RSS

Floss Roll Bun

Rasanya sudah lama gak buatkan roti untuk anak anak. tapi bosan buatkan roti yang itu itu aja.
Teringat resep roti  ini yang sudah lama ibu bookmark belum juga terealisasi untuk membuatnya. kalo lihat resepnya, jadi malas untuk membuat roti ini karena banyak step by stepnya. Gak seperti roti yang biasa ibu buat, buat adonan..bulatin..jadi..
Mumpung hari ini lagi nyantai, gak salahnya buat yang sedikit ribet..kapan lagi mencoba.ya gakkk.....
ternyata menggulung roti tak segampang menggulung bolu. Entah karena mengovennya terlalu lama sehingga roti agak kering jadi ketika di gulung segikit retak.
Untuk rasa...roti ini tidak mengecewakan menurut ibu...enakk banget...walau ribet tapi sesuai dengan rasa dan penampilannya. Puas...




Floss roll Bun
Sumber: Ricke :ordinary kichent

Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
30 gr gula pasir halus
1 sdm susu bubuk full cream
6 gr ragi instan
1/4 sdt bread improver ( ibu gak pake)
2 butir kuning telur
100 ml air es
50 gr margarin
1/4 sdt garam

Toping
1 butir kuning telur
2 batang daun bawang iris halus

Filling
Mayonaise
Wijen, sangrai secukupnya

Caranya:
1. Campur terigu, gula, susu, ragi instan aduk rata. Masukan telur, Aduk rata. Masukan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup.Uleni sampai setengah kalis.
2. Masukan margarin, garam uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek. Tempatkan dalam wadah tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Istirahatkan 40 menit atau sampai adona mengembang 2 kali lipat.
3. Kempeskan adonan. Gilas tipis menjadi bentuk kotak ukuran 30 x 30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 ( seperti loyang bolu gulung) yang sudah dioles margarin. Tusuk tusuk  di beberapa tempat menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Oles permukaan dengan kuning telur. Tabur wijen dan daun bawang. Panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selam 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas, agar warna permukaan kecoklatan
5. Keluarkan daro oven. Siapkan kertas roti ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan. Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. Oles masing masing ujungnya dengan mayonaise beri abon.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar