RSS

Monkey Bread with Killer Soft Bread


Bismilahirrohmanirrohim
Assalamualaikum

Sejak lihat resep killer soft bread (KSB) di blog Victoria Bakes, langsung aku bookmark. Kepengen buat roti menggunakan resep KSB ini. Tapi selalu urung, dirasuki bisikan sipemalas " gak usah ...gak usah... secara selama ini roti yang dibuat juga lembut kok..."

Seperti yang sudah sudah, aku selalu luluh dan simalas kalah jika banyak yang godain aku. Contohnya akhir akhir ini. Hampir setiap hari teman teman fb ku posting roti dengan adonan KSB. Ahhh ... semakin penasaran aku... kepo pun semakin besar ^_^ 
Konon digadang gadang roti ini hasilnya lembuuuut bangetttt, serat rotinya juga bagus. Dan yang hebatnya ... permentasinya lebih singkat dari roti roti andalan aku. Hadeh... siapa yang tidak tergoda jika sudah banyak testimoni seperti begini.


Seperti kata pepatah... sekali merangkul dayung, dua tiga pulau terlampau. Nah...itu yang ku lakukan. Mencoba membuat adonan killer soft bread sekaligus eksekusi roti model monkey bread. Ihhh lucu ya namanya, roti monyet. Belum ada penjelas yang akurat kenapa roti ini dinamakan roti monyet, hanya aku baca di beberapa blog, katanya mungkin karena cara memakan roti ini, ditarik satu persatu berebutan...persis kaya monyet. Hayhay... sereeemmm ah disamain dengan nyemon eh monyet...gak..gak...

Monkey bread yang aku buat kali ini, sedikit keluar dari pakem asli monkey bread. Yang aslinya adalah adonan roti yang dipotong kecil kecil di celup margarin cair dan kayu manis bubuk dan ditata diloyang tulban. Biasanya ditambah siraman karamel. Sedang yang aku buat ini adalah adonan roti dibuat bulat bulat kecil (berat 13 gram) yang ditambah selai coklat, ditata di loyang oval, tabur keju parut. Sesuai selera anak.
Ada juga monkey bread pizza yaitu adonan roti ditata diloyang pizza atau tulban, ditaburi keju mozarela dan peperoni. Dicelup saus bolognase saat ingin memakannya.
Next jika diberi umur panjang ingin buat monkey bread pizza. Sudah kebayang pasti anak anak suka. 



Berikut aku tulis kembali resep killer soft bread. Sedang untuk monkey bread, modelnya bisa disesuaikan dengan selera sahabat semua.

Killer soft bread

Bahan:
260 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
3 gr ragi instant
1 butir telur + susu cair hingga beratnya menjadi 160 - 180 gr 
30 gr butter
Sedikit garam

Olesan
1 butir kuning telur
2  sdm susu cair

Caranya:
1. Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instant hingga tercampur rata.
2. Masukan campuran telur dan susu. Uleni hingga kalis.
3. Bagi adonan. Diamkan 10 menit. Beri isi sesuai selera.
4. Tata diloyang yang sudah dioles tipis margarin. Diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. (Lebih kurang 30 menit)
5. Oles dengan bahan olesan. Beri topping jika suka. Olen 15 - 20 menit dengan suhu 170 ℃

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

wah mantap ini rotinya mba Leny...
jadi mba Leny juga sudah membuktikan sendiri kelembutan KSB ini ya, he he he...aku belum eh mba, masih malas

dapuribulalawira mengatakan...

He..he dari pada penasaran mbak Monic. Kekinian banget nih roti.
Tp bener lho mbak Mon, rotinya lembut walau sudah dibiarkan semalaman.

dapuribulalawira mengatakan...

He..he dari pada penasaran mbak Monic. Kekinian banget nih roti.
Tp bener lho mbak Mon, rotinya lembut walau sudah dibiarkan semalaman.

nikolay mengatakan...

halo

saya mau tanya rahasianya apa sih spy roti bisa berserat panjang dan empuk ala killer soft bread?apa karena pake butter?apa karena suhunya pas?atau apa? thx

saya sudah mencoba sesuai resep persis cm hasilnya bagian permukaan roti empuk cm saat ditekan terasa ada bagian yg keras spt besi dilapisi spon/tidak menul2.saat dimakan bagian tengah roti empuk tp tidak bisa berserat panjang spt dan bagian luar terasa keras spt besi dilapisi spon/tidak menul2 saya pakai margarin bkn butter.

dapuribulalawira mengatakan...

Halo juga pak....

Berdasarkan pengalaman saya, kunci roti berserat bagus dan empuk ada pada saat mengaduk. Mengaduk roti harus benar benar kalis. Tandanya..ambil sedikit adonan, tarik melebar. Jika adonan tidak robek dan terlihat lapisan transparan tandanya adonan sudah kalis

Semoga bisa membantu ya pak...terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar