RSS

Cimol (Aci di Gemol)


Bismilahirohmanirohim...
Riauku masih berkabut asap...dan anak anak sekolah masih diliburkan. Dengan begitu si emakpun harus rajin lagi buat cemilan untuk para krucilnya. 
Kadang disaat malam menjelang, disaat mata tak mau terpejam, otak mikir... buat cemilan apa ya untuk besok?  Banyak ide yang hadir. Tapi esok paginya bangun tidur lihat halaman rumah penuh dengan debu bahkan rumah tetangga sebagian sudah tidak kelihatan, jadi malessss mau ke pasar atau tbk untuk beli bahan kue. Enakan lanjut tidur atau nyalain tipi. Nonton drakor sambil tarik selimut.

Yang namanya emak kudu harus rajin kata mamaku....kasian anak anak nanti kalo mereka laper. Mau makan apa???...mau ngemil apa...??? Yang dibeli belum tentu sehat...
Itulah yang membuat aku semangat masak setiap hari. Demi kau dan sibuah hati ha..ha...ha...(jangan serius amat bacanya ya...)
Hari ini aku buat cimol. Resepnya aku dapat dari mbak Diah didi (makasih sharing resepnya mbakyu)
Cimol ala abang abang yang biasa nangkring dekat sekolahan. Cimol ini harus dimakan dalam keadaan hangat. Karena dalam keadaan dingin cimolnya jadi alot.


Cimol
Sumber : Diah didi kitchen

Bahan:
100 gr tepung tapioka
25 gr tepung terigu
100 ml air panas ( aku hanya pake 90 ml.)
1/2 butir putih telur ( aku pake 1 btr putih telur. Sayang setengahnya mau diapain he..he..)
1 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
Garam sesuai selera
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir ( aku gak pake)
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang iris halus

Caranya :
1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang dan semua bumbu. Masukan putih telur. Aduk rata sambil dituang air panas sedikit demi sedikit. Hingga adonan bisa dibentuk bulat bulat. Hentikan penambahan air jika adonan sudah bisa dibentuk.
2. Panaskan minyak di wajan. Matikan api jika minyak telah panas. Bentuk adonan cimol bulat sebesar kelereng. Lalu masukan ke dalam minyak. Jika sudah cukup adonan diwajan, nyalakan api kompor kecil saja. Goreng cimol hingga mengembang dan matang.

Saus cimol
Saos tomat, saos sambal, gula dan air dimasak hingga kental.

Cimol ini juga bisa disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Saus cimolpun bisa diganti dengan bumbu barbeque. Seperti kita membuat tela tela. Hanya ubinya diganti cimol

Selamat mencoba sahabat...semoga bermanfaat. Wassalam......




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sate Manis


Bismilahirohmanirohim
Assalamualaikum, apa kabar sahabat semua....
Dua hari yang lalu kita umat islam baru saja melaksanakan lebaran idul adha. Masih ada daging qurban dirumah gak sahabat...?  Kalo ada buat sate yuk...sate yang aku posting kali ini buatnya gampang dan penyajiannya juga gampang. Gak perlu pake kuah kacang atau kecap manis juga sudah enak karena sate ini kaya akan bumbu. Hanya perlu sediain nasi hanget jika ingin dimakan sebagai lauk. Tapi anak anakku lebih suka dimakan begitu saja tanpa tambahan nasi. Kalo aku sih lebih suka makannya pake nasi, jadi .....suka suka sahabat aja deh enakknya mau dimakan seperti apa. Hanya saranku... sate ini lebih enak disantap selagi hangat. 



Sate Manis

Bahan:
1/2 kg daging sapi has dalam iris kotak tipis
2 sdm kecap manis
1 sdm margarin lelehkan
1 sdm minyak sayur
60 bh tusuk sate (bisa lebih/kurang, tergantung besar irisan dagingnya)

Bumbu halus
5 bh cabe merah
6 btr bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt merica bulat
1 sdm ketumbar
1/4 sdt jintan
6 btr kemiri, goreng
2 cm kunyit
1/2 cm lengkuas
1 batang serai ambil bagian pangkalnya. 
1 sdm gula merah. sisir
 1 sdt air asam 
2 sdt garam

Cara:
1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Sisihkan. Biarkan dingin
2. Campur daging yang telah di iris dengan bumbu. Biarkan 30 menit. Lebih baik disimpan di kulkas agar bumbu meresap.
3. Tusuk daging ke tusuk sate. Panggang diatas bara api sambil dioles margarin, kecap manis dan minyak sayur. Oles kan juga sisa bumbu. 
4. Bakar hingga matang.


Selamat mencoba sahabat... semoga suka.
Wassalam.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Klepon Ubi Ungu


Bismilahirohmanirohim....
Klepon .... ini salah satu kue tradisional favorit keluarga ku. Apalagi Wira, kalo makan ini gak terasa sudah habis satu mangkok. Padahal kue tradisional yang lain di gak begitu suka. 
Kali ini aku buat klepon menggunakan ubi ungu karena ada stok ubi ungu didapur. Rencana awalnya aku mau buat selai ubi ungu tapi karena kecapean pulang pasar belanja kepurluan dapur untuk lebaran idul adha dan nemani saudara cari kambing qurban jadi gak semangat mau buat selai. 

Klepon ubi ungu
Resep: Lenny M

Bahan :
150 gr tepung ketan putih
200 gr ubi ungu kukus, haluskan
135 ml air
1 sdt garam

Isi:
Gula merah sisir halus

Pelapis:
1/2 butir kelapa parut. Ambil bagian yang putihnya saja.
1/ 2 sdt garam
2 lembar daun pandan
Kukus semua bahan pelapis. Sisihkan.

Caranya:
1. Campur tepung ketan dan garam aduk rata. Tambahkan ubi ungu. Aduk kembali hingga rata. 
2. Tambah air sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dipulung.
3. Didihkan air dalam panci. Sementara itu ambil sedikit adonan isi gula merah dan bulatkan. Langsung dimasukan ke dalam air mendidih. Jika sudah mengapung segera angkat dan saring. Masukan kedalam kelapa parut. Gulingkan hingga seluruh permukaan klepon tertutup kelapa.
4. Klepon siap dihidangkan

* begitu selesai membulatkan klepon langsung masukan ke dalam air mendidih. Jangan menumpuk klepon yang belum dimasak di wadah. Karena akan lengket. sehingga  jika diambil isi kelepon akan keluar.

Selamat mencoba sahabat... semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolen Keju Pisang Raja


Teman teman di group BKR Pekan baru akhir akhir ini lagi demam pisang bolen. Ini karena teh Nenis owner BKR mengunjungi Pekanbaru beberapa minggu yang lalu. Dalam demo di lottermart teh Nenis mengajarkan cara membuatkan pisang bolen yang enak dan lembut. Aku sih gak ikut diacara itu, tapi foto foto dan hebohnya acara membuat akupun ikut terbawa demam bolen. 
Apa yang aku harap harapkan akhirnya muncul juga...akak cantik Nini fitrisia ketua BKR Pekanbaru mau ngeshere resep plus tips anti gagal dari teh Nenis. 
Lihat resep, ternyata menggunakan pasty fat blueband. Aku yang lagi bergelora langsung down. Gimana tidak, di Dumai kotaku tertjintah ini gak ada jual pastry fat . Susah banget mendapatkan bahan kue yang sedikit aneh disini. Untuk mendapatkan pastry fat aku harus kePekanbaru...alamaaaaakkkk, betapa jauhnya. Mana kabut asap lagi. Putus asa ...sedih...dengan berat hari aku lupakanlah si bolen yang montok dan menggoda ini.
Ternyata rejeki gak kemana ....dua hari aku berduka (lebayyyy) karena gagal mengeksekusi bolen. Eh...tiba tiba dapat hadiah pastry fat  dari bu Deliwati. Katanya oleh oleh.....cihuuuyyyyy senangnya. Tugas berikutnya cari pisang raja yang matang agar bolennya manis seperti tips dari teh Nenis. Dan lagi2 aku kecewa, gak gampang cari pisang raja disini. Adanya pisang barangan atau pisang lilin seperti yang sering aku pakai untuk bolen ala aku. 
Kali ini aku tak mau menyerah...harus dapat pisang raja. Alhamdulilah dapat juga pisang rajanya setelah 2 hari keluar masuk pasar yang ada di Dumai. 


Dan taraaaaaaa......jadilah bolen keju pisang raja yang penuh perjuangan, sedih dan air mata..(lebay...lebay...lebay...)

Bolen Keju Pisang Raja
Resep by: Unilever food solusion
Tip by : Nenis BKR

Bahan:
1000 gr terigu protein sedang
100 gr gula pasir
20 gr garam halus
150 gr blueband master (cake margarin)
350 ml air dingin
2 butir telur (100 gr) aku pake 3 butir karena telurku kecil

Bahan laminating 
250 gr blueband master (pastry fat)
150 gr blueband master (cake margarin)
campur dengan lembut dengan sendok. Siap oles

Isi
60 potong pisang raja bulu ukuran 5 cm meter yg telah dibelah dan diberi isi filling ( 100 gr blueband dan 50 gr gula pasir) dan keju cheddar potong memanjang ukuran 5 cm.

Olesan bolen
3 kuning telur omega 3 (aku pake telur biasa)

Cara:
1. Aduk semua bahan kering. Lalu masukan air sedikit demi sedikit sambil diuleni (aku pake mixer heavy duty) lalu masukan telur. Aduk terus lalu masukan blueband. Aduk hingga setengah kalis. Bulatkan adonan. Istirahatkan 10 menit.
2. Roll adonan memanjang. Beri taburan terigu sedikit. Roll bolak balik hingga permukaan rata.
3. Olesi dengan 1/3 bahan laminating. Hingga rata seluruh permukaan. Lalu lipat singel. Istirahatkan lagi 15 menit.
4. Ulangi cara diatas jingga 2 kali lipatan singel. Oles bahan laminating. Jangan lupa, setiap lipatan diistirahatkan 15 menit.
5. Potong bahan kulit. Masukan pisang, keju ditengahnya. Lipat.
6. Tata diloyang dan oles diatas bolen bahan olesan. Tabur keju.
7. Oven hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.

Selamat mencoba....happy baking sahabat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Prol Tape


Assalamualaikum .....
Anak anak sudah hampir seminggu diliburkan dari sekolah karena kabut asap. Ini bukan berarti maknya bisa leyeh leyeh dirumah, santai tanpa ngojek. Justru sejak libur maknya jadi tambah rempong. Gimana tidakkkk.....anak anak tiap hari minta dibuatkan cemilan. Dalam satu hari bisa buat 2 macam cemilan untuk mereka. Aku bisa maklum mengapa mereka kelaparan seperti itu. Hari hari mereka dihabiskan di kamar yang ber ac. Main game dikamar bahkan makanpun aku perbolehkan dikamar. Karena hanya dikamar yang bebas asap. Diruang tamu, ruang makan dan didapur semua beraroma asap. Gak tega kalo mereka harus menghirup asap yang sangat berbahaya itu.
Dan kali ini aku buatkan mereka cemilan prol tape. Buatnya dalam dua versi. Satu pake keju dan satunya aku tambahkan coklat. 

Prol Tape
Sumber : Hesty - myworkofart.com

Bahan
300 gr tape singkong haluskan.
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
3 butir telur kocok lepas
70 gr terigu protein sedang
100 ml susu cair (aku pake susu uht)
50 gr margarin lelehkan
1 kuning telur untuk olesan (aku gak pake)
1/8 sdt essens almond (aku gak pake)
Keju parut secukupnya untyk taburan

Caranya :
1. Remas remas tape singkong, gula pasir dan garam sampai gula larut. Masukan telur. Aduk rata.
2. Tambah tepung terigu, aduk rata. Masukan susu, margarin leleh dan essend almond aduk rata.
3. Tuang diloyang 18 x 18 x 4 (aku pake loyang 20 x30 cm) oles margarin dan dialas kertas roti.
4. Oven 20 menit dengan suhu 180 dercel oles kuning telur (aku gak pake oles kuning telur langsung tabur keju cheddar dan potongan keju lembaran aja)
5. Panggang lagi selama lebih kurang 30 menit sampai matang.
6. Sajikan dalam bentuk potongan.

Catatanku...
untuk prol tape yang coklat. Ambil 1/3 adonan prol tape tambahkan 50 gr coklat bubuk. Tuang 1/2 adonan tanpa coklat diloyang, lalu tuang adonan yang telah ditambahkan coklat diatasnya. selanjutnya tuang sisa adonan tanpa coklat diatas adonan coklat. Setelah 20 menit dioven, letakan prune diatasnya.

Selamat mencoba....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jualan

Orderan 180 kotak snack box. 


Beberapa loyang potato pizza.
Alhamdulilah.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Oseng cumi


Assalamualaikum....
Bingung masak apa pagi ini? Aku sudah masak lho...masaknya tadi malam karena anak anakku bawa bekal ke sekolah, jadi aku masaknya malam. Paginya tinggal masak sayur. Kalo masak pagi gak tekejar. Usai sholat subuh, adalah jam sibuk aku. Ngurus anak anak ke sekolah, siapkan sarapan untuk anak anak dan ayahnya.  Dan yang paling banyak menyita waktu saat membangunkan anak anak. Anak anak susyaaahh banget bangun paginya. Pokoknya rempong deh kalo pagi pagi ^_^

Oseng cumi
Resep : Lenny Dapuribulalawira

Bahan:
500 gr cumi ukuran sedang, buang kulit dan tintanya. Potong kecil.
1 buah tempe potong kecil memanjang, goreng.
5 buah kacang panjang, potong goreng sebentar (sebentar saja ya..)
2 bh cabe merah besar, buang bijinya. Iris halus.
6 bh cabe merah keriting. Buang bijinya. Iris halus.
2 cm jahe. Iris tipis
2 bh bawang putih. Iris tipis
2 bh bawangbawan merah. Iris tipis
3 sdm saos tiram
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya.

Caranya:
1. Tumis bawang merah, bawang putih dan jahe hingga harum. Masukan irisan cabe.
2. Masukan cumi. Masak sambil diaduk.
3. Masukan saos tiram, kaldu bubuk, merica bubuk dan garam. Masak sebentar. 
4. Masukan tempe goreng dan kacang panjang goreng. Aduk. Tes rasa ya...
5. Angkat dan hidangkan ....

Selamat mencoba.....


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tahu Aci


Assalamualaikum....
Apa kabar sahabat? Kabarku alhamdulillah baik...hanya cuaca didaerahku yang tidak baik. Sudah beberapa hari ini daerahku berasap. Kalo pagi pagi buka pintu, bau asapnya bukin sesak dada.  Anak anak yang kesekolah tak lupa aku pakaian masker. 
Ahhhh....entah kapan bencana asap ini akan berakhir. Setiap tahun... setiap musim kemarau ..... mulailah asap datang. Semoga orang orang yang tidak bertangggung jawab membakar lahan seenaknya cepat di beri kesadaran... dilimpahkan petunjuk dari Allah. Amin.....
Ngomong2 asap....ternyata ada kaitannya sama kegiatan di dapurku. Sejak bencana asap melanda kami sekeluarga jarang banget keluar rumah. Gak pernah lagi yang namanya nongkrong atau jajan diluar. Akupun semakin rajin buat cemilan untuk keluarga. Kadang buat snack asin kadang yang manis. Tahu aci ini salah satu snack yang sering aku buat. Buatnya gampang..dan dimakan hangat lebih nikmat. Siang habis masak aku buat, ntar sore atau malam, kapan anak anak ingin celimilan tinggal aku goreng. Gampang kan....

Tahu Aci
Sumber: Diah didi's kitchen

Bahan:
5 buah tahu padat. Belah dua, ketok isinya (aku pake tahunya kecil2, jadi pakenya 10 buah.)
100  gr tepung tapioka
25 gr tepung terigu
80 ml air panas (aku hanya pake 50 ml)
2 buah bawang putih haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir (aku gak pake)
1 sdt kaldu ayam bubuk (aku hanya pake 1/2 sdt saja)
2 batang daun bawang iris halus
Garam sesuai selera.

Caranya:
Campur semua bahan termasuk sisa tahu hasil kerokan. kecuali daun bawang.
Tuang air panas sedikit demi sedikit hingga adonan rata. (Diaduk pake sendok kayu ya...)
Ambil satu potong tahu olesi dengan adonan aci. Lalu goreng hingga matang dan adonan acinya kering.
sajikan panas panas dengan sambal kecap.
(Anak anakku lebih suka tahu aci ini dicocol bersama kecap doang)

Selamat memcoba sahabat.... 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Pelangi Putih telur


Assalamualaikum sahabat....
Buat cake ini dalam rangka memanfaatkan putih telur sisa buat bulu gulung. Untuk bolu gulungnya aku buat menggunakan 12 kuning telur dan 6 putih telur. Jadi sisa 6 putih telur yang tidak kepake. 
Biasanya setiap ada putih telur sisa buat cake selalu aku simpan untuk nantinya aku jadikan pempek putih telur kesukaan suami. Tapi kali ini aku mau langsung gunakan saja gegara kemaren teman fb ku mbak Mery, posting cake putih telur yang tampilannya aduhai menggoda.....
Untuk resep cake putih telur ini, aku menggunakan resep dari teh Ricke ordinary kitchen (lagi). Resep ini sudah lama aku bookmark tapi belum sempat juga untuk mencobanya.


Seperti kata teh Ricke, cake ini gak pas disebut cake pelangi karena hanya menggunakan beberapa warna. Disini aku hanya menggunakan 3 warna. Kalo sahabat ingin membuat dengan 7 warna layaknya cake pelangi juga bisa kok...tinggal membagi adonan menjadi 7 dan diberi warna atau pasta sesuai selera. Karena putih telurku hanya 250 gr, maka aku hanya membuat setengah resep.

Cake Pelangi Putih Telur

Bahan:
500 gr putih telur (suhu ruangan)
250 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1/2 sdt garam
250 gr terigu protein sedang
50 gr maizena
200 gr butter/margarin. Lelehkan
1 sdt vanila
Perisa coklat, pandan dan lemon (sesuai selera ya...)
Gula pasir untuk taburan (optional)

Caranya:
1. Panaskan oven 160-170 dercel. Olesi loyang tulban atau bulat ukuran 26 cm dengan margarin, taburi terigu tipis tipos saja.
2. Ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok putih telur, garam dan emulsifier dengan mixer kecepatan sedang sampai berbusa. Masukan gula pasir dalam 3 tahapan sambil dikocok terus hingga gula habis. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan kembang, kental dan berjejak.
4. Masukan terigu dalam beberapa tahapan. Aduk dengan kecepatan rendah.
5. Masukan butter/margarindan vanila. Aduk balik dengan spatula hingga benar benar rata.
6. Bagi adonan sesuai dengan warna yang diinginkan. Tambah perisa, aduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, bisa berlapis atau bentuk motif acak marble. Dan panggang hingga matang. Lakukan tes tusuk ya...biasanya matang 50 menit atau tergantung oven masing2.
8. Keluarkan dari loyang dinginkan. Potong2. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sambal Goreng Kentang


Assalamualaikum...apa kabar sahabat? Semoga semuanya sehat, bahagia dan happy ya....
Bingung masak apa hari ini? Samaaaa.....aku kemaren juga begitu. Lihat dikulkas hanya ada ayam. Perasaan baru 2 hari yang lalu buat ayam goreng kecap. Masak sekarang harus ayam ayam lagi...kalo untuk anak anakku sih gak masalah, mereka dibuatin ayam setiap hari seneng banget. Aku yang tukang masaknya yang bosannnn....
Lagi ngelamun...mencari inspirasi mau masak apa, datang mama ngajakin kepasar. Padahal tadinya mualesss banget mau kepasar. Karena mamah yang ngajak...wokehhhhlah.....
Dipasar beli udang, awalnya pengen beli udang yang gede buat digoreng tepung. Tapi gak nemu. Adanya yang kecil...akhirnya beli juga. Sampai rumah buat masakan sambal kentang. Meski namanya sambal kentang, tapi isinya macem macem he..he...selain itu sambal kentang buatanku ini juga melenceng dari aslinya..kenapa? Sambal kentang yang biasa orang kenal, pake tetelan atau sekurang kurangnya hati dan empela. Nah....aku pake udang, telur puyuh, tak lupa kapsul penambah nafsu makan alias pete he..he...

Sambal goreng kentang ala Lenny

Bahan
400 gr ketang.  kupas potong kotak, goreng
500 gr udang. Buang ekor dan kepalanya
50 gr pete
10 butir telur puyuh. Rebus buang kulitnya
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas di keprek
2 sdm air asam jawa
90 ml santan instant
Garam, merica, gula, kaldu bubuk.
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus
10 bh cabe merah
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih  
1 bungkus kecil terasi
1 buah tomat.

Caranya:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. 
2. Masukan santan instant, aduk hingga kuah menyusut. Masukan garam, air asam jawa, gula, kaldu instan.
3. Masukan juga udang. Aduk hingga udang setengah matang.
4. Masukan kentang, pete dan telur puyuh.
5. Masak hingga matang. Oya...jangan lupa kereksi rasa ya....

Dimakan dengan nasi hangat pas banget....gak terasa nambah dan nambah...
Selamat mencoba.....



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tahu Kribo


Cemilan yang satu ini aku buat untuk teman nonton drakor.
Resepnya dapat dari blog teh Ayudiah Respati (mamylicious.com) sumbernya dari grup Langsung enak.


Tahu kribo
Sumber : Akang Maftah Langsung enak

Bahan:
5 kotak tahu kuning (aku pake 500 gr tahu putih)
3 sdm tepung beras
1 sdt tepung tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar, haluskan
25 ml air (aku pake cuma 2 sdm)
Garam, merica bubuk secukupnya.

Cara:
1. Hancurkan tahu, tapi jangan terlalu halus.
2. Campur tahu, tepung, bawang putih dan ketumbar yang telah dihaluskan. Tbah garam dan merica sesuai selera. Aduk rata.
3. Tambah air. Adonan harus padat ya sabahat....
4. Sendoki dengan sendok panas kira 1/2 sendok makan. Goreng dengan minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan.

Selamat memcoba...semoga bermanfaat. Aku lanjut lagi nontonnya....^_^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS