RSS

Bolu Gulung Tape


Assalamualaikum, selamat pagi sahabat semua....
Hari ini postingan ku bolu gulung. Tapi bolu gulung ini beda dari bolu gulung yang pernah aku buat sebelumnya. Di dalam adonannya ada tambahan tape singkong. 
Pertama kali lihat bolu gulung tape postingan seorang teman di fb. Aku sudah kepikiran terus. Pasti enak nihh ... 
Dari seminggu yang lalu pengen eksekusi, tapi selalu maju mundur maju mundur (bukan syahrini lho....) aku takut ntar kalo aku buat gak ada yang ngabisin. Anak anak sepertinya tidak begitu suka dengan cake yang ada aroma tapenya. 
Seminggu berlalu, tapi kok masih kebayang juga bolu gulung tape di benakku. Penasarannya gak hilang hilang...^_^
Ya udah...akhirnya aku buat. Cari resep yang simple dan tidak begitu banyak menggunakan telur. Googling, nemu resep di NCC. Resepnya aku modif sesuai keingana aku. Harap harap cemas juga... nih kue jadi apa gak? Biasanya kalo aku sok sokan modif pasti berujung kegagalan. Tapi alhamdulilah kali ini berhasil. Bogulnya lembut tanpa aroma tape tapi kalo sudah masuk kemulut tapenya akan terasa.

Bolu gulung tape

Bahan:
4 butir kuning telur
2 butir telur utuh
100 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier
1/2 sdt garam
100 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tape singkong haluskan buang sumbunya.
75 ml santan instant. Tanpa ditambah air
2 - 3 tetes essen pandan

Selai kacang untuk olesan
Keju parut untuk taburan
Butter cream untuk olesan bolu gulung bagian luar.

Caranya:
1. Campur tape dan santan. Aduk rata. Sisihkan
2. Kocok telur, gula, gatam dan emulsifier sampai kental. Harus benar benar kental ya...tujuannya agar saat masuk tape adonan tidak mengendap.
3. Masukan tepung terigu. Aduk perlahan hingga rata.
4. Tambahkan tape singkong yang telah dicampur dengan santan instant. Aduk rata.
5. Masukan essen pandan. Aduk rata.
6. Tuang di loyang 25x25x4 cm. Yang telah dialas kertas roti dan di oles margarin
7. Oven dengan suhu 180 dercel selama 20 menit. Hingga matang.
8. Jika sudah matang balik kue di atas kertas roti yang lebih besar. Beri olesan selai kacang dan parutan keju. Gulung.
9. Masukan ke dalam kulkas selama 20 menit. Keluarkan dan oles permukaan bolu gulung dengan butter cream dan taburan keju. 
10. Bolu gulung siap disantap.

Semoga bermanfaat. Wassaalam.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar