RSS

Kue Cubit Green Tea


Assalamualaikum....
Happy weekend sahabat....
Sudah lama ingin buat kue ini, sudah lama juga di bookmark resepnya. Tapi gagal terus mengeksekusinya di dapurku. Efek terlalu banyak resep yang di bookmark he..he..


Pertama kali buat langsung kue ini jadi favoritnya anak anak. Setiap masak satu loyang langsung habis. Padahal untuk mematangkan satu loyang perlu waktu lama karena aku menggunakan api kecil agar bagian bawah kue tidak gosong.

Kue cubitnya aku buat dalam dua versi. Sebagian aku masak matang dan sebagian lagi setengah matang seperti yang kikinian itu...
Sayangggg aku tidak memakai beragam topping, hanya ada keju, mesis dan kacang almond di dapur. Coba kalo ada oreo, kit kat, permen warna warni, wahhh...sudah kaya di kafe kale he..he..

Jika ditanya enakan yang masak sempurna atau yang setengah matang? Kalo jawaban aku'enakan yang setengah matang' ada sensasi seperti lava dimulut saat memakan yang setengah matang ini. Sementara kalo yang matang sempurna biasa saja...tapiiiii itu menurut aku lhooo. 


Agar sahabat bisa menilai enakan masak yang sempurna atau setengah matang, mending buat sendiri deh...
Untuk resep kue cubit ini aku menggunakan resep dari IG@Anitajoyo yang aku kutip dari blog mbak Oki Dapurmamaaisyah.blogspot.co.id

Kue cubit green tea
Bahan: 
3 butir telur
150 gr gula pasir
50 gr margarin lelehkan
1/4 sdt vanili bubuk
200 ml air (aku pake 90 ml santan instant tambah air hingga jadi 200 ml. Panaskan hingga mendidih.lalu dinginkan)

Ayak
1/2 sdt baking powder
300 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1,5 - 2 sdt green tea bubuk. (Aku pake 1,5 sdt)

Caranya:
1. Kocok gula dan telur hingga putih.
2. Masukan campuran tepung sambil diaduk perlahan hingga rata. (Pakai spatula.)
3. Tambah margarin cair, santan dan vanili. Aduk rata.
4. Diamkan 30 menit.
5. Panaskan cetakan diatas api kecil. Oles margarin atau mintak sayur. Hanya satu kali saja ya..tuang dalam cetakan hingga 3/4 penuh. Jika sudah mulai berlubang tutup. Masak hingga matang.
Untuk yang setengah matang, masak hanya jika pinggir kue telah matang tapi bagian tengahnya masih lembek. 
Pada saat ini adonan bisa ditambah topping keju, mesis, oreo atau apa saja sesuai selera.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan jadi makanan favorit keluarga.

Wassalam..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

Mau kue cubitnya mba...kayaknya enak mba..
Ini resep yang entah kapan mau dieksekusi, soalnya sampai sekarang belum beli aja cetakannya, efek males atau pelit ga tau..ha ha ha..

dapuribulalawira mengatakan...

Buruan beli cetakan mbak... kuenya enak banget. Ditambah aroma green tea. Kata kak Lala "gak mau berenti makannya"

Posting Komentar