RSS

Talam Jagung


Bismilahirrohmanirrohim
Assalamualaikum

Buat talam ini sudah beberapa minggu yang lalu saat dapat pemberian jagung gratis dari bu Del. Walau sebenarnya pemberian jagungnya gak terencana karena pulang kongko dari rumah teman, jagung bu Del ketinggalan di mobilku. Sudah aku telp yang punya jagung, katanya.. buatku aku saja...alhamdulilah. ini yang dikatakan orang rejeki rak berpintu he..he...


Talam jagung ini testurnya lembut, meski telah masuk kulkas tetap lembut. Cocok banget dimakan saat cuaca panas, segerrr...
Sebagian aku bawa ke mesjid untuk buka bersama (puasa senin kamis) ibu ibu di mesjid. Ehhh ..ibu ibu pada doyan semua. Syukur Alhamdulilah...


Talam Jagung
Resep by : mommylicius

Bahan lapis jagung:

250 gr jagung pipil ( aku pake jagung manis)
120 gr gula pasir
40 gr tepung beras
35 gr tepung tapioka
2 butir telur
1/4 sdt garam
180 ml santan kental. (Aku pake 100 ml santan instan + air)

Lapisan santan
200 ml santan ( aku pake santan instant 140 ml  + air)
40 gr tepung terigu
10 grtepung tapioka
1/4 sdt garam

Cara membuat:

*lapisan santan
Campur semua bahan, aduk hingga rata tidak bergerindil, sisihkan.

*lapisan jagung
Blender jagung dan santan sampai halis sekali. Masukan sisa bahan lain. Proses lagi sampai halus dan semua bahan tercampur rata.
Matikan blender. Tuang adonan dalam loyang kecil yang sudah dioles minyak. Kukus 10 menit. Bungkus tutup kukusan dengan serbet agar air tutup kukusan tidak jatuh ke talam. 
Setelah matang, tuang lapisan santan. Kukus lagi sampai matang. Angkat. Dinginkan.

Happy baking, semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar