RSS

Manisan kolang kaling


Assalamualaikum

Musim panas di Dumai bertepatan dengan musim durian. Dimana mana orang jual durian. Dipasar, dipinggir jalan bahkan bisa dibelinlangsun di kebunnya di daerah pelintung.
Sudah hampir 3 minggu ini mengolah makanan berbahan dasar durian seperti pancake durian, ketan durian lumer, roti jala srikaya durian sampai kamar mandipun berbau durian.

Dua hari yang lalu anak anak minta dibuatkan es krim durian tapi siemak sudah teler duluan lihat durian. Maka aku cari alternatif lain yang bisa membuat anak anak tetap happy saat membuka kulkas. 

Teringat lebaran yang lalu betapa anak anak semangatnya memakan manisan kolang kaling yang aku buatkan untuk mengisi meja diruang, sampai sampai manisan kolang kalingnya diumpetin. Katanya..."bu, kolang kalingnya untuk kita aja..gak usah dikasi ketamu nanti habis"
Gak sangka mereka suka sama manisan satu ini.
Hari minggu kemaren saat berbelajan dipasar aku nemu yang menjual kolang kaling. Tanpa pikir panjang langsung beli 1.5 kg. Banyak memang.... tapi gak papa, buat stok selama musim panas. Untuk sementara es krim duriannya kita lupakan dulu ya anak anak.....

Manisan kolang kaling
Resep by Lenny

Bahan
1,5 kg kolang kaling
250 gula pasir
800 ml air
Setengan botol sirup kurnia warna merah
Air cucian beras secukupnya.

Caranya:
1. Cuci bersih kolang kaling. Lalu rendam selama 4 jam dengan rebusan air beras.
2.  Setelah 4 jam cuci bersih kolang kaling. Bisa 3 kali bilas lho...lalu tiriskan.
3. Rebus air bersama gula hingga mendidih. Masukan kolang kaling. Teruskan merebus hingga mendidih kembali. Lalu tiriskan kolang kaling. Biarkan hingga dingin.
4. Siram sirup kurnia diatas kolang kaling. Hingga semua kolang kaling terendam. Simpan dikulkas semalaman.
5. Siap dinikmati.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS