RSS

Braided Butter Nut Star Bread


Roti? ya...ini memang roti...Pertama kali aku lihat roti ini di blognya Vivian pang. 3 hari yang lalu. Ternyata vivian  mendapatnya dari Handimania.com Dengan judul aslinya Braided nutella star bread
Pengen banget ketika itu buat, tapi aku urungkan niat karena takut rasa rotinya tidak sesuai dengan lidah ndeso ku, secara handimania adalah blog dari luar sana. Berdasarkan pengalaman ku, roti yang dari luar sana biasanya lebih bertekstur keras dari pada roti khas indonesia yang biasa aku buat.
Kemaren malam aku blog walking, ehhhh  ... ketemu di blognya mbak Hesti roti seperti ini. Dari tertimoni mbak Hesti, katanya rotinya enak. Suami dan anak mbak Hesti juga suka.Wahhhhh....aku semakin menggebu gebu ingin membuat roti ini.

Hari ini aku tekatkan untuk membuat roti. Resep aslinya menggunakan nutella atau selai coklat tapi karena dirumahku  gak punya selai coklat yang ada hanya selai kacang, maka akupun ganti dengan selai kacang, akibatnya bentuk roti hasil buatanku lilitannya gak segelap yang menggunak selai coklat. Soal rasa...aku suka...teksturnya pas, gak keras tapi memang gak selembut roti yang biasa aku buat. Gak tau juga kalo dibiarkan hingga besok karena dalam 3 jam semua roti diatas meja makan sudah ludes.


Braided butter nut star bread 
Judul aslinya : Braided nutella star bread
Sumber: Handimania.com

Bahan:
450 gr terigu protein sedang + 50 gr untuk taburan
225 ml susu cair
2 kuning telur, putih telurnya untuk olesan
1,5 sdt ragi instan
70 gr gula
sedikit garam
30 gr mentega
Selai kacang atau coklat seperlunya.

Caranya:
1. Panaskan susu asal hangat sekitar 30 derajat celsius. Jangan terlalu panas karena raginya akan mati. Biarkan selama 15 menit.
2. Campur semua bahan kering, aduk rata. Tambah mentega, kuning telur dan susu cair. Mixer/ uleni hingga kalis. tutup dan diamkan hingga mengembang 2 kalilipat. ( kalo aku sekitar 1 jam)
3. Kempeskan adonan. Bagi 4 bagian sama banyak. Kalo perlu ditimbang.
4. Giling tipis hingga membentuk lingkaran berdiameter 27 cm. Pindahkan adonan kedalam loyang yang dialas kertas roti atau dioles margarin, beri selai kacang. Untuk detailnya lihat disini
5. Setelah jadi diamkan selama 15 menit. Oles putih telur. panggang pada suhu 190 derajat celcius selama 20 menit atau sudah terlihat kecoklatan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar