RSS

Cake Pelangi Putih telur


Assalamualaikum sahabat....
Buat cake ini dalam rangka memanfaatkan putih telur sisa buat bulu gulung. Untuk bolu gulungnya aku buat menggunakan 12 kuning telur dan 6 putih telur. Jadi sisa 6 putih telur yang tidak kepake. 
Biasanya setiap ada putih telur sisa buat cake selalu aku simpan untuk nantinya aku jadikan pempek putih telur kesukaan suami. Tapi kali ini aku mau langsung gunakan saja gegara kemaren teman fb ku mbak Mery, posting cake putih telur yang tampilannya aduhai menggoda.....
Untuk resep cake putih telur ini, aku menggunakan resep dari teh Ricke ordinary kitchen (lagi). Resep ini sudah lama aku bookmark tapi belum sempat juga untuk mencobanya.


Seperti kata teh Ricke, cake ini gak pas disebut cake pelangi karena hanya menggunakan beberapa warna. Disini aku hanya menggunakan 3 warna. Kalo sahabat ingin membuat dengan 7 warna layaknya cake pelangi juga bisa kok...tinggal membagi adonan menjadi 7 dan diberi warna atau pasta sesuai selera. Karena putih telurku hanya 250 gr, maka aku hanya membuat setengah resep.

Cake Pelangi Putih Telur

Bahan:
500 gr putih telur (suhu ruangan)
250 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1/2 sdt garam
250 gr terigu protein sedang
50 gr maizena
200 gr butter/margarin. Lelehkan
1 sdt vanila
Perisa coklat, pandan dan lemon (sesuai selera ya...)
Gula pasir untuk taburan (optional)

Caranya:
1. Panaskan oven 160-170 dercel. Olesi loyang tulban atau bulat ukuran 26 cm dengan margarin, taburi terigu tipis tipos saja.
2. Ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok putih telur, garam dan emulsifier dengan mixer kecepatan sedang sampai berbusa. Masukan gula pasir dalam 3 tahapan sambil dikocok terus hingga gula habis. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan kembang, kental dan berjejak.
4. Masukan terigu dalam beberapa tahapan. Aduk dengan kecepatan rendah.
5. Masukan butter/margarindan vanila. Aduk balik dengan spatula hingga benar benar rata.
6. Bagi adonan sesuai dengan warna yang diinginkan. Tambah perisa, aduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, bisa berlapis atau bentuk motif acak marble. Dan panggang hingga matang. Lakukan tes tusuk ya...biasanya matang 50 menit atau tergantung oven masing2.
8. Keluarkan dari loyang dinginkan. Potong2. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar