RSS

Es Lollipop 3 Warna


Assalamualaikum
Musim kemarau datang lagi. Sudah hampir seminggu cuaca di Dumai panasnya pooollll. Pengen makan yang dingin dan seger buat ngilangin kering ditenggorokan. Apalagi saat masak sore hari. Ampunnn deh...dapurku panas banget rasanya.

Tadi pagi lihat group LE banyak yang posting es gayang. Yahhh ...es ini dinamakan es gayung karena dibuat menggunakan air yang takarannya menggunakan gayung. Meski aku sebenarnya kurang faham, pake gayung yang kecil atau yang besar... yang jelas aku tertarik banget untuk eksekusi es ini. Oya...karena terlalu banyak yang posting es ini di LE aku gak tau resep aslinya es ini dari siapa. Ide siapapun awalnya....aku permisi dulu ya...

Intip lemari di dapur, alhamdulilah masih ada stok nutrijell, walau adanya rasa sirsak...yo wes gak papalah...aroma juga he..he...
Dikulkas juga masih menumpuk susu uht. Tumben bulan ini anak anak gak begitu laju minum susunya. Sudah mau akhir bulan stok susu masih banyak. Biasanya minggu minggu terakhir ini paling cuma tinggal satu kotak. Ini masih 5 kotak. 
Manfaatkan susu, aku buat es ini menggunakan susu uht. Lebih sehatkan? Ketimbang aku pake air putih. Lagian ini juga untuk anak anak. Kalo untuk dijual baru lain lagi pertimbangannya.



Es lollipop 3 warna

Bahan:
3 liter susu UHT (Aslinya pake 3 gayung air)
1 bunhkis nitrijell rasa sirsak ( aslinya pake nutrijell plain)
250 gr gula pasir ( aslinya 500 gr gula) tergantung selera sahabat saja. Bisa ditambah atau dikurang. Jangan lupa cicipi ya....

Caranya :
Campur rata semua bahan. Masak diatas kompur dengan api sedang. Masak hingga mendidih. Diaduk terus, agar susu tidak pecah.
Setelah mendidih bagi 3 sama banyak. Beri warna sesuai selera. Lalu dinginkan.
Setelah benar benar dingin masukan satu sendok warna merah ke dalam plastik es. Diikuti dengan warna kuning. Selanjutnya masukan warna hijau. Ikat ujung plastik es. Lakukan hingga habis.
Terakhir masukan ke kulkas. Bekukan.

Selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar