RSS

Cake Putih Telur


Assalamualaikum...

Sudah lama gak posting resep, sehingga ada beberapa teman fb bertanya. "Blognya kok gak ada postingan resep yang baru mbak Len...? 
Gimana mau posting resep yang baru, kalo akhir akhir ini yang aku buat sudah pernah diposting semua. Kadang bingung juga, mau buat apa yaaaa? Rasanya semua sudah pernah dibuat. Kalopun ada yang berbeda paling hasil utak atik resep yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Yang menurut aku gak begitu wahhh...wow... 

Bagaimanapun juga aku sangat menghargai perhatian teman teman fb ku. Tak lupa juga ucapan maafku yang tulus yang membuat teman teman menunggu.

Cake putih telur

Resep by Ricke Indriani
Modif by Lenny

Bahan
500 gram putih telur suhu ruang
250 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1/2 sdt garam
250 gram terigu protein sedang
50 gram maizena (aku gak pake)
200 gram butter/margarin, lelehkan (aku pake 100 gr margarin + 100 gr butter)
1 sdt vanilla (aku pake vanila cair)
Pasta perisa masing-masing 1 sdt (saya pakai pandan, strawberry, cokelat), sesuai selera
Gula halus untuk taburan (aku gak pake, manisnya sudah cukup menurut aku)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160-170'C. Olesi loyang tulban ukuran 26 cm dengan margarin, lalu taburi dengan terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu. Sisihkan.
3. Kocok putih telur, garam dan emulsifier dengan mixer kecepatan sedang sampai berbusa, masukkan gula pasir dalam 3 tahapan sambil dikocok terus hingga gula habis. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, kental dan berjejak.
4. Masukkan tepung dan aduk balik dengan spatula hingga rata ( bisa di lakukan dengan mixer kecepatan paling rendah).
5. Masukkan butter/margarin cair dan vanilla. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar rata dan homogen. Tidak ada lagi butter/margarin cair yang belum tercampur dalam adonan.
6. Bagi adonan sesuai jumlah warna yang diinginkan, tambahkan pasta perisa pada masing-masing adonan. Aduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang (bisa per lapisan warna atau dibentuk acak motif marble) dan panggang sampai matang, permukaannya sudah kecoklatan dan membal bila disentuh. Test tusuk sudah bersih. Sekitar 50 menit, tergantung oven masing-masing.
8. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Potong potong.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

iya nih mba Lenny kemana aja..lama ga update..
kayaknya lembut banget ya mba cakenya

dapuribulalawira mengatakan...

Menyibukan diri mbak Mon he..he..
Lembut dan enak, gak kayak cake putih telur yang biasanya. Cobain mbak....

dapuribulalawira mengatakan...

Menyibukan diri mbak Mon he..he..
Lembut dan enak, gak kayak cake putih telur yang biasanya. Cobain mbak....

Posting Komentar