RSS

Roti Durian Keju


Assalamualaikum

Semakin sering googling, semakin banyak keinginan. Yah...itulah yang sering aku alami. 

Buat roti ini juga gegara sering jalan jalan di dunia maya. Berawal dari stok durian yang banyak dikulkas. Aku ingin membuat sesuatu yang tak pernah aku buat sebelumnya. Cari makanan yang berbahan durian ehhhh... nyampelah di roti durian keju panglima di Samarinda Kalimantan. Banyak web yang membicarakan makanan satu ini. Dari yang jual hingga testimoni pembeli. Semuanya mengatakan enak. Bahkan disalah satu blog yang aku baca, katanya pembeli di kedai roti durian panglima ini rela antri berkilo meter bahkan sebelum toko dibuka. Wawwww.... benar benar membuat aku penasaran. Andai Samarinda itu sebelahan sama kota Dumai, pasti aku ikut antri juga disana. Penasaran rasanya ....

Apa daya, kota ku jauh (pake banget) dari kota Samarinda. Sebagai pelampiasan rasa penasaran, Aku buat juga roti yang bentuknya mirip sama roti durian kejunya panglima. Untuk vlanya aku karang sendiri. Difoto aku lihat vlanya tidak padat seperti selai, agak cair ..sehingga saat roti disatukan si vla ada yang meleleh disela sela roti. Seksi banget ^_^ kebayang lumernya.
Terinspirasi dari es krim durian dan vla ketan durian lumer. Maka aku gabungkan kedua resep ini menjadi vla untuk roti durian ku. Duriannya aku banyakkan dan sengaja tidak aku blender agar saat roti digigit, serat duriannya masih terasa.
Hasilnya... uenaaakkkk.... Meski aku tak punya pembanding tapi resep yang kubuat tadi sudah cukup mengobati rasa penasaranku akan roti dari Kalimantan ini.

Untuk resep rotinya aku menggunakan resep roti Pandan. Karena aku juga ingin membuatkan mamaku roti, dan beliau paling suka roti pandan ini, jadi...ya udah sekalian, pikirku. Efek dari membuat roti ini dapurku ada bermacam macam aroma. Saat masak vla durian... wangi durian seluruh di dapur bahkan sampai seluruh ruang rumah.  Saat masak roti ..ganti aroma pandan dapurku.

Ehhh kebanyakan nihhh....yuk langsung keresep vlanya. Resep rotinya bisa menggunakan resep roti apa saja. Bisa menggunakan metoda thong zhong atau resep roti ini . Pake resep roti favorit sahabat juga bisa.

Resep vla roti durian keju

Bahan:
800 gr daging durian
400 ml susu uht
1/2 kaleng susu kental manis.
4 sdm gula pasir (jika kurang manis bisa ditambah)
5 sdm tepung custard larutkan dengan sedikit air.

Caranya:
1. Masukan semua bahan ke dalam panci. Kecuali tepung custard. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
Jika ingin vla berserat halus. Blender daging durian bersama susu uht sebelum dimasak.
2. Setelah mendidih masukan larutan custard. Masak hingga meletup letup. Matikan api. Vla siap digunakan

Cara penyajian

Belah memanjang roti, Oles vla di salah satu bagian roti (semakin banyak semakin enak lho...) tutup atau satukan kembali.
Oles tipis vla di atas roti. Tabur keju parut. Sajikan.



Sebagian roti aku isi dengan vla durian sebelum dimasak.
Menurutku... lebih enak vla yang tambah setelah roti matang. Apalagi ada taburan kejunya. Emmm..... mantap rasanya.

Note:
*Sebaiknya roti yang telah diberi vla tidak disimpan lama. Karena vla durian disuhu ruang cepat sekali basi. Sebaiknya oles vla sesaat sebelum roti disajikan.
*Sisa vla bisa disimpan dikulkas (chiller) tahan selama 3 hari. Vla disimpan di freezer tahan selama seminggu dan bisa di keluarkan dan makan sebagai es krim.

Selamat mencoba sahabat....semoga bermanfaat.

Wassalam



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar