RSS

Churros

Nasib kalo tinggal di kota kecil beginiiiii....... gak pernah bisa merasakan masakan yang ngetren. Kalopun tau lagi ngetren hanya bisa buat sendiri, tanpa bisa membandingkan benar atau tidak rasanya seperti  yang ibu buat. Paling perbandingannya liha difoto doang....
Contohnya churros ini, snack yang berasal dari spanyol ini katanya lagi ngetren di kafe kafe di kota kota besar. hal tersebut dibenarkan oleh teman ibu yang sering bolak balik ke singapura. ada juga teman ibu yang mengatakan kalo di Pekan baru snack ini dijual sebagai dissert di restoran Jepang.
Dari pada hanya bengong dengar cerita orang, mending buat sendiri. Ketemu resepnya di blog teh Ricke "ordinary kichen" 
Ternyata bahan sederhana banget. bahan yang selalu ada di dapur. 

Churros
Modifikasi sedikit dari ibu

Bahan:
250 ml air ( ibu 500 ml air)
50 gr butter/ Margarin (ibu  100 gr)
1 sdm gula pasir (ibu 2 sdm )
1/4 sdt garam (ibu 1/2 sdt)
150 gr terigu protein sedang (ibu 300 gr)
1/4 sdt vanila ( ibu pake 1/2 sdt)
1 butir telur ukuran sedang atau 2 butir ukuran kecil (ibu pake 3 butir ukuran kecil) Kocok lepas
Minyak goreng untuk menggoreng churros

Bahan taburan
4 sdm gula pasir halus
1/2 sdt kayu manis bubuk

*ibu pake dark cooking yang di larutkan bersama cream ketal

Caranya:
1. Masak air, butter/ margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter meleleh. Matikan api, masukan terigu yang sudah di ayak dan vanila. Aduk cepat hingga adonan licin dan kalis ( tidak menempel dipanci) Angkat. Biarkan sampai hangat
2. Masukan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adona ternyata masih agak susah di spluit tambah telurnya. Karena ukuran telur berbeda beda.
3. Masukan adonan ke dalam piping bag / kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukan lagi  dalam piping bag yang telah diberi spluit bintang ukuran besar.
4. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang. Spluitkan adonan ke dalam ninyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan angkat. Tiriskan. Bisa juga dengan menyemprotkan dulu churros ke loyang yang ditabur terigu tipis, lalukan sampai adonan habis. Simpan difrizzer sampai adonan agak keras, baru goreng. Hasilnya akan lebih cantik.
5. Tunggu sampai agak hangat. baru balut dengan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gula akan sedikit meleleh.
Sajikan dengan cholate source ( Churros con chocolate)

Churros sebelum digoreng
Ibu membuat chorros ini 2 kali lipat dari resep karena di rumah saat itu sedang ngumpul ponakan2. rame...heboh....
Tak disangka, semua pada suka, dalam 2 jam ludes...ehh masih tinggal 15 biji yang sengaja ibu simpan untuk  acara maulid nabi kakak Lala di sekolah besok


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar