RSS

Kue Mangkok Ubi Ungu

Sudah satu minggu ubi ungu terabaikan di pojok dapur. Waktu beli dulu gak punya rencana mau dibuat apa, yang penting beli. Ibu beli karena jarang jarang lihat ubi ungu di pasar. Pengalaman ...pernah dulu beli ubi ungu tapi begitu dibuka kok yang ungu hanya luarnya doang, sedang di dalamnya warna oren. Waktu ibu nemu ubi ini di pasar,  ada beberapa buah ubi yang sudah atau sengaja dipatahin sama yang jualnya. nahhhh di dalamnya tetap berwarna ungu, makanya tertarik beli.
Tadi siang seluruh sodara sibuk bantuin adik ibu Dessy pindahan ke ruko. Nahhh jadi kepikiran mau buatin cemilan untuk yang kerja (yang lihat lihat juga boleh makan kok he..he..)
Saatnya manfaatin si ubi ungu. Sempat ragu awalnya ... mau di buat puding ubi ungu atau di jadiin kue mangkok...? Setelah cek isi kulkas ternyata gak ada stok susu. yahhhh jadi menanglah si puding he,,he,,,.
Tekstur kue ini lembuuut banget, walau secara tampilan kurang, karena biasanya yang namanya kue mangkok itu adalah kue yang mekar tersenyum lebar... tapi kok kue mangkok yang ibu buat ini senyumnya malu malu....gak tau salahnya dimana....*tepokjidad* Apakah terlalu lama fermentasi kali ya...karena di resep fermentasi ke dua cukup 30 menit, tapi tadi ibu jadiin 1 jam karena ngurus ini dan itu sampai lupa kalo sudah ninggalin adonan *hick..* 
Secara keseluruhan semua suka dengan kue mangkok ubi ungu ini, malah tadi mama minta dibungkusin untuk dibawa pulang. Kata mama manisnya pas, dan lembut walau sudah dingin....Alhamdulilah....

Kue Mangkok Ubi Ungu
Sumber : Hesti's Kitchen

Bahan biang
 60 gr tepung terigu protein rendah ( ibu pake protein sedang)
11 gr ( 1 sachet) ragi instan
110 ml air

Bahan 
400 gr ubi ungu kukus, haluskan
300 gr gula pasir
1/2 sdt garam
3 butir telur
380 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan ( ibu pake santan instan 200 ml + 100 ml air) hangatkan

Caranya:
1. Bahan biang: Campur semua bahan, aduk rata. Diamkan 30 menit
2. Campur ubi ungu, gula dan garam. Remas remas hingga gula hancur.
3. Masukan telur satu persatu, Aduk dengan tangan
4. Masukan adonan biang, aduk rata.
5. Ayak tepung ke dalam adonan berselang seling dengan santan sampai habis sambil diaduk aduk.
6. Fermentasikan 30 menit.
7. Kukus dengan cucing tanpa dioles minyak dengan api besar 15 - 20 menit.

Selamat mencoba, moga hasilnya tersenyum mekar ^-






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar