...sodara...^_^

Kemaren aku buat lagi cemilan yang uenaknya gak terkira ini (lebay sedikit boleh ya...) tapi kali ini aku buat pake takir pandan. Sebelumnya hanya pake gelas puding yang dari plastik.
Ceritanya...suami beberes kebun (sejengkal juga..) yang di depan rumah. Tanaman pandanku pun ikut dibabat beliau. Katanya... terlalu rimbun. Hanya ditinggalin beberapa lembar daun pandan. Sedih banget lihat daun pandan terbuang sia sia. Aku ambil lalu bersihkan dan aku jadikan takir. Rencananya akan aku jadikan takir untuk apang coe.


Rencana tiba tiba berubah gara gara dipasar banyak yang jual durian. Memang beberapa minggu ini di daerahku lagi musim durian. Dari kemaren pengen beli, tapi ragu karena aku baru sembuh dari demam, sebelumnya kakak Lala yang demam. Walau pengen banget makan durian terpaksa ditahan  karena durian ini panas. Ntar demam lagi....

Alhamdulillah beberapa hari ini kami sekeluarga sehat, aku yang sudah gak sabar makan durian langsung beli durian 3 buah gede gede. Separuhnya dimakan anak anak dan suami dan sisanya aku jadikan untuk ketan durian. Tapi kali ini aku buatnya gak tanggung tanggung. Pake setengah kilo durian dan setengah kilo ketan putih. Pokoknya kali ini makan sepuasnya deh he..he..



Saat foto ketan durian lumer ini aku aplod di fb, gak nyangka banyak yang minta aku open order. Untuk yang satu ini aku mohon maaf...buat sendiri aja yang sahabat. Ayolah nguplek di dapur...anggap aja olah raga ^-^

Resepnya aku dapat dari teman sesama DSI mbakyu Nani septina, tapi aku modif dikit. (Suhun mbakyu)

Ketan durian lumer

Bahan ketan
500 gr ketan putih. Cuci rendan 2 jam
750 ml santan. Aku pake hanya 650 ml santan (350 ml santan instan + air hingga jadi 650 ml)
2 lembar daun pandan 
1 sdm garam

Caranya:
1. Kukus beras ketan yang telah direndam hingga setengah matang. (Lebih kurang 20 menit)
2. Ditempat lain, rebus santan, gula, garam dan pandan hingga mendidih. Tuang ke dalam baskom.
3. Masukan ketan setengah matang ke dalam santan di baskom. Aduk rata. Biarkan hingga semua santan terserap ketan.
4. Aduk rata ketan dan santan. Kukus kembali hingga matang.

Bahan saus custrard durian

1 liter santan sedang (aku pale 750 ml santan instant + air )
500 gr daging durian 
1 kaleng susu kental manis
Gula secukupnya (aku gak pake. Sudah manis kok..)
1 sdt manjung garam halus
4-5 sdm custard powder larutkan dengan sedikit air (aku pake 2 sdm custard powder dan 2 sdm tepung maizena. Aku ingin lapisan durian berwarna putih alami durian. Jika hanya menggunakan custard powder lapisan duriannya akan berwarna kuning) jadi...tergantung sahabat mau yang seperti apa.

Caranya:
1. Campur semua bahan kecuali custard powder. Aduk rata.
2. Nyalakan kompor. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk. 
3. Masukan larutan custard dan maizena. Aduk hingga mengental dan meletup letup. Matikan api.

Takir sebelum diisi custard durian

Penyajian
Isi ketan kedalam takir yang telah disiapkan. Tingginya setengah dari tinggi takir. Lalu tuang durian custard hingga penuh. Setelah uap panasnya hilang masukan ke kulkas. 
Dingin dingin siap disajikan. Sluuuuppppp...satu gak akan cukup.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

Jiahhhh, nih enak bgt mba...klop deh durian n ketan...
rajinnya mba Lenny buat takir...

dapuribulalawira mengatakan...

Mumpung musim durian mbak ...

Unknown mengatakan...

Mba..beli custard powder nya dimana ya?trus kalo misal gak asa bisa diganti sm apa ya biar adonan sausnya kental?

dapuribulalawira mengatakan...

Custard powder bisa di beli di TBK mbak Reny. Mbak tinggal dimana? Kalo di Dumai bisa beli di Toko Dumai Jaya.
Saya belum pernah mengganti custard powder. Jadi maaf saya belum bisa jawab.

Posting Komentar