RSS

Tahu Aci


Assalamualaikum....
Apa kabar sahabat? Kabarku alhamdulillah baik...hanya cuaca didaerahku yang tidak baik. Sudah beberapa hari ini daerahku berasap. Kalo pagi pagi buka pintu, bau asapnya bukin sesak dada.  Anak anak yang kesekolah tak lupa aku pakaian masker. 
Ahhhh....entah kapan bencana asap ini akan berakhir. Setiap tahun... setiap musim kemarau ..... mulailah asap datang. Semoga orang orang yang tidak bertangggung jawab membakar lahan seenaknya cepat di beri kesadaran... dilimpahkan petunjuk dari Allah. Amin.....
Ngomong2 asap....ternyata ada kaitannya sama kegiatan di dapurku. Sejak bencana asap melanda kami sekeluarga jarang banget keluar rumah. Gak pernah lagi yang namanya nongkrong atau jajan diluar. Akupun semakin rajin buat cemilan untuk keluarga. Kadang buat snack asin kadang yang manis. Tahu aci ini salah satu snack yang sering aku buat. Buatnya gampang..dan dimakan hangat lebih nikmat. Siang habis masak aku buat, ntar sore atau malam, kapan anak anak ingin celimilan tinggal aku goreng. Gampang kan....

Tahu Aci
Sumber: Diah didi's kitchen

Bahan:
5 buah tahu padat. Belah dua, ketok isinya (aku pake tahunya kecil2, jadi pakenya 10 buah.)
100  gr tepung tapioka
25 gr tepung terigu
80 ml air panas (aku hanya pake 50 ml)
2 buah bawang putih haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir (aku gak pake)
1 sdt kaldu ayam bubuk (aku hanya pake 1/2 sdt saja)
2 batang daun bawang iris halus
Garam sesuai selera.

Caranya:
Campur semua bahan termasuk sisa tahu hasil kerokan. kecuali daun bawang.
Tuang air panas sedikit demi sedikit hingga adonan rata. (Diaduk pake sendok kayu ya...)
Ambil satu potong tahu olesi dengan adonan aci. Lalu goreng hingga matang dan adonan acinya kering.
sajikan panas panas dengan sambal kecap.
(Anak anakku lebih suka tahu aci ini dicocol bersama kecap doang)

Selamat memcoba sahabat.... 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar