RSS

Roti Unyil Ubi Jalar


Assalamualaikum....
Sahabat, gak bosan bosannya aku posting roti di blog ini. Habissss gimana lagi .... anak anak dan suamiku hobi banget makan roti. (Eh...aku juga lho..^_^) 
Kalo ditanya ke anak anak mau sarapan apa? Pasti jawabannya roti. Walau sebenarnya aku yakin mereka pasti jawab 'pengen mie instant' tapi karena aku membuat peraturan dirumah hanya boleh makan mie instan sekali seminggu, maka mereka memilih roti...(takut...maknya galak ha..ha..)
Kali ini aku buat roti yang lain dari biasanya. Karena di kulkas masih ada pure ubi jalar maka di dalam adonan rotinya aku campur ubi jalar. Hasilnya .... roti ini lembut dengan warna kuning keoren orenan. Cantik banget....


Untuk isian roti, bisa pakai apa saja tergantung stok dirumah ya sahabat...kebetulan dirumahku lagi banyak stoknya. Roti yang bentuknya panjang yang di tabur keju aku isi dengan sosis, yang panjang ada irisan adalah roti yang aku isi selai kacang dan parutan keju. Sementara yang bulat aku isi dengan selai coklat.


Nah...ini resep lengkapnya.

Roti unyil ubi jalar

Bahan:

400 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
11 gr (satu bungkus) ragi instan
130 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
5 kuning telur
200 gr ubi jalar yang telah dikukus dan dihaluskan
200 ml susu uht dingin
1 sdt garam
70 gr margarin

Bahana polesan 
1 sdm susu uht
1 kuning telur
Kedua bahan diaduk rata.

Cara: 
1. Masukan di dalam mixer heavy duty terigu, ragi instant, gula pasir dan susu bubuk. Aduk sebentar.
2. Masukan kuning telur dan susu uht dingin sedikit demi sedikit. Aduk hingga setengah kalis.
3. Tambahkan margarin dan garam. Aduk terus hingga kalis. Tanda adonan kalis adalah, ambil sedikit adonan, lebarkan. Jika telah bisa membentuk lembaran yang transparan dan tidak robek tandanya adonan telah kalis.
4. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Tutup dengan serbet. Biarkan hingga adonan membesar 2 kali lipat.
5. Kempeskan adonan. Ambil adonan seberat 15 gr bulatkan. Lakukan hingga adonan habis. Istirahatkan 15 menit. Pipihkan dan isi dengn selai kacang atau atau sosis. Tergantung selera. Gulung kembali.
6. Setelah dibentuk istirahatkan adonan selama 30 menit.
7. Oles dengan bahan olesan dan siap dioven selama 15 menit dengan suhu 180 dercel hingga roti kuning kecoklatan. (Hati hati jangan gosong ya...)
8. Keluarkan dari oven dan oles dengan margarin.

Selamat mencoba sahabat....semoga berhasil. Sukses selalu.
wassalam....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar