RSS

Cake Pisang Coklat Ketan Hitam


Senin pagi kemaren, lagi sendirian karena ayah dan anak anak sudah berangkat ber aktifitas. Terlintas dalam pikiran pengen makan cake dari ketan hitam yang ada pisangnya. Ngebayanginnya pasti enakkkk manisnya pisang dicampur dengan kesatnya pulut hitam..woooow aduhai sensasinya....(lebayyy..)
Untuk mewujutkan angan angin yang sudah tak terbendung itu maka gooling  cari resep...ketemu diblog mbak  Nina (Catatan Nina.blogspot.com)
Dari testimoni mbak Nina, katanya cake ini kurang terasa kesat puluh hitamnya, maka aku rubahlah resepnya, tanpa menggunakan tepung terigu, hanya pakai tepung ketan hitam.
 Semua bahan bahan sudah disiapkan, datang kakak Lala. Kemaren Kak Lala memang pulang sekolah jam 9, karena hanya mengikuti satu mata pelajan di ujiannya. Lihat ibuknya siap siap mau buat kue, dia pun merengek..."Biar kakak aja yang buat buk....ibuk baca buku aja sana..." hah....rasanya gak percaya...apa bisa anak gadisku itu buat kue. Blom pernah sejarah hidupnya buat kue, paling bantu bantu ibuknya kocok telur atau nimbang tepung .
Kalo gak dikasi kepercayaan, kapan lagi dia bisa belajar....akhirnya aku serahkan buku catatan dan alat tempurku ke dia. Ku bilang..."benaran ya....ibu mau baca buku, sekarang dapur ini milikmu..."
Tak disangka...dan tak diduga ... selesai juga kakak Lala mengadon kuenya. Mamang sih sekali kali ada teriak juga...:ibuuuk...ini gimana...?  ibuuukkkk....kocokannya sudah atau belom....
Finally hasilnya...sangat memuaskan.....Cakenya lembut...hanya aku sedikit kecewa karena rasa ketan hitam yang kuharapkan masih belum terasa. Menurut analisa ku, karena dikasi pisang, jadi kesat tepung ketan hitamnya hilang....yang dominan manis pisang dan aroma coklat ^-^
Penasaaran rasanya? yukkk buat....


Cake Pisang Coklat Ketan Hitam
Sumber : Catatan Nina blogspot.com
Original Recipe: Sajian Sedap
Modif by Me

Bahan :
200 gr Margarin
125 gr gula pasir ( aku ganti pake gula palm)
150 gr pisang ambon ( aku ganti pake 200 gr pisang ambon)
4 butir telur
75 gr Tepung terigu protein sedang (aku gak pake)
25 gr coklat bubuk
100 gr tepung ketan hitam ( aku pake 175 gr tepung ketan hitam)
1 sdt baking powder ( aku pake 1/2 sdt)

Cara:
1. Panaskan oven 180 derajat celcius. Siapkan loyang tulban 20 - 22 cm. Oles margarin dan tabur dengan sedikit coklat bubuk.
2.Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, tepung ketan hitam dan baking powder. sisihkan.
3. Kocok margarin dan gula halus hingga lembut.
4. Tambah telur satu persatu bergantian dengan campuran tepung, kocok rata.
5. Masukan pisang, kocok rata dengan mixer kecepatan rendah. 
6. Tuang ke loyang. Oven 40 menit atau hingga matang.
7. Angkat. Biarkan hangat. Potong potong sesuai selera.
Agar manis difoto, aku taburkan gula pasir halus diatas cake.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar