RSS

Krengseng Daging Sapi


Akibat blog walking ke blognya Pawonomah, jadi kecantol sama krengseng beliau....Fotonya benar benar menggoda, gak sabar aku ingin segera eksekusi resep yang telah beliau berikan.
Pagi sepulang antar anak anak ke sekolah aku mampir kepasar cari daging kambing seperti resep asli dari pawonomah....sayang sungguh disayang,,,daging yang dicari tidak kutemukan, ganti haluan pake daging sapi saja ...dari pada aku kepikirin ....gak bisa tidur gak bisa makan...(ihhhhh lebay ya...hick)
Ini baru pertama kali nya aku buat krengseng,  tak disangka sambutan dari ayah dan anak anak sangat membahagiakan, terutama anak anak...dagingnya bahkan dimakan tanpa nasi...katanya enakk....
Thank bu Pawonomah telah membagikan ilmunya....


Krengseng Daging Sapi 

Bahan: 
500 gr Daging sapi (aslinya menggunakan daging kambing bagian lulur)
700 ml air matang (aku pake 400 ml air)
2-3 sachet kecap manis ( aku pake 5 sdm kecap manis)
3 butir cengkeh
2 cm kayu manis
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
4 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
3 buah tomat belah 6

Bumbu halus
6 buah  cabe merah buang bijinya.
10 buah cabe rawit (aku pake 15 buah)
8 buah bawang merah
5 buah bawang putih
3 buah kemiri sangrai
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam, gula secukupnya

Caranya:
1. Tumis bumbu halus berbarengan dengan daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, jahe, lengkuas hingga bumbu harum
2. Masukan daging, aduk hingga berubah warna
3. Tambah tomat, kecap manis dan air aduk rata
4. Masukan garam, gula pasir secukupnya, aduk. Tes rasa. masak kembali hingga bumbu meresap dan daging empuk.
5. Angkat. sajikan



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar