RSS

Kue Talam Ubi Ungu


Gara gara nonton tv one, acara selera asal, ayah jadi minta dibuatkan kue tradisional juga. Ceritanya diBandung ada toko yang menjual kue tradisional yang rameeee banget pengunjungnya...Kue tradisionalnya di pajang rapi dan sangat menggugah selera. Ayah yang nontonnya pun ikut ikutan pengen makan kue ha..ha....
Dikulkas ada ubi ungu yang aku beli tiga hari yang lalu. Aku kalo lihat ubi ungu dipasar selalu beli, gak tau nantinya akan di apakan, itu urusan nanti bagi ku. Aku cinta banget sama si ubi ungu. warnanya itu lho..menggoda. Tapi sayang, tidak setiap hari ubi ungu ini bisa dijumpai di pasar tradisional dikotaku.
Setelah pikir pikir sambil menyesuaikan bahan yang ada di dapur akhirnya jatuh pilihan pada kue talam ubi ungu. Resepnya sudah lama aku catat tapi baru kali punya kesempatan untuk membuatnya. Salah aku juga sih...setelah dicatat, buku catatannya diumpetin entah kemana. Tadi aja...bongkar bongkar lemari buku, cari buku catatan setahun yang lalu, alhamdulilah ketemu.


Resep talam ubi ungu ini aku dapat dari blognya Radissacake&catering.blogspot.com
yang aku catat lebih kurang setahun yang lalu.

Talam Ubi Ungu

Bahan I :
500 gr ubi ungu, kukus haluskan
150 cc air mendidih
150 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
350 cc santan encer
1/2 sdt garam
250 gr gula pasir

Bahan II
350 cc santan kental
60 gr tepung beras
30 gr tepung kanji (aku pake tepung sagu)
1 sdm garam

Caranya:
1. Bahan I : Campur tepung beras, air mendidih hingga larut (tepatnya sih berbutir butir) masukan ubi ungu.
2. Masukan tepung sagu. Campur rata.
3. Masukan santan encer, gula pasir dan garam. Saring adonan. (aku gak saring, hanya di mixer agar tidar berbutir.)
4. Tuang adonan kecetakan plastik yang sudah diolesi minyak hingga 2/3 tinggi cetakan. Kukus 15 menit.
5. Bahan II : campur semua bahan, tuang ke adonan I hingga penuh. Kukus 15 menit hingga matang.

Alhamdulilah.... ayah suka dengan kue ini...malah aku dapat pujian....senangnya...^____^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar