RSS

Pempek Dos


Assalamualaikum
Hari ini aku posting hasil masak anak gadis semata wayangku. Yap.. tanpa terasa gadis cilikku sekarang sudah mahir menggunakan alat alat di dapur. Perasaan baru kemaren masih main alek alean di teras rumah.. eh sekarang sudah kelas 2 SMA, sudah bisa masak beneran ^_^

Ceritanya... sudah 3 hari ini kak Lala libur karena kelasnya dipake anak kelas kelas 12 UAS. Hari pertama dan kedua dia enteng... belajar dikamar,  sesekali baca buku di ruang tamu. Jika adiknya pulang sekolah, mereka main PS berdua.
Tapi kamaren.... bosan katanya. 
"Buk...aku pengen masak pempek.."
Gak ada stok ikan kak...ibu sudah beberapa hari ini gak kepasar. 
Memang aku beberapa hari ini males kepasar. Galau lihat harga barang yang kompakan naik semua. Mending manfaatkan yang ada dirumah dulu. Tahan tahan selera beli ini dan itu. Lagian mikir...masih pertengahan bulan..

Lho..lho... kok jadi curhat ya *tutup muka*
Karena kak Lala ngebet ingin buat pempek, aku saranin buat pempek dos tanpa ikan. Sigadis pun setuju... makan kuserahkanlah buku primbon yang selama ini jadi andalanku ke kak Lala. Aku tinggal nonton drakor dikamar. Sesekali Kak Lala menghampiri, tanya ini dan itu. Lebih kurang 2 jam dia kembali menghampiri dengan sepiring pempek mentah yang katanya didalam diisinya telur.
Kaget akuuu... tak disangka berhasil juga dia menaklukan pempek, mana bentuknya rapi lagi... tapi ada satu yang gak enakkk... aku diminta merebus pempek dan buatin cukonya.... "capek" katanya
Walau sedikit kecewa, karena drakorku belum tuntas, tapi aku tetap tersenyum.

Untuk pemula lumayanlah.....
Dengan demikian tugasku melanjutkan pekerjaan kak Lala hingga pempek siap di konsumsi se isi rumah, plussss....beres beres dapur yang hampir menyerupai kapal pecah. Tepung bertebaran dimana mana. Panci dan mangkok banyak banget yang kotor. 
Aku kapok???? Gak. Kalo aku marah dan ngomel, kapan lagi gadis kecilku bisa masak.


Pempek Dos
Resep by : Ny Liem

Bahan:
250 ml air
2 sdt garam
1 1/2 sdt Royco rasa ayam
125 gr tepung terigu
2 btr telur
200 gr tepung sagu tani/kanji/tapioka

Caranya:
1. Air, garam,kaldud dimasak hingga mendidih. Kecilkan api, masukan terigu. Aduk cepat sampai tercampur. Angkat.
2. Masukan adonan hangat ke dalam wadah. Masukan telur. Aduk sampai rata. Masukan sagu tani. Aduk sampai kalis.
Tabur sagu dipiring dan wadah untuk pempek. Tabur juga ditelapak tangan. Mulailah membuat adonan.
3. Rebus sampai mengapung. Beri air rebusan minyak goreng agar adonan tidak lengket.

Untuk cuko pempek sudah pernah aku share sebelumnya disini

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat
Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

wah hebat, kak Lala sudah bisa buat pempek juga...
nyam2.. kelihatan enak neh pempek buatan kak Lala..

dapuribulalawira mengatakan...

Mbak Monic... kata orang, buah jatuh gak jauh dari pohonnya he..he...

dapuribulalawira mengatakan...

Mbak Monic... kata orang, buah jatuh gak jauh dari pohonnya he..he...

Posting Komentar