RSS

Sop dan Pergedel Kentang


Assalammualikum....
Menu makan siang dirumahku hari ini sop iga sapi. Karena beberapa hari ini hujan terus, cuaca jadi dingin.. kebayang enaknya makan yang hangat hangat. 

Ketika lagi motong wortel teringat pesan mbak Monic, beliau minta dituliskan resep perkedel kentang ala padang. Kebetulan banget nih...sop paling cocok disajikan bersama perkedel kentang. Anggap ajah soto padang yang biasa disajikan bersama pergedel kentang he..he..

Oya..sahabat, perkenalkan..mbak Monic ini adalah temanku di dunia maya. Kita sama sama food blogger. Aku salah satu penggemar blog beliau. Kadang di saat bete...malas masak...ingin rasanya main tunjuk mau makan di restoran mana, soale capek mikir mau masak apa? Sudah capek masak ehhhh sibocah gak doyan makan..mau ngemil saja katanya. Kalo sudah seperti itu...urut urut dada deh...

Di blog mbak Monik ini, ada beragam masakan  sebagai referensi aku. Sehingga kalo sudah berkunjung kesana aku on fire lagi. Banyak ide buat masak ku temui disana. Beda banget sama isi blogku yang kebanyakan hanya kue dan cemilan. Jadi menurutku kita berdua saling melengkapi. Kalo salah piss mbak Mon...^—^


Kembali ke perkedel kentang....
Nah...ini dia pergedel kentang ala aku. Foto diatas penampakan pergedel sebelum digoreng. Belum di cemplungin telur. 


Taraaaa....ini hasilnya setelah digoreng. Aku hanya menggunakan putih telur untuk melapisi pergedel sebelun digoreng. Baiknya sih pake telur utuh. Karena stok putih telurku banyak sayang tidak digunakan. Jadi aku manfaatkan saja apa yang ada.

Selanjutnya yuk intip resepnya

Pergedel kentang

Bahan:
800 gr kentang, kupas bersihkan. Potong potong, lalu goreng (bisa juga dikukus. Aku lebih suka digoreng agar kandungan air dikentang berkurang) haluskan selagi panas.
2 batang seledri iris halus
5 butir bawang merah iris tipis, goreng
2 siung bawang putih. Iris tipis, goreng hingga kekuningan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Telur utuh atau putih telur kocok lepas untuk melapis pergedel sebelum digoreng
Minyak untuk menggoreng

Caranya:
1. Campur kentang yang telah dihaluskan dengan seledri, bawang merah goreng, bawang putih goreng, garam dan merica bubuk. Aduk rata. Koreksi rasa.
2. Ambil sedikit adonan kentang. Bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
3. Panaskan minyak. Celupkan kentang yang telah dibulatkan ke dalam telur. Masukan ke dalam minyak panas. Masak hingga berkulit baru dibalik. Jangan sering membalik kentang agar kentang tidak hancur.
5. Masak hingga seluruh permukaan kentang berkulit dan matang. Angkat. Sajikan.

Selamat mencoba..semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

wah senang resep perkedel kentang padang akhirnya ada di sini, makasih ya mba Lenny, kapan2 aku mau buat, enak memang campur sop atau soto ya mba... duh ngiler lihat sop n perkedelnya

Kalau di blog mba Lenny memang banyak kue n cemilan, masakannya semua ngilerin, rasanya mau coba semua, trus banyak cake dan cake ultah, kalau aku buat cake bisa dihitung jari he he he.. apalagi buat cake ultah, nyerah2...

dapuribulalawira mengatakan...

Monggo dicobain resep pergedelnya mbak Mon, semoga suka.

Posting Komentar