RSS

Apam "es krim" Kukus


Assalammualaikum....
Alhamdulilah hari ini bisa buatkan  cemilan untuk anak anak. Apam es krim kukus atau sering juga di sebut apem conetto. Sudah lama buming sih.... aku mengenal kue ini lebih kurang 2 tahun yang lalu. Waktu itu aku pun mencoba membuatnya tapi karena saat itu aku gak punya cetakan horn, itu lho....cetakan yang berbentuk kerucit, maka waktu itu aku membuat kue hanya menggunakan kertas roti yang langsung aku masukan ke kukusan. alhasil.....begitu aku tuang adonan, kertas rotinya pun lenyot ambruk dan adonan berserakan di kukusan.


Sejak kejadian 2 tahun itu aku tak pernah lagi buat apem es krim kukus. 
Kemaren malam, aku blog walking ke blognya mbak rahmah (kedaikuistanaku) aku lihat ada kue es krim kukus.... baru teringat kalo sebulan yang lalu aku beli cetakan horn cukup banyak di Pekan baru 


Hari ini aku luangkan waktu untuk mencoba lagi membuat apem es krim kukus dengan menggunakan cerakan horn yang di dalamnya ku lapisi dengan kertas nasi agar kokoh ketika dikukus.


Alhamdulilah berhasil....dan anak anakku suka dengan kue ini. katanya bentuknya kaya es krim beneran....
Rasa kue ini juga enak...manisnya pas menurut aku. Lala menyimpan kue ini di kulkas dan dia memakannya dalam keadaan dingin,  katanya lebih segar dan lebih enak, coklat diatasnya kranci...serasa makan es krim beneran katanya ^__^


Untuk resep apam es krim kukus ku yang ini aku menggunakan resep yang aku ambil dari bakul kue rumahan (BKR) sumber resepnya dari ibu Sufia Rini dengan judul Apem conetto. Resep nya aku rubah sedikit sesuai dengan selera anak anakku. Sebenarnya bisa juga menggunakan resep dari bulu kukus apa saja sesuai selera masing masing...yang penting enak dan pas dengan lidah keluarga teman teman...
Buat yukkkk.....

Apam 'es krim' kukus

Bahan:
250 gr tepung terigu
3 butir telur
3 sdm susu bubuk
150 gr gula pasir 
150 ml sprite
1 sdt vanili
Pewarna makanan secukupnya ( aku pake pewarna pink, coklat pasta dan untuk warna hijau aku menggunakan macha 1/2 sdt. agar lebih harum)
Dark cooking chocolate secukupnya
Kacang tanah cincang ( aku memakai kacang mete, sangrai, cincang kasar)
3 lembar kertas bungkus nasi, buat centong kecil kecil 

Caranya:
1. Panaskan kukusan
2. Didalam mangkok mixer sprite, telur, gula dan sp hingga pucat. lebih kurang 10 menit dengan mixer kecepatan tinggi.
3. Masukan susu, terigu, dan vanili. aduk kembali hingga rata.
4. Bagi adonan jadi 3 bagian. Tambah pewarna merah, coklat pasta dan macha
5. Siapkan cetakan horn, taruh centong kertas roti di dalamnya. (untuk lebih jelanya silakann di lihat foto dibawah ini ya...)



6. Masukan adonan yang berwarna pink ke dalam centong lebih kurang 1/3 bagian centong. Kukus lebih kurang 10 menit.
7. Masukan adonan yang di beri macha. Tuang diatas adonan pink. Kukus lagi lebih kurang 10 menit.
8. Masukan adonan yang di beri pasta coklat. kukus hingga permukaan kue keras dan matang.
9. Jika sudah matang matikan api, dinginkan. Jangan dulu dibuka centongnya ya...Siram dark cooking chocolate diatas adonan yang telah matang tadi. Tabur kacang mete. dinginkan di kulkas sebentar. Buka kertas nasinya.
10. Siap dihidangkan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar