RSS

Nasi Liwet Sunda



Assalamualaikum...
Apa kabar sahabat? Semoga kita selalu dilimpahkan rahmat kesehatan oleh Allah agar bisa menjalankan semua aktivitas dan rencana yang akan kita jalani aminn...

Dirumahku hari ini ada yang kurang fit. Kak Lala, sudah 2 hari ini flu. Tadi malam sudah aku bawa ke dokter kata dokter sih gak apa apa, hanya perlu istirahat. Mungkin karena cuaca yang tidak menentu, disaat panas terik tiba tiba turun hujan. Kadang mendung sudah gelap tapi gak hujan hujan. 

Kembali ke kak Lala yang lagi gak enak body... seperti biasa, nih anak paling susah disuruh makan kalo lagi gak enak badan. Adaaaaa aja alasan, nantilah... masih kenyanglah..ngatuklah, pokoknya nih anak punya segudang stok alasan kalo disuruh makan.


Sebagai ibu, aku paling risau kalo sehari aja anak anak gak makan. Teringat kata mamaku dulu saat aku sakit " kalo perutnya gak diisi, mana bisa sembuhhhh" ehhh...ternyata kak Lala kaya aku kecil dulu ya he..he..
Nahh...agar kak Lala nafsu makan, hari ini aku buat nasi liwet sunda. Nasi liwet sunda ini wangi rempah. Meski tanpa menggunakan santan, nasinya tetap gurih. Dan yang paling aku suka...aroma serehnya. Semoga bisa bikin semangat makan kak Lala.
Sebagai menu pendamping, aku buat ayam goreng, biasanya sih nasi liwet sunda temannya ayam bakar, aku ganti karena kak Lala lebih suka ayam goreng daripada ayam bakar. Ada juga tahu dan tempe goreng. Tak lupa aku juga membuat sambal terasi. 
Ada yang kurang di menu nasi liwetku kali ini. Yaitu lalapan. Malas banget membuatnya tadi karen anak anak kurang suka lalapan. Yang doyan lalapan cuma aku dan suami. Tapi sayang beliaunya lagi dinas keluar kota. Kalo ada suami, jika buat nasi liwet, meja makanku penuh... ada pete, kemangi, selada, timun, wortel dan buncis.
Meski serba sedikit tapi komplit ^_^


Untuk membuat nasi liwet ini aku tidak menggunakan takaran. Dikira kira aja. Karena nasi liwet ini aku buat untuk anak anak, aku hanya mengguna sedikit cabe rawit, agar tidak pedas. Bisa juga menggunakan cabe merah yang diiris serong. Jadi tergantung sahabat..begitu juga untuk bumbu bawang merah, bawang putih dan sereh bisa disesuaikan dengan selera sahabat. Resep yang aku share berikut ini, aroma bumbunya tidak terlalu kuat. Disuai dengan selera anak anak. 
Alhamdulilah...anak anakku dua duanya suka nasi liwet ini. Kakak dan adek Wira sampai nambah makannya. Wisss senengnya....

Nasi liwet sunda

Bahan nasi liwet
300 gr beras 
500 ml air ( ukuran air tergantung jenis beras. Gunakan takaran seperti memasak nasi biasa)
3 batang sereh
1/2 sdt garam
Minyak untuk menumis

Bumbu yang ditumis
3 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih iris
6 biji cabe rawit utuh

Pelengkap
Ayam goreng
Tahu goreng
Tempe goreng
Ikan teri goreng
Bawang merah goreng untuk taburan

Caranya membuat nasi liwet
1. Di dalam panci, campur beras, air sereh, cabe rawit, garam dan tumisan bawang putih dan merah. Masak hingga tanak. Bisa juga menggukan mejic com. Masak seperti memasak nasi biasa. Angkat

Bahan ayam, tempe dan tahu goreng
1 kg ayam potong 8
1 bungkus tahu ukuran kecil
1 batang tempe iris tipis 1,5 cm
3 cm kunyit
2 cm jahe
3 siung bawang putih.
1/2 sdt garam
800 ml air

Minyak untuk menggoreng

Caranya:
1. Haluskan kunyit, jahe, bawang putih dan garam. Sisihkan.
2. Ungkep ayam bersama air dan bumbu halus.
3. Jika ayam telah matang, angkat ayam dan lanjutkan mengungkap tahu dan tempe dengan sisa air ungkapan ayam.
4. Ungkap tahu dan tempe lebih kurang 10 menit. Angkat.
6. Setelah ayam, tahu dan tempe dingin, goreng diminyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar