RSS

Tteokbokki



Assalamualaikum

Yang suka nonton drama korea pasti tau kue satu ini. Yaaapppp....kue ini sering disebut kue beras karena memang terbuat dari tepung beras yang dimakan bersama saos gochujang yang pedas manis. Biasanya kue ini berbentuk silinder. 

Aku sihh belum pernah ke Korea, tapi setiap nonton drama korea selalu lihat adegan dimana ada penjual tteokbokki dipinggir jalan yang jual tteokbokki dalam keadaan hangat. Karena aku pecinta berat drama korea, sudah hapal banget... pasti di depan penjual tteokbokki ada cuplikan kisah romantisnya. Misal... saat malam, cuaca dingan, si cowok akan membelikan ceweknyo tteokbokki. Trus si cowok akan meniup tteokbokki sebelum diberikan ke pada si cewek. Atau seperti di drama love rain, si cowok dan cewek makan tteokbokki bersama. Ahjumma (bibi)  yang jual bertanya, "Apakah kalian sepasang kekasih? "
Banyak adegan di fim korea yang bersettingkan penjual tteokbokki ini. Salut deh sama Korea. Bukan hanya pintar buat drama romantis tapi juga sekalian mempromosikan kuliner dan tempat wisata yang di kemas apik di dalam sebuah drama.



Untuk pertama kalinya aku buat kue ini. Alhamdulilah seisi rumah suka. Padahal awalnya sempat khawatir gak ada yang mau makan kue buatanku. Takut aneh dilidah anak anak dan suami. Tak disangka...tak diduga...(ihhh kayak nyanyi yaaa) kata suamiku enak...katanya rasa pempek yang dimakan pake saos. Ehhh... benar lho, rasa tteokbokki ini mirip rasa pempek dengan soas pedas manis. Biasanya pempek kan pake cuka... nahh ini seperti pempek versi saos he..he...

Tteokbokki yang aku buat ini belum persis sama seperti yang aku lihat di drama korea yang aku tonton. Saos gochujangnya kurang banyak. Seharusnya tteokbokki bermandikan saus yang banyak dengan warna merah yang menyala. Saran aku...jika sahabat ini membuat tteokbokki seperti reser aku ini, buat sausnya 2 kali lipat ya....
Kalo rasa sih aku gak tau, sama atau tidaknya dengan yang dijual diKorea. Aku no comments. Karena aku gak punya pembandingnya. Moga bisa secepatnya liburan ke Korea, biar bisa membandingkan rasanya...(upppsss...kemana mana jadinya)


Aku dapat resep tteokbokki ini dari teman FB. Namanya akak Nini Fitrisia. Beliau juga dapat dari teman FBnya yang di share ke aku. Namanya Emaresiana Elly. Step by step dan tulisan cara membuatnya aku rubah sedikit. Nuhun mbak....

Jika sahabat pertama kali membuat ini, aku sarankan buat setengah resep saja. Aku juga buatnya setengah resep. Jadinya banyak. Satu mangkok.

Tteokbokki

Bahan getteok
500 gr tepung beras
500 ml air
6 sdm minyak sayur ( bisa diganti minyak wijen, aku pake 2 sdm minyak wijen 4 sdm minyak sayur)
1 sdt garam (tambahan dari aku)


Bahan saos gochujang
6 siung bawang putih (aku pake cuma 5 siung)
6 siung bawang merah
6 butir cabe merah
6 buah cabe rawit / sesuai selera.
Saos sambal secukupnya ( aku pake 1 sdm)
Saos tomat secukupnya (aku pake 3 sdm)
Kecap manis secukupnya (aku pake 1 sdm)
1/2 sdt kaldu bubuk
Minyak sayur untuk menumis
1 gelas air
Gula secukupnya (aku pake 1 sdt)

Caranya:
1. Sediakan panci. Campur tepung dan air. Lalu aduk sampai mengental diatas kompor dengan api sedang sampai membentuk adonan. Setelah itu matikan kompor dan dinginkan. Masukan minyak. Aduk rata.
2. Pindahkan adonan diatas meja kerja. Bentuk bulat memanjang seperti silender dengan diameter lebih kurang 0,5 cm.  Lalu potong  lebih kurang 5 cm sama panjang. 
3. Rebus hingga matang. Jika adonan sudah terapung berarti sudah matang. 

Cara memasak  saos gochujang
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit. Tumis hingga harum.
2. Masukan saos tomat, saos sambal dan gula aduk rata. Masukan kecap manis. Aduk sebentar. Tuang air. Biarkan hingga mendidih. Masukan kaldu bubuk. Tes rasa. Jika dirasa sudah cukup, masukan gatteoknya. Aduh rata hingga meresap. 
3. Siap dihidangakan.

Note :
Kue ini lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan panas.

Selamat memcoba. Semoga suka dan bermanfaat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

nyam2..kliatannya enak mba...belum pernah makan yang ginian, he he he..
btw, itu yg kliatan di foto cd2 drama korea ya mba? mantap2...

dapuribulalawira mengatakan...

Saya juga baru pertama kali makan yg ginian mbak Monic. Pengaruh drama korea he..he...

Posting Komentar