RSS

Mie Ayam Menggunakan Mie Labu


Bismilahirohmanirohim
Assalamualaikum...

Siapa yang suka mie? Pasti banyak yang suka ya... terutama kalo mie instant, iya kan??? Aku rasa lebih dari separuh penduduk dunia pernah makan mie. 
Tapi coba tanya, siapa yang pernah buat mie? Yakin dehhhh...pasti hanya sedikit yang pernah melakukan kegiatan ini. 
Sebenarnya membuat mie tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi kalo dirumah punya mixer atau rebread. Gak butuh waktu lama, mie sehat home made pun tersaji di depan mata. Selain sehat mie buatan sendiri ini lebih cantik dan bisa kita buat beraneka warna dengan bahan yang sehat tentunya. Seperti yang aku buat kali ini. Aku menambahkan labu kuning untuk warna kuning pada mie. Jika ingin warna hijau bisa membahkan jus sawi, warna ungu dengan membahkan ubi ungu atau warna merah dengan tambahan jus bit. 
Jika sudah nyotok mie di kulkas, tinggal mikirin mau masak apa hari ini? Aku mah....kalo ada stok mie dikulkas bermacam macam makan tiba tiba nempel di pikiran he..he...



Kali ini aku membuat mie ayam dengan menggunakan mie labu kuning yang telah aku buat sehari sebelumnya. Resep mie ayam aku dapat dari blog ummu Fatimah. Tertarik untuk memcoba karena resepnya simple. Hanya saja aku tidak menggunakan jamur kancing karena memang susah mendapatkan jamur di kotaku. Meski begitu rasanya tetap enak kok....thank  ya ummu untuk share resepnya.

Mie labu kuning

Bahan:
350 gr tepung terigu (pake protein tinggu lebih bagus)
200 gr labu kuning, kukus haluskan
50 gr tepung tapioka
1 sdt garam
1 butir telur
100 ml air es. 
Tepung tapioka untuk taburan.

Caranya:
1. Masukan semua bahan mie kecuali air ke dalam mangkok mixer. Mixer hingga adonan berbutir butir. 
2. Tambahkan air es sedikit demi sedikit. Aduk hingga kalis.
3. Matikan mixer dan giling adonan menggunakan ampia. Mulai dari ukuran terbesar hingga terkecil. 
4. Setelah adonan tipis. Potong dengan pemotong mie. Jangan lupa taburi tepung tapioka agar adonan tidak lengket.
5. Mie siap digunakan

Tips
Jangan simpan mie di dalam wadah tertutup agar mie tidak lengket.

Mie ayam

Bahan:
1/2 kg dada ayam tanpa tulang. Rebus dengan 2 liter air. Sisihkan kaldu untuk kuah.
250 gr mie keriting rebus (aku pakai mie buatan sendiri)
250 gr jamur kancing iris tipis (aku gak pake)
Satu ikat sawi rebus, potong potong tiriskan ( aku gak dipotong sawinya)
Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu halus
5 siung bawang putih
8 bh bawang merah
5 butir kemiri (aku pake 3)
1 ruas kunyit
3 cm jahe
3-4 cm lengkuas
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk (aku pake 1/2 sdt ketumbar utuh)

Bumbu tumisan ayam
1/2 bagian tumisan bumbu halus
3 sendok sayur air kaldu ayam
3-4 sdm kecap manis
Garam dan gula secukupnya

Bahan kuah
1/2 bagian tumisan bumbu halus.
1250 ml kaldu ayam (air rebusan ayam)
Garam secukupnya
Sejumput gula

Caranya:
1. Tumis bumbu halus hingga harum. Bagi memjadi 2 bagian. Separuh dipakai untuk tumisan ayam separuh lagi kuah bumbu.
2. Tumisan ayam: potong kecil kecil ayam yang sudah direbus tadi. Panaskan minyak diwajan. Masukan separuh tumisan bumbu halus. Tuang kaldu ayam. Masukan potongan ayam. Tuang kecap manis. Bila perlu tmbah merica bubuk, garam dan gula pasir. Koreksi rasa. Untuk tumisan ini sedikit asin. Dominan manis
Jika bumbu sudah meresap pada ayam, matikan api.
3. Kuah mie: didihkan kaldu ayam. Masukan separuh tumisan bumbu halus. Tambah gula dan garam secukupnya. 
Untuk kuah dominan rasa asin. Angkat.
(Aku tambahkan daun bawang di kuah)
4. Penyajian: tuang mie pada mangkok, tambah kuah mie, aduk rata. Tambah sawi rebus, tumisan ayam diatasnya. Sajikan dengan saos sambal atau cabe rawit.

Selamat memcoba semoga bermanfaat.

Wassalam








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar