RSS

Bolu Kukus Tape Gula Merah

Hujan lagiiiiiii....hujan lagiiiii.....beberapa hari terakhir ini selalu turun hujan di Dumai. Mulai dari malam sampai besok sorenya. Kalo sudah  hujan begini cuaca dingin seperti di puncak gunung, bikin perut lapeeeerr muluuuu ha..ha...
Kali ini bukin yang gak ribet tapi enak. Kebetulan dirumah ada cetakan bolu kukus punya mama, kata mama cetakan ini dulunya peninggalan  nenek ibu, yang dikasi ke tante. Karena tante gak hobbi masa, maka dikasilah cetakan ini ke mama. Cetakannya antix, terbuat dari keramik. ada tulisan china nya juga. Seperti peninggaln zaman dinasti Ming githu dehhhh.....sekarang mana ada cetakan bolu kukus seperti ini,paling yang ada terbuat dari plastik atau seng.
Mare kita buat yukkk..... apapun cetakanya yang penting jadi... merekah.. terbebas dari kutukan bolu kukus, iya nggak he...he...


Fermentef Cassava Cup Cake (steamed)
(Bolu kukus tape gula merah)
Resep : Sisca soewitomo)
dikutip dari blog Dapur mae

Bahan :
125 gr gula pasir
125 gr gula merah serut
150 ml air
200 gr tepung terigu
1 butir telur
100 ml minyak goreng
100 gr tape singkong, haluskan
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue

Cara:
1. Campur gula merah, gula pasir, lalu didihkan bersama air hingga gula larut. Saring, dinginkan
2. Siapkan cetakan bolu kukus dan alasi deng paper cup (Kalo pake cetakan keramik seperti punya ibu, gak perlu pake kertas roti) sisihkan. Siapkan panci pengukus untuk mengukus.
3. Masukan gula merah yang telah dingin ke tepung terigu, aduk rata. Masukan secara bertahap telur, minyak, tape, baking powder dan soda kue. Dan selalu aduk setiap memasukan satu jenis bahan. Aduk hingga benar benar rata. Diamkan adona selama 15 menit. Sementara itu panaskan kukusan.
4. Sendokkan adonan ke dalam cetakan lalu kukus selama 20 menit. Sajikan

*Waktu mengukus, kukusan harus benar benar pas.
*Jangan membuka kukusan selama 15 menit agar kue bisa merekah sempurna.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar