RSS

Lontong Gulai Touco dan Pumpkin Marble Cake


Bismilahhorohmanirrohim
Assalamualaikum...

Judulnya kepanjangan ya? Kemaren aku dan kak Lala lagi "on fire". Kita berdua semangat banget nguplek didapur. Karena kemaren hari HUT PGRI jadi anak anak pulang nya cepat. Oya...selamat hari PGRI untuk semua guru guru yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia. 

Sudah dari kemaren aku pengen buat lontong gulai tauco. Kebetulan jadwal ngojek jemput anak anak sore ini kosong . Aku gunakan untuk membuat gulai tauconya. Sedangkan lontongnya aku masak malam hari. Biar pagi tinggal manasin gulai dan siap disantap untuk sarapan kami sekeluarga.


Kak Lala yang lihat aku sibuk di dapur gak mau kalah. 
Katanya.."buk...kakak mau buat cake ya?" 
Cake apa? Tanyaku
Diapun asik mainin gadgetku. Akhirnya kak Lala milih pumpkin marble cake yang resepnya sudah lama aku bookmark. Resep ini aku dapat dari blog mbak Oki. Sumbernya dari blog Ummu Fatimah "my simple kitchen. Blogspot.com Thanks share resepnya Um...
Kata mbak Oki "Dapur mama Aisyah" cake ini akan menyusut dan agak berpinggang setelah keluar dari oven, tapi aku tatap penasaran ingin buat. Menurutku wajar cake ini menyusut karena tanpa tambahan bahan pengembang. Cake ini pasti sehat karena ada tambahan pumpkinnya. Sudah kebayang juga manis dan warna kuning pumpkin yang menggoda.

Ringkas cerita (hi..hi..kayak ngedongeng ya?) ceke ini di eksekusi sama anak gadis. Mulai dari timbang menimbang bahan sampai masuk oven di kerjakan oleh kak Lala. Kebetulan dikulkas ada stok pure labu kuning. Jadi dia gak repot lagi harus mengukus labu. Sementara aku fokus ke lontong dan kawan kawannya. Termasuk buat wedang jahe juga karena cuaca dingin. Lumayan untuk menghangatkan badan.


Walau tampilannya kurang sempurna tapi kue ini enak banget. Manisnya labu dicampur coklat bikin nagih. Kue ini bukan seperti sponge cake yang banyak remah yang jika mamakannya harus sedia air minum dulu. Kue ini seperti bingka. Agak basah tapi lembut. 

Berikut aku tulis ulang resepnya pumpkin marble cake yang aku kalikan 2 dari resep aslinya. Maklum dirumah pada doyan makan semua. Kalo buat kecil takut gak cukup. 
Resep lontong dan gulai taoco sudah pernah aku share disini 

Pumpkin marble cake

Bahan: 
8 butir telur utuh
400 gr labu kuning. Kukus haluskan
300 gr tepung terigu protein sedang
200 ml minyak sayur
200 gr gula pasir
2 sdm coklat bubuk larutkan dengan sedikit air hangat.

Cara:
1. Panaskan oven 180 ℃. Olesi loyang dengan mentega. Sisihkan
2. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer, masukan tepung terigu. Aduk perlahan. Setelah rata masukan labu kuning. Aduk rata.
3. Tuang minyak. Aduk asal rata. Matikan mixer.
4. Ambil 2 sendok sayur adonan. Tambah coklat bubuk yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata.
5. Tuang adonan labu kuning keloyang. Tuang adonan coklat diatas di beberapa titik. Kemuadian buat motif marmer dengan sumpit atau garpu.
6. Oven selama 40 menit atau hingga matang.

Selamat mencoba.
wassalam






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

wah cake buatan kak Lala kayaknya enak nih... lembut...

lontong tauco..sudah kebayang enaknya, nyam2..

dapuribulalawira mengatakan...

Lontong taoco khas padang itu mbak Mon...he..he..

dapuribulalawira mengatakan...

Lontong taoco khas padang itu mbak Mon...he..he..

Posting Komentar