RSS

Pai Brownies Tape


Assalamualaikum...
Postingan pertama di tahun 2016. Apa kabar sahabat? Sudah fresh bukan? Setelah libur akhir tahun, kini saatnya kita beraktifitas seperti semula. Dari senin kemaren aku sudah kembali ke rutinis biasa. Mulai nginem... mulai ngojek... mulai ngebakul ^_^ 

Tahun 2016 ini aku buka postingan dengan Pai brownies tape. Sudah lama ingin buat cemilan satu ini, tapi selalu malas karena harus membuat kulit pai terlebih dahulu. Meski sebenarnya kalo dikerjakan gampaaangg... tapi saat dipikir pikir kok ribet banget yak...*pikiran orang pemalas*


Karena gak ingin ribet, aku buat kulit painya sehari sebelumnya. Diatas adalah foto kulit pai sebelum masuk oven. Jangan lupa tusuk kulit pai dengan garpu sebelum dioven agar tidak menggembung saat dioven nanti.

Keesokan harinya baru lanjut membuat brownies. Sebelum angkat mixer aku kepengen nambahin tape ke dalam adonan brownies. Saat itu kebayang rasa manis coklat dan asemnya tape pasti seru dehh.... akhirnya jalan ke warung cari tape. Alhamdulilah ketemu. 

Hasil akhirnya aku agak sedikit kecewa karena rasa asem dari tape yang aku inginkan tidak aku dapatkan. Lebih dominan coklat. Rasa tape dan tekstur tape hilang sama sekali.


Walau begitu... anak anakku  suka dengan pai ini. Kata adek Wira, kulit painya cruncy.. suamiku bilang " pas banget, garing kulit pai dan lembut brownis nyatu..."

Senengnya punya keluarga yang doyan ngemil...aku yakin anak anak dan suamiku suka, maka aku buat dalam 2 bentuk dan 2 porsi. Satu loyang menggunakan loyang pai diameter 22 cm dan 15 loyang pai kecil. Resepnya aku dapat dari majalah saji edisi 188 tapi aku modif, seperti penggunaan coklat bubuk yang aku ganti dengan almond bubuk. Pokoknya buat sesuai selera keluarga dan bahan yang ada di dapur.


Pai Brownies Tape

Bahan pai
100 gr margarin
1/4 sdt garam
25 gr gula tepung
1 kuning telur
200 gr tepung terigu protein sedang
20 gr almond bubuk (bisa diganti coklat bubuk)
1 sdt air es

Bahan brownies
100 ml minyak goreng
175 gr coklat masak pekat. Potong potong.
2 butir telur
100 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein sedang.
20 gr coklat bubuk
10 gr susu bubuk
1/4 sdt baking powder
100 gr tape singkong. Haluskan

Bahan topping
Almond utuh. Secukupnya

Cara membuat:
1. Pai : aduk rata semua bahan pai sampai menggumpal. Giling tipis adonan. Cetak diloyang pai. Tusuk dengan garpu. Oven 15 menit. Angkat sisihkan.
2. Brownies: satukan minyak dan coklat yang telah dipotong potong. Panaskan hingga coklat mencair. Matikan api. Tambahkan tape, aduk rata.
3. Kocok telur dan gula pasir selama 2 minit. Tidak perlu kental dan berjejak ya...
masukan campuran coklat dan tape singkong. Kocok perlahan. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan.
4. Tuang adonan brownies ke diatas kulit pai. Tata almond. Oven selama 35 menit dengan suhu 180 ℃

Selamat mencoba.
wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar