RSS

Ikan Kuah Lada


Assalamualaikum
Banyak blog working banyak pula yang ingin dimasak. Ini sering terjadi padaku. Kadang sampai galau mana yang harus di dahulukan...(kelebayan ha..ha..)
Seperti masakan satu ini, aku lihat di blog mbak Monic. Hadehhh...tergiur banget. Semakin aku telusuri ke blog che mat, siempunya resep, semakin aku penasaran. Walau dikatakan ini masakan peranakan nyonya, menurut aku mah ini masakan melayu. Seperti asam pedas yang juga segar asem asem.


Tanpa menunggu lama langsung eksekusi. Kebetulan di kulkas ada ikan senangin. Cocok banget, secara ikan senangin ini adalah ikan khas melayu juga.

Rasanya kurang lengkap makan masakan melayu tanpa sambal terasi. Mumpung lagi rajin .... aku menambahkan sambal terasi dan tak lupa pergedel jagung buat tambahannya.



Anak anak dan suami yang telah mencoba, semua suka. Malah adek Wira lahap banget makannya. Berkeringat kepedasan karena ikannya dicocol sambal terasi. Kalo kak Lala, ikan doang tanpa sambal, karena si ratu satu ini memang gak doyan cabe.
Yang lebih membuat aku girang semua anak anak minta dibawakan untuk bekal ke sekolah. Semoga sampai siang nanti tetap enak ya nak....

Berikut aku tuliskan resep ikan kuah lada yang telah aku modif. Tanpa terong dan cabe rawit seperti resep aslinya. Jika ingin lihat resep asli linknya sudah ada diatas.

Ikan kuah lada khas Malaysia

Bahan :
 800 gr ikan senangin
2 bh jeruk nipis ambil airnya
2 batang daun bawang potong 1-2 cm
1 buah tomat hijau. Potong 6 bagian
50 ml air asam jawa dari 2 bungkus asam jawa, larutkan dengan 50 ml air
800 ml air
1 sdt garam (sesuai selera)
1/2 sdt merica halus
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 cm kunyit
1 sachet terasi
3 buah cabe merah keriting

Caranya:
1. Cuci bersih ikan. Potong sesuai selera. Lumuri dengan air jeruk nipis.
2. Haluskan bumbu pake ulekan (pake blender juga boleh. Aku sih pake uleg ajah)
3. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan air dan asam jawa. Aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
4. Masukan ikan, daun bawang dan tomat. Tambahkan garam. Koreksi rasa.
5. Angkat. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba.
wassalam





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

ngiler mba....apalagi bayangin makannya pake sambel terasi....jiahhhh mantap banget mba..... bisa nambah2 nih.....

dapuribulalawira mengatakan...

Top deh mbak Mon... sesuai rekomendasi dirimu pedas pedas nagih... gak nyadar habis nasi sebakul.

Posting Komentar