RSS

Es krim Kelapa Muda


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum...
Buat es krim disaat musim hujan. Iss ..gak banget ya...^_^ mau gimana lagi... kalo sudah kepengen gak peduli cuaca. Asalkan esnya enak...pasti habis.

Ternyata benar, walau habis hujan deras ... cuaca dingin anak anak dan bapaknya lahap banget makan es krimnya.  Sebenarnya es krim ini belum saatnya dimakan. Harus dimixer lagi dan dibekukan lagi agar didapat tekstur es yang lembut. Setiap buat es krim inilah yang selalu jadi kendala dirumahku. Gak pernah berhasil mendapatkan es krim yang benar benar lembut. Beku sedikit saja sudah dicolek colek pake sendok sama duo bocah. Seharusnya saat hampir beku di mixer trus bekukan lagi...mixer lagi ... hingga 3 kali mixer. Tapi dirumahku satu kali mixer aja sudah hebat.

Resep es krim ini aku dapat dari blog kak Ita masam manis. Tergoda banget lihat foto foto kak Ita yang menggugah selera. Kagum deh... 
Kalo aku paling gak betah foto es krim. Sudah meleleh duluan sebelum dapat hasil foto yang bagus. Kadang otak udah bleng lihat es krimnya meleleh. Ide  awal akan buat foto seperti ini, pakai properti itu...jadi buyar semua. Apa lagi kalo fotonya out door
 Wah....kalang kabut deh.....

Yuk kita lanjut ke resep sob... resep aslinya ada disini. Resep yang aku tulis berdasarkan hasil translate aku. (Semoga benar...) Soalnya aku gak begitu paham bahasa Malaysia.

Es krim kelapa
Sumber: Azlita masam manis

Bahan:
1 kaleng susu kental manis.
2 kaleng air kelapa muda (Gunakan kaleng susu kental manis yang sama)
Isi kelapa muda (degan)
2 sdm santan kental (aku pake 90 gr santan instant)
1 sdt ovellete (aku gak pake)
1 lembar daun pandan. Simpulkan (aku pake 2 lembar)

Caranya:
1. Campur air kelapa, daun pandan dan susu kental manis. Masak hingga mendidih. Matikan api. Masukan santan. Aduk. Biarkan dingin.
2. Jika sudah dingin keluarkan daun pandan. Mixer adonan. Masukan isi kelapa muda (degan) mixer lagi sebentar. Simpan di freezer 4 jam atau hingga beku.
3. Setelah beku keluarkan. Mixer kembali hingga kembang. Lakukan hingga tiga kali jika ingin es krim yang lembut dan tekstur es lebih ringan.
4. Setelah lembut masukan dalam wadah aluminium foil. Bekukan semalam. Jika sudah beku hidangkan.

Note: 
es krim yang aku buat ini hanya sampai step ke 3. Karena duo bocah sudah gak sabar makan es krimnya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

He he he bener mba, kalau enak mah, ga peduli ya mau hujan atau panas..santap...
ngiler sama es krimnya, kliatannya yummy..

dapuribulalawira mengatakan...

Yammy banget mbak Mon... sini cobain he...he...

Posting Komentar