RSS

Pempek


Hari ini rencananya tamanku yang diPerawang akan ke Dumai. Katanya akan main ke rumah ku.  Beliau pengen makan pempek putih telur buatan ku. Dan aku sudah terlanjur mengiyakan. Tapi tadi pagi begitu aku cek persedian putih telur di kulkas ternyata hanya sedikit, gak cukup untuk dibuat pempek. Syukur di frezer ada fillet ikan tenggiri. Jadilah pempek putih telurnya aku ganti dengan pempek ikan.
Berikut aku shere resep pempeknya yang aku ambil dari blog mbak Riche Ordinary kitchen

Pempek

Bahan A
50 gr terigu
200 gr air
2 sdm garam
2 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan.
2 sdm minyak goreng (aku gak pake)

Bahan B
1 kg daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan.
200 ml air
2 butir telur kocok lepas

Bahan C
1 kg tepung sagu tani. (Aku pake tepung tapioka)

Air yang banyak untuk merebus pempek
Minyak untuk menggoreng pempek

Caranya:
1.Bahan A: Campur terigu, air, garam, gula pasir dan bawang putih halus. Aduk rata. Masak diatas api kecil hingga mengental. Dinginkan. Simpan dikulkas selama 30 menit. Sisihkan.
2. Campur ikan tenggiri, air dan telur aduk rata dengan tangan.
3. Keluarkan bahan A. Campur dengan bahan B aduk rata.
4. Masukan bahan C sedikit demi sedikit. Hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket ditangan (aku pake hanya 750 gr)
Aduk dengan ujung jari, asal rata saja. Jika diaduk terlalu kuat pempek akan keras nantinya.
5. Adonan siap dibentuk sesuai selera.
6. Rebus pempek dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Hingga pempek terapung. Angkat. Tiriskan. Dinginkan. Pempek siap digoreng.

Untuk kuah cukonya aku buat sesuai selera aku. 

Cuko pempek
Resep by Lenny

Bahan:
2 liter air
20 buah cake rawit
8 siung bawang putih
1/2ons ebi, sangrai
2 bungkus kecil asam jawa yang telah dilarutkan bersama air
300 gr gula batok/ gula merah
2 sdm garam

Cara:
Haluskan cabe rawit, bawang putih, ebi dan garam. 
Rebus air bersama bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan gula batok yang telah disisir halus. Rebus hingga mendidih. Masukan air asam jawa. Didihkan sebentar.
cuko siap digunakan.

Penyelesaian:
Goreng pempek sajikan bersama cuko. Bisa ditambah irisan timun dan mi kuning jika suka.

Selamat memcoba....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar