RSS

Iga Bakar


Assalammualaikum...apa kabar teman teman semua? 
Hari ini aku membuat iga bakar untuk menu makan siang keluarga kecilku. Sudah lama tidak memasak makanan yang satu ini karena sulit memdapatkan tulang iga yang masih banyak menempel dagingnya. Biasanya dikotaku kalo jual tulang, yaa memang hanya tulang...gak ada dagingnya sama sekali. Jadi kalo seandainya mau membuat sop maka kita harus beli tulang dan daging secara terpisah. Padahal kan lebih enak mengigit daging antara tulang tulang sapi (yang sudah dimasak tentunya he..he..)
Entah kenapa kemaren pagi saat aku kepasar lihat diabang jualan daging ada jual tulang iga sapi dengan banyak daging yang masih menempel ditulangnya. Kesempatan ini gak aku sia siakan. Langsung beli iganya 1 kg. Tapi karena kemaren sudah janji sama anak anak akan membuat goreng kerang maka terpaksa iga bakarnya ditunda dan aku buat hari ini.
Alhamduliah... seisi rumah senang dengan menu makanan siang tadi. Bahkan hubby yang baru pulang sholat jumat lihat menu di meja makan langsung senyum senyum...bahkan makannya nambah 2 kali.

Iga Bakar

Bahan:
1 kg iga sapi
2 liter air
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 batang serai ambil yang putihnya saja keprok
4 sdm kecap manis
Garam, gula pasir secukupnya

Bumbu halus
5 siung bawang putih
6 siung bawang merah
5 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm lengkuas

Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Caranya
1. Presto iga sapi bersama air selama lebih kurang 30 menit. Matikan api. Tunggu hingga dingin. Jangan membuka panci presto yang masih panas karena bisa berbahaya ya teman teman...
2. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai hingga harum.
3. Masukan iga yang telah dipresto. Tumis sebentar. Tambahkan air rebusan iga lebih kurang 300 ml. Masak terus hingga airnya berkurang.
4. Tambahkan kecap manis, garam dan gula. Tes rasa. 
5 bakar iga hingga kecoklatan sambil dioles sisa bumbu.
6. Tata iga di atas piring saji dengan taburan bawang goreng.

Selamat memcoba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar