RSS

Tahu Krispy Bawang Putih Pedas


Bismilahirrohmanirrohim
Assalamualaikum

Dari pagi Dumai kota ku tercintah diguyur hujan. Dingiiiiinnnn.....
Sudah lama tidak mengalami yang seperti ini. Beberapa bulan ini panas terus. Malah panasnya pake banget. Kangen banget sama hujan. Lihat di daerah lain pada hujan... kok disini panas mulu. Alhamdulah hari ini bisa merasakan adem tanpa ac.

Efek dari cuaca dingin yang berimbas pertama kali adalah perut. Lho kok perut??... ya iyalahhhh, lapernya jadi lebih cepat dari hiasanya. Padahal tadi pagi aku sudah sarapan roti bareng anak dan suami sebelum mereka berangkat beraktifitas. Masih jam 10 pagi siperut sudah kaya ada paduan suara didalam. Koar koar dengan irama yang bisa ditebak ^_^
Makan roti lagi ?? Bosan. Karena lagi asyik nonton oppa ganteng dan onnie cantik di descendant of the sun aku abaikan yang lagi paduan suara dikampung tengah. Tapiii kok lama lama mengganggu kenyaman banget. 
Nyerah deh aku... mumpung dikulkas ada tahu, langsung terbayang tahu pedas yang pernah diposting mbak Endang Just Try and taste.
Ternyataaaaaa.... dugaan ku benar. Tahu crispynya enaaaakk banget. Pedas...dengan aroma bawang putih yang tajam. Mungkin karena aku juga pecinta bawang putih jadi olahan dari tahu yang satu ini top. 
Awalnya hanya kujadilan cemilan... kriuk..kriuk..ehh lama lama jadi nambah pake nasi. Ternyata klop juga lho.... tahu crispy pedas plus nasi hanget ditambah cuaca dingin pula. Sampai sampai Sung Jong Ki lewat gak kelihatan ha..ha...*ngayal kelees*


Tahu krispy bawang putih pedas
Modif by Lenny

Bahan:
1 bungkus tahu isi 10 buah 
1/2 sdt garam
1 liter air
3 sdm tepung maizena
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica

Bahan bumbu siram
1 bongkah bawang putih. Kupas, cincang halus ( satu bongkah ya..bukan satu siung)
2 sdm margarin
1 sdm minyak goreng
8 buah cabe rawit hijau cincang halus
2 buah cane rawit merah
3 buah cabe merah keriting.
1/2 sdt garam
Kaldu ayam bubuk (optional)

Caranya:
1. Rebus tahu bersama garam hingga mendidih. Setelah mendidih tiriskan hingga benar benar kering. Letakan di kertas tissu agar air busa terserap kertas tissu.
2. Campur tepung maizena, tepung tapioka, garam dan merica aduk rata. Masukan tahunke dalam campuran tepung. Aduk hingga seluruh permukaan tahu tertutup tepung.
3. Goreng tahu dengan minyak banyak hingga tahu benar benar matang dan krispy. Angkat sisihkan.
4. Bahan siram: panaskan margarindan minyak goreng. Tumis bawang putih hingga kecoklatan. Saat menumis bawang putih gunakan api kecil, sambil diaduk terus agar bawang putih matang merata dan tidak gosong. Karena jika gosong kan terasa pahit.
5. Setelah bawang berwarna kuning keemasan masukan cabe rawit dan cabe merah yang telah dicincang halus. Taburi garam dan kaldu ayam bubuk. Adukbterus hingga cabe layu.
6. Angkat. Siram diatas tahu goreng

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar