RSS

Potato Buns

Hampir seminggu anak anak di tinggal ke Jakarta, Pulang pulang langsung merengek (ngerti gak ya...hick) katanya kangen ama roti buatan ibu. Menurut cerita anak anak, selama ibu pergi mereka sarapan sereal dan mie instan...(menyedihkan...) Pernah beli roti sobek di h***, tapi gak enak bu..."kata kak Lala.
Minggu ini mereka nagih minta dibuatkan roti. Walau kerjaan rumah ala upik abu masih menumpuk, demi anak anak kejar sana, kejar sini akhirnya kelar juga roti ini.
Terinspirasi dari resep di blog mbak Ricke "ordinary kichent" ibu buat potato bun  seperti roti sobek. Karena anak anak doyan coklat dan keju maka di dalammya ibu tambahin coklat dan diatasnya ditaburi keju edam yang kebetulan ada di kulkas.
 Hasilnya....roti ini lembuuuut, mungkin karena tambahan kentang di dalam adonan rotinya kali yah.... gak percaya? cobain deh...he..he...

Bahan
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
6 gr ragi instan
65 gr gula pasir
100 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanila (optional) >> ibu tidak pakai
2 kuning telur
100 gr kentang, kukus haluskan
125 ml air es (atau susu cair dingin)
1/2 sdt garam
35 gr mentega/margarin

Polesan
- Susu cair
Topping 
- Vla vanila siap pakai (jika tidaj ada bisa di skip) >>> ibu pakai keju edam parut
Isi:
- Sesuai selera >>> ibu pakai selai coklat home made

Cara:
1. Campur terigu, ragi instan gula pasir, susu bubuk aduk rata
2. Masukan vanila, kuning telur dan kentang sambil diaduk rata. Tuang air es (susu dingin) sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis tidak lengket. Hentikan penambahan air jika adonan sudah kalis.
3. Masukan garam dan mentega/margarin uleni kembali sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan mulus.
4. Bulatkan adonan. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan hingga mengembang 2 x lipat dari volume awal. Hingga 1 jam. Tergantung kondisi ruangan
5. Kempeskan adonan. Uleni kembali sebentar agar mulus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 adonan sama besar. Bulatkan adonan Diamkan 10 menit, pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera. atau bisa juga tanpa isi. Bulatkan kembali adonan,letakan berjejer di loyang kotak ukuran 22 x 22 x 7. Tutup dengan plastik wrap, diamkan 30 menit hingga mengembang.
6. Panaskan oven 180 - 200 derajat celcius. Oles permukaan roti dengan susu cair dan semprotkan vla diatasnya/ tabus keju diatasnya. (roti masuk, oven harus benar benar panas yaaaa.....)Panggang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan permukaan kecoklatan. Keluarkan dari oven. Panas panas oles permukaan dengan margarin. 




Selamat mencoba....^-^





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar