RSS

Bandeng Presto

Assalammualikum ....
Bandeng presto...?siapa sih yang gak tauuuu.... aku rasa lebih dari sebagian masyarkat di Indonesia mengenalnya, paling tidak tau. 
Aku pertama kali kenal bandeng presto ketika masih kerja duluuuu...sekitar 17 t ahun yang lalu. Ketika itu aku ada seorang teman kantorku yang berasal dari Kendal. Beliau ini setiap cuti pulang ke Kendal, selalu bawain aku oleh oleh bandeng presto. Katanya itu hasil tambak orang tuanya.  Pertama kali mencicipi aku langsung suka dengan penganan dari ikan yang satu ini, bahkan dalam hati aku ketika itu ...."ayo cuti donkkk....bawain ikan lagi.." he...he...
Ketika itu di kotaku belom ada yang menjual ikan bandeng seperti oleh oleh  temanku itu. Kalo sekarang mah banyak...cuma harganya gak kuat di kantong. 




Sekitar dua bulan yang lalu iseng aku gooling cara membuat bandeng presto. Hasil lihat sana sini aku pun mencobanya di dapurku. Banyak cara untuk membuat bandeng presto ini, ada yang menggunakan ragi tape ada juga yang menggunkan ragi roti bahkan ada yang tanpa ragi. Ada yang penggunak bumbu super banyak ada juga versi minialis bumbu. Aku buat sesuai dengan selesa dan filling ku saja.  Alhamdulilah.....pertama kali coba langsung berhasil....dan rasanya.....enak..top markotap kata pak Bondan he..he... yang lebih membuat senang, aku bisa melihat orang orang yang kusayangi makan dengan lahap tanpa rasa was was bahan pengawet atau perwarna yang tidak ku ketahui jika kita membeli bandeng presto yang banyak di jual di toko toko besar atau di mall.


Bandeng setelah di presto lebih kurang 1 jam

Setelah di keluarkan dari pance presto, dinginkan...Bandeng siap di goreng

 Aku suka menggoreng bandeng presto ini ketika akan dimakan...jadi masih hangat hangat, Sisa yang belum di goreng aku masukan di dalam kulkas.
Makan bandeng di temani nasi hangat, sambal terasi dan lalapan atau sayur asem, wowwwww......bisa nambah sebakul aku....benar dehhhh....tapi selalu aku tahan jangan sampai, bisa bisa jadi segede gentong badan ini he..he..he....

Bandeng Presto

Bahan:

1 kg ikan bandeng ( lebih kurang 4 ekor)
1 sdm perasan air jeruk nipi
1 sdt  garam
3 batang serai memarkan
5 cm lengkuas memarkan
daun pisang untuk alas panci presto
 1 liter air

Bumbu halus
2 cm jahe
6 cm kunyit
8 siung bawang ptih
1 sdm garam

Caranya:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 10 menit.
2. Lumiri lagi ikan dengan bumbu halus. biarkan 30 menit
3. Tata ikan beserta bumbunya ke dalam panci presto yang telah dialas daun. Tuang air.
4. Tutup rapat panci presto...sampai benar benar rapat ya....rebus selama 1 jam
5. Matikan api kompor, tunggu sampai panci presto dingin dan benar benar bisa di buka. Awas jangan membuka panci presti disaat uap nya masih banyak. bisa berbahaya.
6. Angkat ikan dari panci presto. dinginkan. 
7. Goreng ikan
8. Siap dihidangkan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar