RSS

Onde onde Ketawa Keju


Assalamualaikum

Tau donk sama onde onde? Ada yang basah  ada yang kering krispy seperti yang aku masak kali ini. 

Saat aku sekolah dulu, cemilan satu ini paling sering hadir dirumah kami. Dengan rasa original tanpa keju tentunya. Balutannya juga hanya menggunakan wijen putih. Ukurannya sedikit lebih besar dari yang aku buat. Krispy diluar tapi lembut di dalam. Enak deh pokoknya...Yang jualnya tetangga sebelah rumah kami. Kalo mama aku yang beli selalu dikasi bonus tapi kalo aku yang beli si ibu selalu bilang "bawa ajaaaa...."  baik banget ibunya. Jadi baker... jadi kangen masa masa itu....kemana ya siibu sekarang berada 😥


Dan ini adalah hasil nguplek aku didapur beberapa hari yang lalu. Membuat onde onde ketawa harus sabar saat menggoreng nya. Gunakan api kecilllll banget. Jangan sesekali pakai api besar karena onde onde tidak akan merekah. Selain itu onde onde juga akan gosong diluar sementara didalamnya belum mateng.

Onde onde ketawa keju
Sumber Diah didi modif by me

Bahan:
100 ml Air
175 g gula pasir
1 butir telur ayam
2 sdm minyak sayur
100 g keju cheddar,parut
100 gr wijen putih
100 gr wijen hitam
Minyak untuk menggoreng

Ayak jadi satu:
300 g tepung terigu protein sedang(aku pake pretein rendah)
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara Membuat :
1.Didihkan air dan gula sampai larut,dinginkan
2.Kocok telur dan minyak sampai rata,masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok rata.
3.Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
4.Tambahkan keju, aduk lagi.
5.Bentuk bulatan-bulatan sebesar bakso.
6.Celup ke air,gulingkan ke wijen putih dan wijen hitam yang telah di campur.
7.Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga merekah dan matang. Jangan lupaaa...gunakan api kecil ya...

Selamat mencoba....


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar