RSS

Martabak Brownies


Assalamualaikum

Hari ini aku buat martabak gara gara kecewa saat beli martabak kemaren malam. Gimana gak kecewa.... waktu lihat tampilan martabaknya yakin banget bakal enak. Martabaknya berwarna hijau...dengan sarang yang menggoda. Saat mataku tertuju ke etalase si pedagang aku membayangkan martabak dengan aroma pandan atau green tea. Karena aku pecinta warna hijau, suka pandan dan green tea tanpa pikir panjang langsung pesan 2 loyang. 
Walau tidak seperti pedagang martabak yang biasanya aku temui yaitu mereka membuat mertabak sesaat setelah kita pesan. Tapi yang aku beli ini martabaknya sudah tersusun di etalase. 
Meski sedikit ragu, kubuang prasangka buruk itu jauh jauh. 
Tapi kecurigaan kembali menghampiri saat aku membayar... satu martabak cuma dihargai 6 rb perak. Murah banget ya... biasanya aku beli martabak dengan varian yang sama bisa 12 atau 14 ribu.


Sampai dirumah aku cicipi, martabaknya manis, tapi seperti menggunakan pemanis buatan dan tekstur martabak juga kenyal, aroma pandan atau green tea tak ada sama sekali. Trus warna hijau dari apa donk????  Entahlah... entahlah.. ngeri jika membayangkannya....^_^
Maka malam itu, berakhirlah nasib 2 loyang martabak cantik di tong sampah.


Mengobati rasa kecewa kerena tak jadi makan martabak tadi malam, pagi pagi usai bersih bersih rumah aku langsung dapur. Sebenarnya untuk membuat beberapa loyang martabak tidaklah sulit. Cuma kadang kadang penyakit malas selalu menghampiri. Kena rayuan, beli lennn... beli.... gak mahal kok.... (disitulah aku selalu nyerah)

Resep martabak ini aku dapat dari sebulan yang lalu dari blog cantik milik ummu Fatimah
Karena aku tidak punya loyang martabak, maka aku menggunakan teflon untuk memasak martabak brownies ini. Gak usah khawatir.... hasil tetap bisa bersarang dan gak gosong, asal teflon benar panas saat adonan martabak dituang. Setelah itu gunakan api kecil hingga martabak matang.



Martabak brownies

Bahan
350 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
3 butir telur
400 ml santan/ susu cair (aku pake susu uht)
100 gr margarin
70 gr dark cooking coklat potong2.
1,5 sdt ragi instant
Sedikit garam

Margarin untuk olesan
Gula pasir / susu kental manis untuk taburan

Topping :
Keju, meises, dcc, orea, waffer (sesuai selera)

Caranya:
1. Lelehkan margarin. Masukan dark cooking coklat. Matikan api. Aduk dcc hingga meleleh.
2. Campur tepung terigu, gula, garam, telur, ragi instant dan susu uht ke dalam wadah. Kocok dengan wish hingga rata. Masukan dcc. Aduk kembali hingga tercampur rata. Diamkan hingga 30 menit.
3. Panaskan teflon. Jika sudah panas, tuang adonan ke dalam teflon. Teflon tidak perlu diples margarin/minyak.
4. Jika sudah muncul lobang lobang dan pinggirnya mulai kering tabur gula pasir. Kemuadian tutup teflon.
5. Setelah matang, ciri cirinya permukaan atas kering (tidak basah atau lengket) angkat martabak dan letakan di talenan atau poring datar.
6. Bagi 2 martabak (jika ingin martabak di tumpuk) oles margarin cepat cepat.
7. Oles susu kental manis dan taburi keju parut / sesuai selera. Tumpuk.
8. Potong potong dan sajikan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.

Wassalam



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar