RSS

Bubur Pulut Hitam


Assalamualaikum....

Lupa sudah berapa lama tidak membuat makanan yang satu ini. Saat aku kecil dulu mamaku suka membuat bubur ini untuk sarapan kami sebelum berangkat kesekolah. Aku masih ingat kala itu pagi pagi mama memarut kelapa untuk dijadikan kuah santan, hanya memakai parutan tradisional. Parutanya seperti leher bebek yang dibelakang ada bangku buat diduduki saat kita memarut kelapa. Kebayang betapa susahnya memarut kelapa kala itu. Ditambah lagi keterbatasan peralatan yang dimiliki mama. Kalo ingin membuat pecal, mama menggunakan lesung untuk menghancurkan kacang dan bumbunya. Kata mama...lebih enak begitu, lebih harum jadinya. Salut banget sama mama... keterbatasan alat tak membuat semangatnya surut untuk memberi yang terbaik bagi kami anak anaknya.


Adek Wira sudah dua hari belakangan ini request bubur pulut hitam untuk sarapan pagi. Tapi baru ketemu pulut hitam yang bagus kemaren sore di super market dekat les anak anak. Di warung dekat rumah ada sih jual pulut hitam tapi pulutnya sudah lama sepertinya. Sudah mulai berserbuk dan berkutu. Pecinta pulut hitam harus hati hati dalam membeli pulut karena kutu kecil yang ada di dalam pulut kadang bisa luput dari pandangan jika kita tidak benar benar memperhatikannya. 

Pulut sudah didapat, saat kita memasak.... yuk kedapur...

Bubur pulut hitam
Resep by :Lenny

Bahan rebusan pulut

500 gr pulut hitam. Cuci bersih. 
2 liter air untuk merebus. Bisa ditambah jika dirasa kurang.
300 gr gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan kuah santan
1 butir kelapa dijadikan 1 liter santan.
1 sdt garam
1 lembar daun pandan

Caranya:
1. Masukan pulut hitam, daun pandan dan air ke dalam panci. Gunakan panci yang agak besar karena jika matang pulut akan mengembang 2 kali lipat dari semula. Rebus pulut bersama air hingga mendidih. Sesekali diaduk agar tidak lengket dan gosong di dasar panci. Gunakan api sedang. Masak terus hingga pulut hitam empuk. Bisa ditambahkan air jika air hampir habis sementara pulut belum empuk.
2. Jika pulut sudah empuk dan air tinggal sedikit masukan gula pasir. Aduk perlahan. Aduk hingga gula larut. Angkat
3. Kuah santan: rebus santan bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, sambil diaduk agar santan tidak pecah. Koreksi rasa. (Aku suka kuah santan yang agak sedikit asin agar klop dengan pulut yang manis.)

Cara penyajian:

Tuang rebusan pulut di piring, lalu tambahkan kuah santan.

Siap dinikmati.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar