RSS

Ayam Lodho


Anak anakku paling suka dibuatkan menu dari ayam. Maunya mereka setiap hari aku masak ayam. Tapi aku yang tukang masak kadang kadang bosan masak ayam melulu. Biasanya ayamnya aku goreng, di gulai cabe hijau, ayam suir cabe hijau atau kadang aku semur. Kadangn kalo sudah galau besok mau masak apa, aku googling  cari menu olahan dari ayam yang kira kira sesuai dengan selera anakku. Nah kemaren....aku ketemu resep ayam lodho ini di blognya mbak Nina ( Catatam Nina) Kata yang punya resep ini masakan dari Jawa timur.


Yo wess...akhirnya tak eksekusi juga. Alhamdulilah...enak...Kakak Lala dan ayah suka dengan ayamnya tapi Wira kayanya gak begitu suka, Dia cicipi ayamnya sedikit selanjutnya gak ngambil ngambil lagi. Kalo aku suukaaaa banget terutama kuahnya. bumbunya mantap. 


Berikut resep yang sudah aku modifikasi cara pembuatannya.
Ayam Lodho

Bahan:
1 ekor ayam kampung  berat 1 kg( aku pake ayam buras)
1 butir kelapa jadikan 300 ml santan kental dan 500 ml santan encer
10 cabe rawit
1 ruas lengkuas memarkan
2 batang serai, memarkan (aku gak pake karena gak punya)
3 helai daun salam
1 sdt garam
1 sdt gula pasir (aku gak pake)
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
12 butir bawang merah
12 siung bawang putih
5 cm kunyit bakar
5 cm jahe
2 cm kencur
2 bh cabe merah keriting ( aku pake 5 buah)
5 buah cabe rawit
5 helai daun jeruk, buang tulangnya
1 sdt garam

Bumbu uleg kasar
1 sdm merica butiran
1 sdm ketumbar
1 sdt jintan

Cara membuat:
1. Belah ayam bagian dada hingga kebawah. Bentang ayam, lumuri garam. Bakar diatas bara api hingga setengah matang.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukan bumbu uleg kasar, serai, lengkuas dan daun salam. Aduk rata. Masukan ayam
3. Masukan santan encer, masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih
4. Tambah santan kental Bumbui dengan garam. Rasakan hingga rasanya pas. Teruskan memasak hingga kuah mengental dan bumbu meresap.
5. Sesaat sebelum diangkat masukan cabe rawit.
6. Angkat. Siap disajikan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar