RSS

Ayam Lado Mudo ala Lenny



Assalamualaikum...

Pernah dulu pelanggan kue nanya ke aku "mbak Lenny sekolah masak dimana?"
Kaget banget dengan pertanyaanya... gimana tidak? Aku yang ilmu cuma seiprit begini ditanyain lulusan sekolah kuliner. 
Ah...malu banget rasanya. Andai dia tau kalo aku baru mengenal baking dan cooking setelah punya anak. Ketika gadis...jangankan bikin cake... bedain jahe dan lengkuas aja selalu salah.  
Masa sekolah, mama tidak mengizinkan aku dan adik adik ke dapur. Meski kami adik beradik perempuan semua tapi gak ada yang pintar masak dimasa gadisnya. (Sekarang sudah bekeluarga jago masak semua..) Semua urusan dapur mama yang handle. Mamaku paling rajin buat cemilan khususnya kue tradisional, tapi aku dan adik adik jarang ikut berperan di dapur. Setiap ingin membantu mama selalu bilang.." udah...baca buku sana.." aneh memang mamaku ini. Tapi...seingat aku, kami adik beradik gak pernah ingin tau, apa yang dibuat mama dan selalu senang kalo disuruh "minggir" sama mama. Seneng kalo lihat makanan sudah terhidang di meja makan. (Anak aneh juga..)

Hingga aku menikah, aku gak bisa apa apa. Suamiku tau itu. Waktuku dihabiskan di kantor dan makanan kami di suplai dari rumah mama yang memang hanya berjarak beberapa meter dari rumahku waktu itu.
Bahkan gegara gak pernah kedapur. Aku gak tau berapa lama air 2 liter yang dipanaskan bisa mendidih. Ceritanya waktu itu suami demam, aku yang khawatir berencana mengompres dengan air hangat. Mulailah aku mengambil air dan rencana mendidihkan air  diatas kompor. Begitu kompor hidup, aku tinggal. Pikiranku ... "pasti lama nih mendidihnya..." sambil aku letak ember plastik di dekat kompor. Tak disangkaaaaa.... saat aku balik lagi ke dapur, api sudah berkobar di dapur. Air yang rencananya sampai mendidih ternyata sudah kering. Ember plastik yang aku letakan disamping komporpun ikut kebakar. Panikk...lari keluar, minta tolong sama tetangga. Syukur ada tetangga yang mau memadamkan api sebelum menjalar ke dinding dapur. Alhamdulilah hanya ember plastik yang jadi korban saat itu. 
Suamiku yang sedang demam tidak tau peristiwa itu. Saat beliau sudah sehat baru aku ceritain dan beliau ketawa cekikikan.
Sejak itu.... setiap suami pulang kantor aku selalu dapat hadian majalah. Entah Sedap, Nova atau majalah wisata kuliner. (Untuk majalah yang terakhir kayanya gak terbit lagi deh...) 
Tidak semua majalah yang dibeli suami aku baca, biasanya lihat sepintas lalu aku tumpuk di gudang. Hingga aku resign dari kantor karena harus mengurus Lala. Majalah yang dibelikan suami mulai aku buka kembali. Satu persatu resepnya mulai aku coba hingga kini...aku jatuh cinta dengan dunia baking dan cooking. 

Bagi teman teman yang baru saja mengenal dunia baking dan cooking... sering gagal buat kue, sering gosong kalo goreng ikan, gak usah putus asa.... akupun dulu begitu. Coba lagi...coba lagi.... setiap satu kegagalan disitu kita menemukan kunci keberhasilan nantinya. 


Ayam lado mudo ini sering dimasak  kak Rina teman kerjaku dulu. Aku suka dengan menu ini. Tapi karena lagi pemalas, aku hanya menikmati masakannnya, gak pernah nanya resep atau cara memasaknya.
Sejak aku jadi orang rajin...(itu istilah suami lho...) aku sering buat masakan ini. Bumbunya aku kira kira saja. Alhamdulilah suami dan anak anaku suka. Apalagi sibungsu Wira....bisa nambah makannya kalo aku buat ini.

Ayam lado mudo 

Bahan :
900 gr ayam. Kuliti potong 8 bagian
1 batang tempe. Iris tebal 1 cm
1 liter air
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk 
1 lembar daun kunyit
1 barang sere. Ambil bagian putihnya keprok.
2 sdm minyak untuk menumis.
Garam secukupnya

Bumbu halus
100 gr cabe hijau haluskan
8 butir bawang merah
3 butir bawang putih
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
4 butir kemiri

Caranya.
1. Bersihkan ayam. Lumuri jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Cuci bersih. Sisihkan
2. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus. Hingga harum. Masukan daun salam, daun jeruk, serei, dan daun kunyit. Masak bentar.
3. Masukan cabe hijau yang sudah dihaluskan. Masak hingga cabe matang. Masukan ayam. Ungkap hingga ayam berubah warna.
4. Tambahkan air. Masak hingga mendidih. Masukan tempe.
5. Tambahkan garam. Koreksi rasa. 
6. Kecilkan api, masak hingga air berkurang dan bumbu meresap ke ayam.

Selamat mencoba.....

Wassalam





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

He2 senyum2 deh baca cerita mba Lenny....
mba ayam lado mudonya asli buat ngiler...aku bookmark ya mba...makasih sharingnya mba...

dapuribulalawira mengatakan...

He..he..curhatan gak penting itu mbak Monic.
monggo mbak, kalo mau pekat dibanyakin bumbunya mbak..soalnya pake air gak pake santan.

Monica Rampo mengatakan...

mba Lenny, aku sudah coba, enak mba...
makasih ya resepnya...top deh cocok dengan selera...aku sdh posting di blog n ngelink ke sini ya...thanks mba..

dapuribulalawira mengatakan...

Terima kasih telah dicoba mbak...alhamdulilah mbak Monic suka...
Moga si kecil juga suka ya he..he..

dapuribulalawira mengatakan...

Terima kasih telah dicoba mbak...alhamdulilah mbak Monic suka...
Moga si kecil juga suka ya he..he..

Posting Komentar